HomeTips & TrickRidingMudik Saat Berpuasa? Ini 5 Tips Agar Tubuh Tetap Segar, Yuk #MariKembaliPulang

Mudik Saat Berpuasa? Ini 5 Tips Agar Tubuh Tetap Segar, Yuk #MariKembaliPulang

Selama bulan Ramadan, banyak orang menantikan tradisi mudik. Mudik selama puasa adalah perjalanan rohani yang sarat dengan makna dan keberkahan namun memiliki tantangannya tersendiri. Apakah Eigerian pernah mudik ketika berpuasa?

Mudik saat berpuasa memberikan pelajaran tentang kesederhanaan dan rasa syukur. Orang-orang bersyukur atas kesempatan untuk berkumpul dengan keluarga dan sanak saudara meskipun harus menahan lapar dan haus.

Setiap makanan yang disajikan merupakan berkah dan setiap senyum dan tawa yang terjadi pada saat yang sama merupakan bukti nyata dari kebahagiaan dan kasih sayang.

Hukum Mudik saat Puasa

Seorang muslim yang berpuasa selama bulan Ramadan dapat membatalkan puasanya jika berada dalam perjalanan yang jauh, seperti mudik.

Namun, ada beberapa syarat yang memungkinkan membatalkan puasa saat perjalanan jauh.

Misalnya, jika perjalanan tersebut dapat membahayakan kesehatan atau keselamatan pengendara, membatalkan puasa diperbolehkan.

Ini terjadi jika pengendara atau orang lain yang berada dalam perjalanan mengalami dehidrasi, yang menyebabkan kehilangan fokus.

Saat bepergian, mereka yang berpuasa memiliki rukhsah, atau izin untuk tidak berpuasa. Jika salah satu dari dua persyaratan dipenuhi, seseorang dapat membatalkan puasa. Yang pertama adalah jarak yang diberitahukan dan meninggalkan rumah sebelum subuh.

Para ulama memberikan penjelasan tentang batasan-batasan tertentu mengenai jarak yang dianggap melanggar kewajiban puasa seseorang.

Imam Hanafi mengatakan jarak tempuh minimal adalah 5 km, sementara Imam Maliki mengatakan jarak minimal adalah 88 km untuk membatalkan puasa.

Baca Juga: OOTD Ngabuburit EIGER Women, Tampil Beda di Bulan Ramadan!

Tips Mudik Jarak Jauh saat Berpuasa

Mudik saat Berpuasa

Untuk memastikan bahwa perjalanan jauh selama puasa tidak mengganggu aktivitas ibadah dan silaturahmi Eigerian, berikut adalah beberapa tips yang bisa dilakukan.

1. Rencanakan Perjalanan Mudik saat Berpuasa

Melakukan sesuatu yang mendadak, termasuk bepergian jauh, mungkin tidak menjadi masalah bagi Eigerian, tetapi sebisa mungkin hindari bepergian jauh tanpa perencanaan yang matang.

Pastikan Eigerian tahu dengan jelas ke mana akan pergi, berapa lama perjalanan, dan jalan mana yang harus diambil.

Adanya rencana perjalanan yang matang akan membantu Eigerian mengurangi risiko kecelakaan yang mungkin terjadi selama perjalanan jauh.

2. Pertahankan Stamina

Jika Eigerian berencana melakukan perjalanan jauh dengan puasa, pastikan kondisi tubuh sehat.

Mulailah dengan mengecek kesehatan dan mempersiapkan stamina Eigerian beberapa hari sebelum keberangkatan. 

Saat sahur, perbanyak makanan yang mengandung vitamin C dan zinc agar tidak mudah lelah dan sakit.

Sehingga Eigerian juga bisa mengkombinasikan vitamin dan mineral ini meningkatkan daya tahan tubuh.

Jangan menyetir saat Eigerian mengantuk juga. Selama beberapa hari sebelum melakukan perjalanan jauh, pastikan tidur yang cukup (7–8 jam).

3. Penuhi Asupan Gizi dan Cairan Tubuh

Pastikan Eigerian sudah memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh dengan makan makanan sehat saat sahur dan berbuka sebelum melakukan perjalanan jauh saat puasa.

Jangan lupa untuk minum banyak air putih untuk mencegah dehidrasi selama perjalanan. Jika sedang berpuasa, Eigerian dapat menjaga stamina Anda dan tetap segar saat bepergian dengan mengkonsumsi multivitamin.

4. Pilih Malam Hari untuk Mulai Perjalanan

Ada baiknya memulai perjalanan pada malam hari jika Eigerian ingin tetap segar dan tidak terlalu lelah selama perjalanan.

Selain tidak terpapar sinar matahari yang cepat, berkendara pada malam hari juga memberi Eigerian banyak energi karena kamu baru saja berbuka puasa.

Salah satu keuntungan melakukan perjalanan malam selama bulan Ramadan adalah Eigerian tidak perlu menahan diri untuk tidak minum atau lapar, sehingga dapat dengan mudah makan dan minum dengan kadar gula darah normal.

Ini akan membuat Eigerian lebih fokus saat berkendara. Perjalanan siang hari tentu tidak memungkinkan Eigerian untuk melakukan hal ini, bukan?

5. Selalu Sediakan Obat-Obatan

Selama perjalanan jarak jauh, Eigerian lebih rentan terhadap berbagai bahaya, dan tubuh menjadi lebih rentan saat puasa.

Jadi, tidak ada salahnya membawa obat-obatan sendiri di dalam kotak P3K. Siapa tahu di tengah perjalanan nanti kamu memerlukan obat untuk pertolongan pertama.

Beberapa obat yang harus Eigerian bawa ke P3K adalah obat pereda nyeri, minyak angin, obat anti mabuk, obat asam lambung, kain kasa, dan obat merah.

6. Perhatikan Barang yang Dibawa

Mudik saat Berpuasa

Eigerian akan merasa lemas selama berpuasa jika tidak mengonsumsi makanan atau minuman sepanjang hari. Dengan demikian, daya konsentrasi berkurang.

Ini dapat membuatnya mudah untuk meninggalkan dompet, barang bawaan, atau barang penting lainnya di toilet atau restoran di tempat istirahat.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, usahakan untuk selalu waspada dan selalu memeriksa barang bawaan Eigerian ketika turun atau naik kendaraan.

7. Istirahat ketika Lelah

Selama perjalanan jauh, banyak kecelakaan lalu lintas terjadi karena pengemudi terlalu lelah atau mengantuk saat berkendara.

Padahal, pengemudi hanya diizinkan mengemudi selama empat jam berturut-turut. Setelah itu, Eigerian harus beristirahat selama setidaknya tiga puluh menit.

Jika Eigerian benar-benar lelah, jangan paksakan diri untuk mengemudi. Jika terlalu lama duduk, cari tempat untuk melemaskan otot.

Buat Mudik Nyaman dengan Produk EIGER

Selain menjalankan tips di atas, Eigerian juga bisa melindungi perjalanan mudik saat berpuasa dengan mengenakan pakaian yang melindungi dan membuat tubuh terasa nyaman.

Belanja produk-produk yang bisa buat mudik menjadi aman dan nyaman di eigeradventure.com atau EIGER Store Adventure terdekat di kotamu! 

Belanja di eigeradventure.com atau toko resmi EIGER terdekat di wilayahmu menawarkan beberapa keuntungan bagi Eigerian.

Salah satunya adalah ongkos kirim gratis ke seluruh wilayah Indonesia. Jadi Eigerian tidak perlu khawatir mengenai ongkir yang mahal jika daerah tempat tinggalnya jauh. 

Jangan lupa juga untuk menginstal aplikasi EIGER yang bisa diunduh di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.eiger.eigeradventureapp&hl=en&gl=US&pli=1 untuk Android atau https://apps.apple.com/id/app/eiger-adventure/id6460640350 bagi pengguna iOS. Selamat menjalankan ibadah puasa dan tetap lanjutkan petualanganmu , Eigerian!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru