HomeTips & TrickGreen & HealthyCara Sederhana Memperingati Hari Bumi, Konsistensi untuk Hasil di Masa Depan

Cara Sederhana Memperingati Hari Bumi, Konsistensi untuk Hasil di Masa Depan

Peringatan Hari Bumi selalu jadi momentum untuk terus mengingatkan masyarakat dunia, akan pentingnya menjaga kelestarian bumi. Tidak hanya dari sisi konsumen saja, namun berbagai gerakan juga dilakukan oleh pelaku industri dalam memperingati Hari Bumi ini.

Nah, untuk kalangan konsumen seperti kamu, kira-kira apa yang bisa dilakukan untuk merayakannya?

Dalam artikel ini akan dibahas secara singkat mengenai hal-hal sederhana yang bisa dilakukan masyarakat luas dalam memperingati hari bumi. Jadi, setiap orang bisa turut berperan dalam rangka melestarikan planet tercinta, dan mewariskannya ke generasi mendatang.

1. Memperbanyak Tanaman di Rumah

Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Bumi akan bertahan lebih lama ketika bisa ‘bernafas’ dengan baik. Tanaman hijau memiliki peran besar dalam proses ‘pernafasan’ bumi ini, sehingga gerakan penghijauan dan reboisasi sangat disarankan untuk digalakkan.

Jika memang tidak memungkinkan dalam mengikuti kegiatan seperti ini, setidaknya kamu bisa turut berpartisipasi untuk menanam satu tanaman di rumah. Upaya aktif ini sudah menjadi bentuk memperingati Hari Bumi paling sederhana yang bisa kamu lakukan.

Baca Juga : Tips Melakukan Urban Farming di Lahan Sempit Perkotaan

2. Mengurangi Penggunaan Plastik Sekali Pakai

Tidak sedikit yang beranggapan produk plastik buruk untuk lingkungan. Pada kenyataannya, argumen ini tidak sepenuhnya benar. Produk plastik yang bisa dan digunakan berkali-kali justru dapat membantu kamu mengurangi sampah rumah tangga, sehingga produksi limbahnya bisa ditekan.

Kesalahan umum yang dilakukan masyarakat luas adalah menggunakan produk plastik sekali pakai. Ketika hanya digunakan sekali padahal masih memiliki nilai fungsi yang tinggi, maka plastik akan benar-benar berdampak buruk untuk lingkungan karena sulit diurai secara alami.

3. Menjaga Kebersihan Air dan Laut

Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Selalu mengolah limbah yang dihasilkan agar tidak mencemari air dan laut menjadi poin penting dalam memperingati Hari Bumi. Air sendiri bisa dikatakan sumber daya yang tidak akan habis, karena terus menjalani siklus hidup yang tidak pernah putus.

Namun demikian kualitasnya bisa terus berkurang jika pencemaran lingkungan terjadi. Lebih luas, lautan yang menjadi sumber produksi oksigen bisa tercemar dan mengurangi volume produksinya. Secara umum, ekosistem laut yang rusak akan berdampak buruk pula pada kehidupan seluruh dunia.

Maka dari itu penting untuk selalu menjaga kebersihan air yang digunakan serta stabilitas ekosistem laut. Kurangi penggunaan plastik mikro, karena dapat mencemari kehidupan biota laut.

4. Mengolah Limbah yang Dihasilkan

Pengolahan limbah yang dihasilkan secara pribadi atau dari rumah tangga juga akan jadi langkah baik untuk memperingati Hari Bumi. Limbah rumah tangga idealnya bisa diolah terlebih dahulu, sehingga ketika dibuang nanti sudah tidak banyak memiliki kandungan racun yang merugikan lingkungan.

Pengolahan limbah ini juga bisa ditunjang dengan pengolahan sampah, dengan cara daur ulang. Sampah yang dihasilkan bisa kembali digunakan untuk berbagai keperluan, dengan sedikit effort yang tepat. Dengan demikian volume produksi limbah bisa dikurangi secara signifikan.

Sebenarnya untuk Eiger Adventure sendiri memiliki lini produk sustainable, yang menjadi andalannya. Dalam rangka penerapan industri yang ramah lingkungan, beberapa produk berikut bisa jadi acuan yang berguna untuk kamu gunakan.

Pertama adalah Ecosavior 45 Rucksack, yang merupakan hiking backpack yang berkapasitas 45 liter. Produksi Ecosavior 45 Rucksack ini memerlukan 50 botol plastik PET 500 ml sebagai material kain polyester reboyarn dan aksesoris buckle pada tas ini.

Kemudian ada Eiger X-Tribes SS Shirt. Pakaian ini dibuat dari serat lyocell yang ramah lingkungan. Ada pula X-Totebag 20L, yang dibuat dengan bahan dasar sisa materi produksi sehingga limbah kain dalam proses produksi Eiger bisa diminimalisir.

Selanjutnya ada produk X-Sunda Sacoche, yang terbuat dari sisa bahan produksi. Pemanfaatan sisa bahan dan materi ini dapat membantu mengurangi limbah kain yang dihasilkan. Masih ada lagi X-Flightless, yang berbahan dasar seperti produk sebelumnya.

5. Prinsip 3R : Reduce, Reuse, Recycle

Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Mengurangi, memakai kembali, dan mendaur ulang, merupakan tiga prinsip dasar yang wajib dijadikan pegangan masyarakat yang ada di dunia. Momen peringatan Hari Bumi akan jadi momen yang baik untuk kembali menyegarkan konsep ini di masyarakat.

Upaya ini bisa dilakukan secara mikro dan makro, dan memiliki dampak yang besar untuk lingkungan. Semakin banyak yang menerapkan prinsip ini, maka idealnya produksi sampah dan limbah akhir bisa ditekan. Konsumsi barang sekali pakai bisa dikurangi, sehingga keseimbangan lingkungan bisa kembali diupayakan.

6. Penggunaan Produk Berkelanjutan dalam Memperingati Hari Bumi

Jelas, orientasi produk yang kini digunakan harusnya mulai bergeser ke produk-produk berkelanjutan, atau istilah lainnya sustainable product atau eco-friendly product. Kamu bisa dengan mudah menemukan produsen-produsen yang berfokus pada pengembangan produk semacam ini.

Eiger Adventure memiliki lini produk berkelanjutan yang bisa digunakan oleh masyarakat umum. Tanpa mengurangi kualitas produk yang dihasilkan, Eiger Adventure berhasil memformulasikan sistem produksi dan distribusi yang lebih ramah lingkungan, sehingga dapat berpartisipasi aktif dalam menjaga kelestarian lingkungan.

7. Menggunakan Air dan Listrik dengan Bijak

Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Air dan listrik jadi dua komoditas utama yang menunjang kehidupan masyarakat modern. Meski demikian, penggunaannya harus didasari dengan kesadaran sehingga tidak terjadi pemborosan. Gunakan air dan listrik seperlunya, sehingga tenaga yang digunakan dalam memproduksi dua sumber daya ini tidak terlalu besar.

Kamu juga bisa mulai bergeser ke produk-produk ramah lingkungan dan sumber energi terbarukan, seperti panel surya atau sejenisnya. Dukungan pada teknologi ini bisa ditunjukkan dengan membeli produk tersebut, sehingga pengembangannya bisa berjalan lebih optimal.

Baca Juga : Berkebun: Cara Ampuh Usir Kejenuhan di Rumah 

Pada akhirnya, memperingati Hari Bumi bisa dilakukan dengan banyak sekali cara. Dari skala besar hingga skala terkecil pada setiap individu, semua bisa memberikan kontribusi yang signifikan dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan. Eiger Adventure sebagai salah satu produsen besar di tanah air juga berkomitmen untuk terus menjaga kelestarian bumi, sehingga bisa diwariskan ke generasi berikutnya dalam keadaan yang lebih baik. Dengan produk Eiger Sustainable Series yang menjadi andalan, mari bersama sukseskan perayaan Hari Bumi, dan terus melakukan upaya pelestarian lingkungan dengan cara yang dianggap tepat.

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru