HomeTips & TrickRidingMemahami Rambu Lalu Lintas, Mana yang Sering Kamu Langgar?

Memahami Rambu Lalu Lintas, Mana yang Sering Kamu Langgar?

Mematuhi rambu lalu lintas, sudah menjadi kewajiban setiap rider yang berada di jalan raya. Rambu ini telah didesain sedemikian rupa, sehingga dapat memberikan informasi yang tepat untuk semua pengendara kendaraan bermotor. Ketika melanggar kamu bisa berurusan dengan pihak kepolisian secara langsung.

Bukan tanpa sebab, keberadaan rambu ini sudah diperhitungkan dengan baik untuk menjadi ‘panduan’ berkendara sehingga bisa meningkatkan keselamatan semua pengguna jalan tanpa terkecuali. Untuk kamu, yang adalah seorang rider, tentu wajib paham benar jenis rambu yang ada di jalan dan apa arti dari masing-masing rambu tersebut.

Tapi di artikel singkat ini, kamu akan mendapatkan informasi terkait beberapa jenis rambu, dan beberapa yang paling sering dilanggar oleh rider saat di jalan raya. Disadari atau tidak, hal ini sebaiknya lekas diperbaiki dengan kebaikan bersama.

Jenis-Jenis Rambu-Rambu Lalu Lintas Di Indonesia

Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Sebelum mengetahui arti dan rambu apa saja yang paling sering dilanggar, ada baiknya sedikit melihat jenis rambu yang ada di jalanan Indonesia untuk meningkatkan pemahaman kamu .

Rambu Lalu Lintas Peringatan

Seperti namanya, rambu ini sifatnya memberikan peringatan pada pengendara atau rider pada kondisi jalan yang ada di depannya. Karena sifatnya peringatan, maka rider wajib paham benar arti dan maknanya sehingga dapat mempersiapkan diri. Rambu ini identik dengan warna kombinasi kuning di latar belakang, dan hitam di bagian tandanya.

Rambu Bersifat Perintah

Nah, rambu lalu lintas yang ini sifatnya adalah perintah, yang jika dilanggar akan membuat kamu berhadapan dengan hukum lalu lintas. Sifat dari rambu berwarna biru-putih ini adalah sebuah keharusan yang wajib ditaati demi kepentingan dan keamanan bersama. Mulai dari harus belok ke kiri atau ke kanan, khusus mobil, hingga jalur khusus motor dan sebagainya.

Rambu Lalu Lintas Larangan

Jelas ketika kamu menemukan rambu dengan kombinasi merah-putih atau merah-putih-hitam, kamu sedang melihat rambu larangan. Sifat dari rambu ini tegas dan melarang kamu untuk melakukan sesuatu yang sudah dituliskan dalam rambu tersebut. Seperti rambu bersifat perintah, pelanggaran rambu ini juga bisa membuat kamu berhadapan dengan petugas karena bisa membahayakan orang lain.

Rambu Penunjuk Jalan

Jika dua rambu sebelumnya bersifat perintah dan larangan, maka rambu selanjutnya ini sifatnya memberikan informasi arah. Diwujudkan dalam rambu berwarna hijau-putih atau coklat-putih, kamu bisa mendapatkan informasi seputar arah dan lokasi dari rambu tersebut.

Rambu Tambahan

Untuk jenis terakhir dari rambu lalu lintas ini sendiri bersifat tambahan dan kondisional. Kamu bisa menemukan banyak rambu seperti ini di area-area strategis, seperti bangunan istimewa, stasiun kereta, bandara, dan lain sebagainya. Rambu ini hanya digunakan untuk kebutuhan spesifik saja dan memperkuat makna rambu baku yang sudah ada.

Rambu yang Paling Sering Dilanggar oleh Pengendara

Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Tidak secara spesifik menyebutkan rambu ini paling sering dilanggar oleh pengendara motor atau rider seperti kamu, namun secara umum untuk pengguna kendaraan bermotor.

Lampu Pengatur Lalu Lintas

Lampu pengatur lalu lintas, atau sering disebut dengan lampu merah, adalah salah satu rambu yang paling sering dilanggar oleh pengendara. Idealnya keberadaan lampu ini berfungsi untuk mengatur arus lalu lintas pada persimpangan, agar semua mendapatkan kesempatan melintas dengan aman. Namun tak jarang ketika lampu masih berwarna merah, pengendara sudah menjalankan kendaraannya.

Melawan Arus

Memang secara praktis arus lalu lintas sebenarnya cukup adaptif, bisa diubah sesuai dengan keperluan. Tapi pada keseharian, arus ini memiliki arah yang tetap dan tidak boleh dilanggar. Masih banyak pengendara kendaraan bermotor, mungkin termasuk juga kamu, yang terkadang lupa bahwa arus kendaraan berjalan sebaliknya dan kamu berkendara di arus yang salah.

Rambu Jalur Khusus Kendaraan Tertentu

Di kota besar biasanya terdapat jalur-jalur khusus untuk kendaraan tertentu. Misalnya, jalur cepat yang sebenarnya dikhususkan untuk mobil, kemudian jalur lambat yang diperuntukkan bagi motor, dan seterusnya. Terdapat rambu lalu lintas yang jelas yang mengatur hal ini. Namun tak jarang ketika berkendara, rambu ini dilanggar dan pengendara menerobos jalan yang tidak seharusnya digunakan.

Rambu Lalu Lintas Perintah

Wajib belok kiri, wajib belok kanan, dan rambu perintah lain, juga jadi salah satu jenis rambu lalu lintas yang paling sering dilanggar. Kamu juga wajib paham benar bahwa aturan rambu ini sudah baku dan diberikan untuk kepentingan banyak orang. Jadi sebagai rider yang bertanggungjawab dan dewasa, pastikan kamu mematuhi semua rambu ya!

Sedikit pengetahuan seputar rambu lalu lintas di atas semoga bisa jadi hal yang berguna untuk kamu baca. Sebagai seorang rider yang dewasa, pemahaman dan ketaatan berlalu lintas adalah hal yang utama demi keselamatan bersama.Selain memahami rambu lalu lintas, kamu juga wajib menggunakan perlengkapan berkualitas untuk segi riding dari Eiger Adventure. Mengapa harus Eiger? Karena kualitas bahan yang digunakan sudah sangat tinggi, dan struktur perlengkapannya menyesuaikan dengan iklim Indonesia yang tropis. Jadi, segera kunjungi laman produknya, dan dapatkan produk riding terbaik untuk kamu!

Newsletter

Mau jadi yang pertama tau update tentang Eiger Adventure? Yuk, sign up ke newsletter kami!

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments