HomeTips & TrickMountaineeringGunung di Jogja untuk Pendaki & Sekitarnya, Ada Nglanggeran!

Gunung di Jogja untuk Pendaki & Sekitarnya, Ada Nglanggeran!

Jogja dikenal sebagai salah satu kota tujuan wisata paling populer di Indonesia. Ada banyak hal seru yang bisa Eigerian lakukan selama berlibur di Jogja, mulai dari menikmati wisata budaya, sejarah, kuliner, hingga alamnya yang luar biasa. Bisa dikatakan Jogja memiliki paket komplit untuk wisata alamnya, ada pantai pasir putih, hutan pinus, wisata bukit, tebing karst, dan lainnya. Namun, ada satu yang menjadi pertanyaan di benak banyak orang, adakah gunung di Jogja untuk pendaki?

Meski Jogja dikenal sebagai wilayah yang mencakup sebagian besar dataran rendah, namun kota bersuhu hangat ini memiliki wilayah dataran tinggi. Sebut saja Kaliurang yang dekat dengan kaki Gunung Merapi, Dlingo yang ada di Kabupaten Bantul, hingga wilayah Nglanggeran yang masuk d Kabupaten Gunung Kidul.

Nah, di wilayah Nglanggeran ini, ada satu gunung populer yang menjadi satu-satunya gunung di Jogja untuk pendaki. Simak yuk pembahasan berikut ini.

Gunung Api Purba Nglanggeran, Satu-Satunya Gunung di Jogja untuk Pendaki

Gunung Api Purba Nglanggeran bisa dikatakan sebagai salah satu atap tertinggi di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasinya berada di Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul atau sekitar 45 menit – 1 jam waktu perjalanan dari pusat kota Yogyakarta.  

Gunung api yang sudah tak lagi aktif ini konon dulunya berada di dasar laut yang terangkat menjadi batuan yang kokoh hingga saat ini. Dapat kamu amati, susunan gunung api purba ini tak sekedar gundukan tanah, namun juga terdiri dari batuan-batuan endapan lava vulkanik yang sudah mengeras. Kondisi inilah yang memberikan tekstur unik pada gunung ini.

Karena sudah tak aktif lagi, Gunung Api Purba Nglanggeran menjadi salah satu tujuan pendakian andalan saat berkunjung di Gunung Kidul. Dengan total ketinggian hanya mencapai 700 mdpl saja, gunung ini cocok untuk pemula yang ingin belajar mendaki, camping satu malam, trail running, atau tektokan. Sangat menarik, bukan? 

Pemandangan dari Gunung Api Purba Nglanggeran. Sumber: kemenparekraf.go.id

Ketika menapaki trek awalnya, EIgerian akan menjumpai anak tangga bebatuan yang tidak begitu curam dengan batu karang tinggi di kanan dan kiri jalur. Di tengah trek, kamu akan menemui beberapa lorong sempit yang hanya bisa dilalui 1 hingga 2 orang saja, bahkan kemungkinan tidak dapat dilewati saat berpapasan dengan pendaki lain. Kamu perlu berhati-hati dan tetap tenang selama melewati lorong sempit tersebut.

Tidak seperti gunung pendakian lainnya, gunung di Jogja untuk pendaki ini didominasi oleh batuan karang berukuran besar. Pola trek yang dilalui sebagian besarnya sama sampai mendekati puncaknya, terdiri dari anak tangga, jalan bebatuan, dan sesekali berganti menjadi hutan dengan vegetasi yang rapat. 

Selama trekking, kamu dapat menikmati pemandangan indah dari ketinggian. Butuh waktu sekitar satu jam pendakian untuk sampai di puncak gunung ini.

Di bagian puncak terdapat lahan yang cukup lapang, jadi kamu bisa memilih mendirikan tenda di titik sesuai dengan pemandangan sunrise di pagi hari yang kamu inginkan.

Ongkos untuk masuk dan naik ke gunung ini hanya Rp15.000 saja yang dibayar di loket masuknya. Jadi cukup terjangkau untuk mendapatkan pengalaman pendakian pertama.

Baca juga: Panorama Gunung Terbaik di Indonesia, Cek Daftarnya di Sini!

Selain Nglanggeran, Gunung Mana yang Bisa Didaki Sekitar Jogja?

Bagi Eigerian yang tertarik untuk mengeksplorasi gunung di wilayah Jogja dan sekitarnya, kami menyusun daftar beberapa gunung terkenal untuk pendakian yang letaknya tidak jauh dari Jogja. 

1. Gunung Andong, Magelang

Secara geografis, Gunung Andong sudah masuk di wilayah Provinsi Jawa Tengah, tepatnya berada di perbatasan antara Magelang dan Salatiga. Meskipun demikian, gunung populer ini masih sangat mudah diakses dari Jogja.

Gunung Andong memiliki ketinggian 1.726 mdpl dengan bentuk perisai yang menjadi keunikannya. DIbandingkan gunung-gunung pendakian di sekitarnya, Andong sangat cocok untuk pemula yang baru pertama kali akan mendaki.

Ada enam jalur pendakian yang bisa kamu pilih untuk menuju puncak Andong, antara lain Pendem, Temu, Sawit, Gugik, Kadusan, dan Sekarum Kembangan. Untuk mencapai puncaknya, dibutuhkan waktu dua jam. Sesampainya di puncak, kamu bisa mendirikan tenda dan menikmati pemandangan golden sunrise di pagi hari.

2. Gunung Merbabu

Sumber: instagram/eigeradventure

Gunung berikutnya yang lokasinya sangat dekat dengan Jogja adalah Merbabu. Letak Gunung Merbabu ada di Jawa Tengah, meliputi 3 kabupaten, yaitu Magelang, Boyolali, dan Semarang. Gunung berketinggian 3.145 mdpl yang selalu ramai didatangi pendaki ini mempunyai 5 jalur pendakian resmi, yakni Selo, Suwanting, Cuntel, Thekelan, dan Wekas. Masing-masing jalur pendakian Merbabu memiliki daya tarik, ciri khas, dan tantangannya tersendiri.

Salah satu jalur pendakian populer yang bisa kamu coba adalah via Jalur Selo. Dibandingkan dengan jalur lainnya, jalur Selo memiliki trek yang lebih landai. Untuk mencapai sabana satu, hanya dibutuhkan waktu sekitar 4-5 jam dari titik awal pendakian.

Jalur Selo sangat cocok untuk pendaki yang ingin bersantai menikmati perjalanan dan pemandangan sepanjang jalur menuju puncak. Dari jalur ini, Eigerian bisa melihat langsung gagahnya Gunung Merapi. Selain itu, tak kalah menariknya, pada ketinggian 2.000 mdpl, pendaki dapat menikmati keindahan hamparan padang sabana sepuasnya yang menjadi keunikan dari Merbabu.

3. Gunung Sumbing

Salah satu gunung “Triple S” di Jawa Tengah ini terletak di Kabupaten Magelang, Wonosobo, dan Temanggung, aksesnya sangat terjangkau dari Jogja. Gunung Sumbing mempunyai ketinggian 3.371 mdpl dengan beberapa jalur pendakian yang populer. Di antaranya jalur pendakian Bowongso, Gajah Mungkur, Banaran, Cepit, Batusari, dan Mangli. 

Setiap jalur pendakian Gunung Sumbing memiliki keunikan dan tantangannya masing-masing. Namun sepanjang perjalanan, pendaki akan dimanjakan dengan panorama gunung yang memukau serta bonusnya puas menikmati pemandangan sunrise dan lautan awan.

Belanja Perlengkapan Mendaki di Eiger Adventure

Sudahkah kamu bersiap menjelajahi gunung di Jogja dan sekitarnya untuk pendaki? Beberapa opsi gunung di atas bisa jadi referensi kamu untuk berpetualang di wilayah Jogja dan Jawa Tengah. Tentunya masih ada beberapa gunung lainnya yang lokasinya ada di dekat Jogja, yang tidak kalah menariknya bagi pendaki, seperti Lawu, Sindoro, Prau, Ungaran, Kembang, dan lainnya. 

Selain menyiapkan kondisi fisik, mental, dan pengetahuan mendaki yang cukup, mulai persiapkan perlengkapan mendaki yang lengkap dari sekarang. Coba cek koleksi perlengkapan mountaineering terbaru dari EIGER, deh! Segala macam produk tersedia untuk memenuhi kebutuhan Eigerian mendaki gunung dengan aman dan nyaman.

Belanja di website resmi EIGER Adventure memungkinkan Eigerian mendapatkan produk berkualitas dan original, dengan harga yang relatif terjangkau. Ditambah lagi, belanja di website EIGER tak perlu mikir biaya ongkos kirim, karena EIGER memberikan gratis ongkir ke seluruh Indonesia. Ada banyak metode pembayaran yang tersedia, termasuk juga bisa Paylater, lho! Pastinya, belanja online bisa dari mana saja aman dan nyaman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru