HomeTips & TrickGreen & Healthy7 Kegiatan di Alam Terbuka, Cermati Juga Manfaatnya!

7 Kegiatan di Alam Terbuka, Cermati Juga Manfaatnya!

Sejak lama, kegiatan di alam terbuka menjadi salah satu hal yang dipercaya memberikan efek positif, baik untuk tubuh maupun untuk mental. Tapi dari sekian banyak kegiatan yang ada, kegiatan apa yang sebenarnya dimaksud oleh kalimat tersebut?

Manusia modern umumnya menjadikan kegiatan di alam terbuka sebagai salah satu opsi rekreasi dari rutinitas yang dijalani setiap hari. Berjibaku dengan aspal jalanan, polusi udara, dan pekerjaan di kantor, short escape yang ditawarkan oleh berbagai kegiatan ini menjadi  jawaban untuk me-recharge tenaga dan kewarasan.

Tapi apa saja sih yang bisa menjadi opsi dari kegiatan di alam terbuka ini? Eigerian bisa cermati penjelasannya lebih detail pada setiap poin di bawah ini, lengkap dengan manfaatnya untuk fisik dan mental!

Baca Juga: 9 Ciri-Ciri Rumah Sehat, Yuk Mulai Terapkan!

1. Camping atau Glamping

Kegiatan di alam terbuka
Sumber: Eiger Adventure

Camping atau glamping bisa jadi aktivitas di alam terbuka yang menarik, karena kamu bisa merasakan tempat istirahat yang ada di tengah-tengah alam terbukan. Aktivitas santai ini bisa dilakukan sendiri atau bersama dengan rombongan agar menjadi kegiatan yang lebih seru.

Jika camping sendiri identik dengan kegiatan berkemah dengan membangun tenda sendiri menggunakan perlengkapan yang disiapkan sebelumnya untuk benar-benar merasakan bersentuhan dengan alam, glamping adalah versi ‘mahal’ dari kegiatan ini.

Eigerian akan berkemah dengan ‘tenda’ yang mewah, yang dilengkapi berbagai fasilitas yang mendukung selama tinggal di tempat tersebut.

2. Climbing, Memanjat Tebing di Alam Terbuka

Jika ingin aktivitas yang lebih menantang, climbing bisa jadi solusinya. Tentu saja, jika kamu belum cukup berpengalaman, cukup banyak tempat dan titik di Indonesia tersedia dengan didukung oleh pemandu dengan keahlian yang sudah teruji.

Pada dasarnya, kegiatan ini dilakukan dengan memanjat tebing atau lereng vertikal, dengan tujuan mencapai puncak. Kamu akan diberikan perlengkapan pendukung dan pengaman sehingga terhindar dari risiko cedera parah.

Keseruan akan terasa ketika kamu dipandu dalam setiap pijakan dan pegangan hingga sampai ke bagian atas, dan menikmati pemandangan indah yang tersaji.

3. Trekking, Jelajah Alam yang Menantang

Kegiatan di alam terbuka
Sumber: freepik.com

Cukup banyak yang masih salah paham tentang trekking dan hiking. Trekking sendiri sebenarnya adalah aktivitas berjalan kaki menyusuri jalur yang sudah disediakan, dengan jarak yang jauh lebih panjang daripada hiking.

Kegiatan ini bisa berlangsung berhari-hari, dan mengkombinasikan berbagai jenis jalur alam yang ada saat ini. Kamu bisa menyusuri jalan raya, gurun, hutan hujan, pegunungan, area pedesaan, dan lain sebagainya, untuk mendapatkan pengalaman yang unik.

Tentu persiapannya juga akan lebih matang, sebab intensitasnya terbilang sangat berat.

4. Hiking, Jalan-Jalan Sambil Menikmati Alam

Nah hiking kemudian adalah versi yang lebih ringan daripada trekking. Perjalanan dilakukan di daerah pegunungan yang hijau dan cenderung berudara sejuk, sehingga bisa menyegarkan badan dan pikiran atas penatnya rutinitas di kantor.

Aktivitas fisik di alam terbuka ini akan membuatmu cukup berkeringat karena medan yang dilalui tidak seluruhnya landai. Banyak diantaranya akan berupa tanjakan, batuan terjal, atau anak tangga yang cukup banyak.

Tapi  tenang, hiking sendiri bisa dikatakan rekreasional, sehingga kamu bisa menjadikannya aktivitas relaksasi dan bertamasya.

5. Caving, Kegiatan di Alam Terbuka dengan Jelajah Gua

Kegiatan di alam terbuka
Sumber: freepik.com

Memang jadi salah satu kegiatan di alam terbuka, tapi tidak sepenuhnya ‘terbuka’. Well jelajah gua ini akan jadi pengalaman yang menarik untuk dicoba, untuk mengenal alam dengan lebih dekat. Meski demikian kamu yang punya phobia pada tempat tertutup sepertinya tidak terlalu disarankan mencobanya, karena justru bisa jadi hal yang tidak menyenangkan.

Awalnya, kegiatan ini hanya dilakukan dalam rangka penelitian. Tapi seiring berjalannya waktu, caving jadi salah satu sarana rekreasi yang seru untuk dilakukan, selama dibawah pengawasan pemandu profesional yang memahami benar karakter gua.

Di sini kamu akan menemui pemandangan indah yang ada di kedalaman gua, yang tidak kalah dengan pemandangan alam yang biasa kamu nikmati di pantai atau pegunungan.

6. Mendaki Gunung, Paling Populer

Tentu kamu pernah mendengar aktivitas pendakian gunung yang bisa dilakukan di banyak sekali lokasi di Indonesia. Aktivitas ini sempat booming berkat salah satu film karya anak bangsa, dan menjadi tren selama beberapa saat.

Sempat turun animonya pada saat pandemi karena keadaan, kini sudah banyak jalur pendakian yang kembali dibuka dan siap kamu coba. Kamu bisa mempersiapkan diri dengan persiapan fisik dan perlengkapan, serta mencari info mengenai pemandu jika sekiranya kamu merasa belum berpengalaman.

Tetap lakukan persiapan dengan matang dan jangan sepelekan kegiatan ini ya, sebab risiko akan tetap hadir bersamaan dengan keseruan yang akan kamu dapatkan.

7. Arung Jeram, Makin Seru Di Musim Penghujan

Kegiatan di alam terbuka
Sumber: freepik.com

Arung jeram juga termasuk kegiatan di alam terbuka yang populer untuk dilakukan secara berkelompok, baik kelompok terbuka bersama orang asing atau kelompok yang lebih kecil seperti dengan rekan kantor dan teman bermain.

Ekstrim dan menantang, keseruan yang disajikan dijamin akan memompa adrenalin dan memacu kemampuan fisik untuk bekerja sama mendayung melewati jeram yang tersedia di jalur penelusuran.

Selalu perhatikan arahan dari pemandu agar tetap bisa melewati rintangan dengan baik dan menyelesaikan jalur tanpa hambatan ya!

Manfaatnya untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Kegiatan di alam terbuka
Sumber: freepik.com

Tidak sedikit manfaat yang dapat diperoleh dari berbagai aktivitas di atas, dan banyak aktivitas di alam terbuka lain yang kamu lakukan. Secara singkat, deretan manfaat yang bisa dirasakan dari sisi fisik dan mental adalah sebagai berikut.

  • Melatih kemampuan fisik secara umum, baik dari segi otot dan pernapasan
  • Membuat tubuh menjadi lebih fleksibel karena gerakan yang dilakukan secara intens
  • Membuat badan menjadi segar dengan keringat yang mengucur deras selama kegiatan
  • Menjadi bentuk latihan untuk setiap bagian tubuh sehingga menjadi lebih sehat
  • Meningkatkan kreativitas dan imajinasi seseorang
  • Meningkatkan kemampuan otak dan kemampuan fokus
  • Menurunkan risiko depresi dan memperbaiki suasana hati
  • Membantu seseorang tidur lebih nyenyak
  • Menjadi waktu ‘luang’ untuk otak sehingga dapat sejenak beristirahat
  • Dan masih banyak lagi yang lainnya.

Eiger Adventure, Terus Mendukung Kegiatan di Alam Terbuka Eigerian

Banyak gear yang dapat Eigerian gunakan untuk mendukung kegiatan di alam terbuka yang bisa digunakan. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

Vipera

Kegiatan di alam terbuka
Sumber: Eiger Adventure

Dengan desain mid-cut yang stylish, kamu bisa menggunakan sepatu keren ini untuk berbagai kegiatan. Pijakan yang solid dan perlindungan optimal pada kaki, sepatu ini dibanderol dengan harga Rp1,429,000.

Eiger Outland X28 Pro Pants

Kegiatan di alam terbuka
Sumber: Eiger Adventure

Dengan ukuran hingga 40, Eigerian bisa menggunakan produk ini untuk  berbagai petualangan. Dengan material kombinasi polyester dan katun, harga yang harus dibayar hanya Rp499,000 saja.

Ambition Tropic X28 F1

Kegiatan di alam terbuka
Sumber: Eiger Adventure

Untuk atasan, kamu bisa menggunakan produk kemeja lengan panjang ini. Material yang digunakan adalah polyester dan viscose, membantu memberikan perlindungan dan menghindari rasa gerah, kemeja keren ini dibanderol dengan harga Rp409,000.

Baca Juga: Seru, Kenali Perbedaan Rafting Sungai dan Arung Jeram 

Itu tadi sekilas tentang ulasan beberapa kegiatan di alam terbuka yang bisa menjadi opsi, manfaatnya untuk tubuh dan mental, serta gear yang ditawarkan Eiger Adventure untuk mendukung kegiatan tersebut. Ingat untuk selalu berbelanja di situs resmi Eiger Adventure, karena benefit harga terbaik, jaminan produk ori, gratis ongkir, serta metode pembayaran beragam yang tersedia akan memberikan banyak kenyamanan untuk Eigerian!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru