HomeTips & TrickGreen & Healthy8 Contoh Green Lifestyle yang Sederhana, Lakukan Setiap Hari

8 Contoh Green Lifestyle yang Sederhana, Lakukan Setiap Hari

Istilah green lifestyle menarik untuk dibahas lebih lanjut dalam artikel kali ini. Di era modern seperti saat ini, banyak publik figur dan pegiat lingkungan yang mengkampanyekan penerapan gaya hidup “hijau” ini sebagai wujud gerakan pelestarian alam. Realita yang bisa Eigerian amati di sekitar, lingkungan alam mulai mengalami kerusakan karena gaya hidup  manusia itu sendiri yang tidak ramah lingkungan. Lantas, apa sebenarnya green lifestyle itu, jenis, manfaatnya, serta contoh penerapan di kehidupan sehari-hari.

Apa itu Green Lifestyle?

Green lifestyle atau juga sering disebut sebagai gaya hidup berkelanjutan atau ramah lingkungan, adalah segala praktik dan pengambilan opsi yang diterapkan untuk meminimalkan dampak negatif terhadap lingkungan. Selain itu, gaya hidup ramah lingkunga ini mendorong cara hidup yang lebih sustainable dan seimbang. 

Segala aksi dalam gaya hidup yang berkelanjutan tentunya memiliki tujuan baik, lho. Di antaranya mengurangi konsumsi sumber daya, meminimalisir limbah, dan aksi yang berkontribusi terhadap kelangsungan bumi secara keseluruhan. 

Jenis-Jenis Gaya Hidup Berkelanjutan

Dalam gaya hidup berkelanjutan ini, ada beberapa konsep yang mengusung go green dalam berbagai lini kehidupan. Berikut ini beberapa jenis green lifestyle yang perlu kamu pahami satu per satu:

1. Green Economy

Ekonomi hijau memfokuskan pada upaya peningkatan kesejahteraan manusia dan kesetaraan sosial, dengan sekaligus mengurangi risiko lingkungan. Green economy juga dapat didefinisikan sebagai kegiatan perekonomian yang rendah atau bahkan sama sekali tidak menghasilkan emisi karbon dioksida dan polusi lingkungan, mengutamakan hemat SDA serta berkeadilan sosial.

2. Green Industry

Industri hijau artinya industri yang proses produksinya mengutamakan upaya efisiensi serta efektivitas dalam penggunaan sumber daya secara sustainable. Hasilnya diharapkan bisa menyelaraskan pembangunan industri dan kelestarian lingkungan hidup, juga bisa bermanfaat bagi khalayak umum.

3. Green Shopping

Green shopping atau diartikan sebagai kebiasaan belanja ramah lingkungan maksudnya membeli dengan hari-hati dan mempertimbangkan dampak lingkungannya. Dalam berbelanja harus benar-benar mengutamakan kebutuhan pokok serta bagaimana efek produk yang dibeli itu terhadap lingkungan.

4. Green Energy

Energi hijau maksudnya energi yang bersumber dari alam, namun bukan termasuk energi fosil. Jenis energi hijau termasuk energi yang bersumber dari energi baru terbarukan yang sifatnya tak akan pernah habis. Energi hijau juga diartikan sebagai penggunaan energi ramah lingkungan yang tidak mencemari lingkungan. 

5. Green Gardening

green lifestyle

Kembangkan kebun atau ruang di luar rumah dengan menanam berbagai jenis tanaman hijau. Namun saat melakukannya, pastikan gunakan cara tanam yang berkelanjutan, ya! Tips berkebun ramah lingkungan di antaranya seperti menggunakan pengendali hama alami, memakai pupuk organik, menyiram secara rutin, dan masih banyak lagi!

Baca juga: Cara Mudah Membuat Pupuk Organik yang Sehat dan Aman

Contoh Penerapan Green Lifestyle dalam Kehidupan Sehari-Hari

Gaya hidup berkelanjutan mencakup berbagai praktik sehari-hari yang selalu mengutamakan prinsip keberlanjutan, pelestarian lingkungan, dan kesejahteraan. Nah, berbagai aspek dalam kehidupan sehari-hari bisa disesuaikan agar selaras dengan green lifestyle. 

Berikut ini beberapa contoh penerapan gaya hidup hijau yang bisa mulai kamu lakukan dan disesuaikan dengan preferensi masing-masing:

1. Hemat Energi

Hidup hemat energi artinya meminimalisir penggunaan energi yang berlebihan dalam hidup keseharian. Contohnya memasang lampu dan peralatan hemat energi, memilih sumber energi terbarukan seperti tenaga surya atau, dan lainnya.

2. Transportasi Ramah Lingkungan

Agar mengurangi polusi udara dari bahan bakar kendaraan yang dapat merusak lingkungan, mulai sekarang biasakan lebih sering menggunakan transportasi umum, bersepeda, atau berjalan kaki. Jika memungkinkan, gunakan kendaraan yang hemat bahan bakar atau kendaraan listrik.

green lifestyle

3. Hidup Tanpa Limbah atau Minim Limbah

Cara untuk mewujudkannya dengan praktik 3R: Reduce, Reuse, and Recycle. Untuk kebutuhan sehari-hari, minimalkan pemakaian plastik sekali pakai dan memilih alternatif yang bisa digunakan kembali (misalnya pakai tas belanja reusable atau yang bisa dipakai berkali-kali. Selain itu, usahakan di setiap rumah membuat dan mengolah sampah organik menjadi kompos untuk mengurangi sampah.

4. Mengonsumsi Pangan Berkelanjutan

Lebih memilih makanan yang diproduksi secara organik, lokal, dan musiman di wilayahmu masing-masing. Kemudian, usahakan untuk mengurangi konsumsi daging untuk mengurangi jejak karbon dan lebih banyak menerapkan pola makan berbasis nabati. Satu hal lagi, tinggalkan kebiasaan membuang makanan karena bisa meningkatkan jumlah CO2 dan metana yang mencemari permukaan tanah.

5. Konservasi Air

Air adalah sumber kehidupan, maka penggunaan air untuk aktivitas sehari-hari harus dilakukan secara bijak dan tidak boleh boros. Misalnya dengan mematikan kran air saat sudah tidak digunakan.

6. Menghindari Perilaku Konsumtif

Dalam berbelanja untuk memenuhi kebutuhan, selalu pastikan untuk memilih produk dengan kemasan minim plastik dan ramah lingkungan. Selain itu, selalu berhati-hati dalam belanja dengan menghindari konsumsi barang yang tidak diperlukan. Cara lainnya dengan mendukung brand yang mengusung praktik keberlanjutan dan beretika. 

7. Minimalisme dan Hidup Sederhana

Untuk mengurangi perilaku konsumtif, adopsi gaya hidup minimalis dengan lebih berfokus pada kualitas barang yang akan dibeli sehingga bisa digunakan dalam jangka panjang. 

8. Koneksi dengan Alam dan Lebih Sering Aktivitas Luar Ruangan

green lifestyle

Di tengah rutinitas sehari-hari, habiskan lebih banyak waktu di luar ruangan dan berhubungan dengan alam. Contoh kegiatan outdoor yang dekat dengan alam seperti hiking, berkemah, dan lainnya. Tidak hanya sekadar menikmati alam, kamu juga bisa turut mendukung upaya konservasi dan terlibat dalam pemeliharaan lingkungan. 

Demikian penjelasan mengenai green lifestyle yang bisa Eigerian terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Untuk memperbaiki kerusakan alam dan mencegahnya lebih parah, memang memerlukan gaya hidup yang lebih ramah lingkungan. 

Baca juga: 6 Cara Ciptakan Udara Bersih di Rumah, Jadi Lebih Produktif!

Yuk Gunakan Produk yang Ramah Lingkungan dari EIGER Adventure

Untuk memenuhi dan men-support aktivitasmu sehari-hari, lebih baik gunakan produk yang environmental-friendly serta diproduksi secara bertanggung jawab, seperti produk milik Eiger. Sebisa mungkin hindari membeli produk yang sulit diurai dan tidak dapat didaur ulang. Dengan melakukan hal ini, artinya Eigerian membantu perusahaan terus berkomitmen pada nilai keberlanjutan dan lingkungan yang sehat.

Eiger berkomitmen untuk bersama mewujudkan gaya hidup berkelanjutan sebagai salah satu kontribusi utama dalam melestarikan bumi. Eigeran juga dapat melakukan cara menghemat energi dengan berbelanja online melalui situs resmi Eiger Adventure

Dapatkan berbagai produk berkualitas yang dibuat dari material ramah lingkungan serta terjamin original dari EIGER, mulai dari wadah minum, lunchie bag, tas belanja, jas hujan, dan lainnya.

Cukup pilih produk yang kamu butuhkan dan membaca review-nya, kapan pun kamu bisa langsung checkout barang-barang pilihanmu dari Eiger. Belanja online dengan mudah menggunakan metode pembayaran yang bisa kamu pilih mulai dari bank transfer, COD, paylater, dan lainnya. Yuk, dapatkan berbagai keuntungan mulai dari promo menarik, gratis ongkir ke seluruh wilayah Indonesia, dan diskon harga miring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru