HomeTips & TrickCara Merencanakan Itinerary Camping, Apa Saja?

Cara Merencanakan Itinerary Camping, Apa Saja?

Eigerian, mau berakhir pekan dengan camping bersama teman atau keluarga? Simak cara merencanakan itinerary camping berikut ini!

Tidur di bawah banyaknya bintang di langit, membuat tenda, menyaksikan matahari terbit, mendengar suara alam, dan kegiatan menariknya saat camping bisa membuat akhir pekanmu menyenangkan.

Cara Merencanakan Itinerary Camping

Nah, berikut cara merencanakan itinerary camping yang bisa kamu coba, Eigerian:

1. Tentukan tujuanmu

Langkah pertama ini pastinya sangat menyenangkan. Menentukan tujuanmu bisa dipertimbangkan, mulai dari mau ke destinasi yang dekat dengan rumah, jauh dari rumah, atau bahkan camping di luar negeri.

Saat mempertimbangkan perencanaan itinerary camping, kamu juga bisa mempertimbangkan cuaca. Dengan begitu, kamu bisa lebih siap siaga membawa perlengkapan camping.  Lantaran, camping saat cuaca buruk tentu bisa membuatmu tidak nyaman.

Baca juga: Jangan Panik, Begini Cara Mengatasi Tenda Bocor Saat Camping di Gunung

2. Tentukan jenis camping-mu

Bukan hanya camping di bawah tenda, sebenarnya kamu bisa memilih jenis camping lainnya, lho Eigerian. Beberapa jenis camping yang bisa kamu pilih, yaitu:

  • Car camping

Car camping adalah kondisi ketika kamu tidur di area camp, rest area, atau di lapangan yang luas. 

  • RV dan van

RV dan van bisa dibilang adalah cara paling mewah untuk berkemah. Cara ini dilakukan dengan menggabungkan kenyamanan di rumah dan alam pada saat yang bersamaan. ditambahin, camping menggunakan RV akan lebih nyaman dan gak akan kedinginan, serta tersedia fasilitas yang lebih lengkap, seperti kompor, penghangat ruangan, kasur, dll.

  • Backpacking

Backpacking bisa sangat menyenangkan saat camping. Sebelum menemukan tempat yang tepat untuk camping, kam umenaiki puncak gunung atau bukit agar sampai tempat camping yang dituju. 

3. Temukan tempat camping yang tepat

Terdapat beberapa tempat camping yang bisa kamu pilih, Eigerian seperti:

  • Camping ground

Camping ground biasanya dilakukan di area bumi perkemahan yang bisa diakses oleh semua kalangan. Area camping ground biasanya luas, memiliki udara yang sejuk, dan akses jalan yang cukup mudah. 

  • Camping di pegunungan dan pantai

Camping berikutnya bisa kamu coba di pegunungan dan pantai. Camping di gunung, kamu bisa menikmati pemandangan matahari terbit dan terbenam. Sementara camping di pantai, kamu bisa camping sembari mendengarkan deburan ombak yang jernih. 

  • Camping pramuka

Camping pramuka biasanya dilakukan oleh anak-anak yang mengikuti kegiatan pramuka. Biasanya, camping pramuka dilakukan di lapangan berukuran besar atau di area ground. Saat melakukan camping pramuka, kamu bisa melakukan bermacam-macam kegiatan, seperti tali-temali, membuat tenda, membuat api unggun, dan sebagainya. 

  • Camping outbound

Camping outbound biasanya dilakukan dengan kelompok tertentu. Terdapat sejumlah aktivitas yang dilakukan, seperti arung jeram, flying fox, dan games menyenangkan lainnya. 

  • Camping glamping

Jenis camping ini terbilang cukup praktis, namun memakan biaya yang agak mahal karena glamour camping ini menyediakan berbagai macam fasilitas layaknya tinggal di hotel dengan nuansa camping, bahkan tenda yang disediakan juga terbilang besar dan nyaman. Kamu dapat langsung datang ke lokasi dan menikmati alam sekitar yang menyenangkan.

4. Rencanakan itinerary camping 

Nah, ini waktunya untuk merencanakan itinerary camping! Saat mempersiapkan itinerary camping, kamu bisa mempertimbangkan:

  • Berapa lama ingin camping?
  • Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk sampai di tempat camping?
  • Apakah kamu mau bepergian dan membutuhkan beberapa tempat tenda?

Baca juga: Camping Juga Punya Aturan dan Etika yang Harus Diikuti, Sudah Tahu?

Rekomendasi Tenda EIGER

Setelah merencanakan itinerary camping, kamu tentu membutuhkan tenda yang kokoh dan nyaman. Berikut, rekomendasi tenda EIGER yang bisa kamu coba:

1. EIGER Shipton 3P Tent

Shipton 3P Tent bisa digunakan saat camping bersama teman atau keluarga kecil. Dengan kapasitas 3 orang, Shipton 3P memiliki tiang rangka dengan bahan duraluminium yang lebih kuat, ringan, dan tahan angin.

Selain itu, Shipton 3P Tent juga memiliki ventilasi udara berbahan mesh yang bisa melindungi kamu dari serangga. Ukurannya, (210+50) x 180 x 120 cm dan dimensi packing 62 x 48 x 30 cm yang praktis untuk tenda berkapasitas 3 orang.

2. EIGER Strover 4P Tents

Rekomendasi tenda selanjutnya ialah tenda EIGER Strover dengan kapasitas empat orang yang cocok dipakai untuk camping dan hiking. Tenda ini memakai rangka berbahan duraluminium sehingga memiliki kekuatan yang lebih baik terhadap hembusan angin dan badai.

Selain itu, tenda double layer ini memiliki ukuran (240+80) x 210 x 130 cm dengan teras yang cukup luas untuk memasak atau menyimpan barang. Di samping itu, dimensi packing-nya juga cukup praktis, yakni berukuran 68 x 48 x 30 cm.

3. EIGER Creek 5P Tent

Tenda Creek 5P bisa digunakan untuk 5 orang. Tenda ini mempunyai lapisan jaring di bagian atas inner yang berguna sebagai ventilasi udara. 

Selain itu, Creek 5P juga mempunyai teras bagian depan yang bisa digunakan sebagai alas duduk atau menyimpan barang. Tenda ini memiliki jahitan yang dilapisi oleh seam taped untuk mencegah masuknya air hujan. 

Camping Menyenangkan Bersama EIGER

Camping jadi semakin menyenangkan bersama EIGER. Ayo belanja perlengkapan traveling di eigeradventure.com atau EIGER Store Adventure terdekat di kotamu! Gratis ongkir, produk original, pembayaran dengan banyak metode, dan punya harga terbaik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru