HomeTips & TrickTravelingOleh-Oleh Khas Padang, dari Makanan Sampai Kerajinan

Oleh-Oleh Khas Padang, dari Makanan Sampai Kerajinan

Yuk liburan lagi Eigerian, saatnya explore keindahan alam Indonesia lagi. Sekarang saatnya kita ke Padang! Ayo siapa dari Eigerian yang belum pernah mengunjungi kota Padang? atau ada rencana untuk liburan ke kota ini? Sebelum berangkat yuk simak oleh-oleh khas Padang yang bisa kamu nikmati dan bawa pulang untuk keluarga dirumah. 

Keindahan alam hingga bangunan-bangunan adat khas bisa kamu nikmati. sambil berjalan-jalan santai bersama keluarga atau sahabat di kota Padang. Kota yang dikenal dengan Malin Kundang dan Siti Nurbayanya ini berbatasan dengan laut dan perbukitan loh. Maka dari itu, Ibu kota provinsi Sumatera Barat ini punya beragam tempat wisata yang memanjakan mata. 

Nah setelah menikmati wisata alamnya, jangan lupa untuk sempatkan mencoba dan membeli oleh-oleh khas Padang. Ada banyak ragam pilihan buah tangan yang bisa kamu beli loh Eigerian. Kalau kamu bingung, yuk simak rekomendasi oleh-oleh khas Padang di bawah ini:

Oleh-Oleh Makanan Khas Padang

1. Galamai

Jika kamu pecinta dodol, mungkin akan menyukai olahan yang satu ini. Tekstur dan rasanya hampir mirip dengan dodol, manis dan legit. Namun yang membedakannya adalah dari segi bahan. Bahan yang digunakan untuk membuat dodol adalah tepung beras ketan, santan, gula aren dan kacang tanah yang disangrai. 

Proses pembuatnya juga hampir mirip dengan dodol loh Eigerian, semua bahan dicampur menjadi satu adonan kemudian di masak di atas kuali besar dan diaduk selama 3 sampai 4 jam. Setelah semua bahan bersatu dan menjadi lengket, adonan bisa diangkat kemudian dipotong-potong saat masih hangat. 

2. Kerupuk Jangek

Apakah Eigerian salah satu orang yang ketika makan harus ditemani dengan kerupuk?Jika iya, kerupuk khas kota Padang ini harus kamu bawa sebagai oleh-oleh. Kerupuk memang cocok disandingkan dengan makanan apapun bukan? Mulai dari bakso, soto, nasi goreng, hingga jadi cemilan saat senggang. 

Kerupuk yang satu ini juga cocok loh kamu jadikan teman makan, kerupuk kulit sapi dengan cita rasa renyah kaya bumbu khas Padang dinamakan Kerupuk Jangek. Bentuknya sangatlah beragam ada yang kotak memanjang, persegi, hingga bentuk lain. Pembuatan Kerupuk Jangek, sama halnya seperti kerupuk kulit pada biasanya. 

3. Karak Kaliang

Kerupuk khas Padang lainya ada Karak Kaliang, kerupuk yang dibuat menggunakan bahan dasar ubi kayu. Kerupuk ini berbentuk angka delapan dengan warna khas kuning. Cara pembuatan oleh-oleh khas Padang yang enak ini adalah dengan mengambil ubi kayu lalu dikupas kulitnya, habis itu ubi harus dicuci sampai bersih dan diparut sampai menghasilkan tepung ubi.

Adonan yang sudah tadi di aduk dan diuleni sampai kalis, lalu dibentuk angka delapan yang nantinya di goreng pada minyak panas. Cita rasa gurih dan asin akan kamu rasakan dari campuran bawang putih dan garam. 

4. Karupuak Sanjai

Nah salah satu makanan khas lainnya dari Padang ada keripik singkong. Bukan keripik singkong biasa, keripik ini dinamai Karupuak Sanjai. Terdapat 3 varian rasa keripik ini, mulai dari keripik tawar, yang tidak menggunakan bumbu, asin dengan warnanya yang kuning, dan terakhir pedas atau keripik balado. 

Keripik asin dibuat menggunakan bumbu-bumbu bawang putih, garam, dan kunyit yang membuatnya memiliki warna kuning. Sedangkan keripik balado dibuat dengan bawang merah, bawang putih, gula pasir, dan yang utama cabai. Menarik bukan?

5. Ampiang Dadiah

Dadiah atau dadih adalah jenis makanan yang berbentuk yoghurt. Dibuat dari susu kerbau, makanan ini dibuat secara tradisional khas Minangkabau. Tanpa pengaruh cara-cara modern, Ampiang Dadiah dibuat secara tradisional dengan menggunakan bahan sederhana. 

Ampiang Dadiah ini adalah olahan susu fermentasi yang memiliki kandungan yang baik. Salah satunya mengandung asam laktat, makanan ini mampu mencegah macam-macam penyakit, menurunkan kadar kolesterol dan kanker usus, dan meningkatkan daya tahan tubuh. 

Baca Juga: 10 Oleh Oleh Khas Bandung Ini Wajib Dibawa Pulang

Daftar Kerajinan yang Jadi Oleh-Oleh Khas Padang

1. Mukenah Kerancang 

Saat kamu berkunjung ke Padang, selain makanan kamu bisa juga membeli barang yang satu ini; Mukenah. Mukenah ini memiliki desain dan model yang berbeda loh dengan mukenah pada umumnya. Salah satu yang membuatnya mencolok adalah terdapat lubang kecil yang merupakan hasil sulaman kain. Motif dari mukenah ini juga sangat cantik dan beragam, mulai dari motif tumbuhan, hingga kaligrafi. 

2. Kain Songket 

Salah satu jenis kain tradisional dari Padang adalah Kain Songket. Dengan motif beragam yang indah, kain ini bisa kamu mix and match bersama kebaya favoritmu. Sebenarnya, kain songket khas Padang sangat beragam loh Eigerian. Salah satu yang paling terkenal yaitu Songket Minangkabau. Songket jenis ini bisa kamu temukan di Siluangkang atau Pandai Sikek. Dengan motif dan kualitas yang terjamin, harga kain songket ini pun cukup mahal. 

3. Saluang

Nah untuk Eigerian yang hobi memainkan alat musik, bisa coba memainkan salah satu alat musik ini. Bentuknya mirip dengan suling, dibunyikan dengan cara ditiup dan terdapat 4 lubang untuk mengatur suara. Sulit untuk menciptakan bunyi yang harmonis dan enak di dengar. 

Ada banyak teknik untuk memainkanya, bahkan antar daerah bisa berbeda loh bunyi yang dihasilkan. Ketika pertama memainkanya mungkin akan terasa sulit namun, menurut orang-orang Minangkabau, siapa saja yang punya pernapasan teratur dan mau melatihnya, sudah pasti bisa untuk memainkannya.

Sebelum Jalan-Jalan ke Padang, Yuk Siapkan Outfit Terbaikmu! 

Dapatkan berbagai kebutuhan liburanmu dari EIGER Adventure yuk. Ada berbagai pilihan outfit loh mulai dari atasan pria wanita, celana, rompi, jaket sampai tas dan sepatu. Nggak perlu ribet keluar rumah, persiapkan liburanmu dari rumah dengan belanja di eigeradventure.com 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments