HomeTips & TrickMountaineeringMengurangi Sampah di Gunung? Bisa kok! Ini Tipsnya!

Mengurangi Sampah di Gunung? Bisa kok! Ini Tipsnya!

Sampah merupakan suatu bahan yang terbuang atau dibuang dari sumber hasil aktivitas manusia maupun alam yang belum mempunyai nilai ekonomis. Biasanya, sampah berasal dari rumah tangga, perkantoran, pertanian, rumah sakit, pasar, dan lain-lain.

Menurut laman Bantenprov.co.id, isu sampah di Indonesia adalah semakin banyaknya limbah sampah yang dihasilkan masyarakat, kurangnya tempat pembuangan sampah, sampah sebagai sarang serangga, dan sampah menjadi sarang kuman yang berbahaya bagi kesehatan.

Begitu pula dengan pegiat alam terbuka yang tidak luput dari persoalan sampah. Ironisnya, pegiat alam seringkali menyumbang sampah setelah melakukan kegiatannya.

Sampah-sampah di gunung biasanya menumpuk dan terbengkalai, baik di gunung maupun aktivitas lainnya. Lantas, apa saja tips mengurangi sampah ketika mendaki gunung?

Baca Juga: Gunung Bukan Tempat Sampah, Yuk Jaga Kebersihanya!

6 Cara Mengurangi Sampah di Gunung

Menurut Buletin Wanadri “Menjelajah untuk Berbagi Pengetahuan”, berikut tips mengemas sampah di gunung yang bisa kamu ikuti, Eigerian!

Membuat Daftar Makanan

Membuat daftar makanan penting agar makanan yang dibutuhkan tidak berlebih bahkan kekurangan.

Membawa Makanan Pakai Wadah

Saat sedang mendaki gunung, Eigerian disarankan untuk membawa makanan pakai wadah dan bukan pakai plastik kemasan sekali pakai. Sebab, plastik kemasan sekali pakai berpotensi menambah jumlah pemakaian sampah.

Siapkan Kantong Sampah

Ketika mendaki gunung, upayakan agar Eigerian membawa kantong sampah ke dalam daftar bawaan. Kantong besar berguna agar Eigerian bisa menampung berbagai sampah yang telah digunakan

Kumpulkan Sampah ke Dalam Kantong

Bila Eigerian melakukan perjalanan lebih dari satu hari atau sempat mendirikan beberapa lokasi bermalam, cobalah untuk mengumpulkan sampah yang dihasilkan dalam kantong agar sampah tidak berserakan dan ketika Eigerian pulang bisa dengan mudah Eigerian bawa turun.

Bawa Sampah Turun

Ketika turun gunung,  Eigerian disarankan untuk membawa sampah yang dihasilkan. Kemudian, setorkan sampah pada petugas atau kumpulkan sampah di tempat yang sudah disediakan oleh petugas.

Pisahkan Sampah Plastik

Agar bisa mengurangi sampah plastik di gunung, Eigerian disarankan untuk memisahkan antara sampah anorganik dengan sampah organik dalam kantong yang berbeda.

Dengan memisahkan jenis sampah itu maka Eigerian secara tidak langsung akan membantu petugas maupun masyarakat yang mencari pendapatan dari sampah untuk mereka manfaatkan yang otomatis bisa memberikan pendapatan bagi mereka.

Produk EIGER Untuk Mengurangi Sampah di Gunung

EIGER Weekender Trash Bag Mini

Tidak hanya enam hal di atas, Eigerian juga bisa memakai EIGER Weekender Trash Bag Mini. Dengan memakai tas ini, Eigerian bisa mempraktikkan prinsip Leave No Trace bahkan ketika melakukan kegiatan yang bukan pendakian gunung. 

Weekender Trash Bag Mini dirancang dengan tujuan untuk menumbuhkan rasa tanggung jawab dalam menjaga lingkungan dengan selalu membawa kembali sampah. Trash bag ini dilengkapi dengan tali yang dapat disesuaikan untuk memudahkan Eigerian menggunakan tas ini. 

Weekender Trash Bag Mini memiliki dimensi 29 x 12 cm dan menggunakan bahan water repellent (tidak mudah ditembus air/hujan dengan intensitas ringan). Sistem bukaan dan tutup pada Weekender Trash Bag Mini menggunakan tali serut. Tali selempang yang dapat diatur dan cocok untuk menaruh sampah pribadi.

Untuk ikut berkontribusi dalam mengurangi sampah di gunung dengan membeli Weekender Trash Bag Mini disini!

Dapatkan produk EIGER lainnya untuk menunjang kegiatan mendaki kamu hanya di Website Resmi EIGER. Gratis ongkir, cepat sampai!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru