HomeTips & TrickMountaineeringMengenal Tugas dan Tanggung Jawab Pemandu Gunung

Mengenal Tugas dan Tanggung Jawab Pemandu Gunung

Dari sekian banyak Eigerian yang membaca dan mengikuti setiap artikel yang ada di Eiger Adventure, tidak sedikit tentu yang masih menunggu kesempatan yang tepat untuk melakukan pendakian pertama. Untuk urusan ini, sebenarnya persiapan yang matang bisa mulai dilakukan, dan kemudian Eigerian bisa mencari informasi mengenai pemandu gunung yang ada di lokasi yang diinginkan.

Yap, pemandu gunung adalah seseorang yang memiliki pengalaman mumpuni dalam urusan ini, dan memiliki banyak skill yang diperlukan untuk mendampingi pendakian. Jadi tidak hanya ulung dalam mendaki, mereka juga secara khusus mengembangkan kemampuan yang dimilikinya untuk mendampingi pendaki baru yang belum berpengalaman.

Baca Juga: Melakukan Mountain Trekking, Jangan Lupa Pakai Trekking Pole!

Penasaran dengan Tugas dan Tanggung Jawabnya?

pemandu gunung
Sumber: Eiger Adventure

Tidak main-main, tugas dan tanggungjawab pemandu gunung tidak sekedar menemani pendaki berangkat dan memastikan semuanya pulang dengan selamat sampai ke basecamp. Lebih luas, sederet tugas dan tanggung jawab yang dimiliki oleh orang yang melakukan pekerjaan ini adalah sebagai berikut.

  • Mempersiapkan pendakian yang sudah diagendakan, dengan mempelajari dan memahami peta kawasan. Kemudian melakukan identifikasi risiko yang ada, dan melakukan perencanaan rute pendakian
  • Menjelaskan setiap prosedur keselamatan bagi peserta pendakian yang akan turut sebelum pendakian dan selama pendakian berlangsung
  • Memberikan materi pada peserta tentang keselamatan gunung dan teknik bertahan hidup jika terjadi keadaan darurat yang diluar perhitungan
  • Mempersiapkan peralatan yang diperlukan dalam pendakian, khususnya peralatan yang digunakan untuk keperluan dalam perjalanan. Sebelumnya menginfokan juga alat dan barang yang idealnya dibawa untuk menunjang kegiatan pendakian yang akan dilakukan
  • Memimpin kelompok pendaki dalam perjalanan dan menggunakan peralatan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan secara ideal
  • Memberikan panduan pada peserta pendakian untuk melewati medan-medan sulit, sehingga peserta pendakian tetap terjaga keselamatannya selama perjalanan berlangsung
  • Memberikan pertolongan pertama pada pendaki yang mengalami cedera, dan mengevakuasi ke lokasi yang telah ditentukan. Pada perjalanan, memastikan tidak ada pendaki yang tertinggal atau salah jalur pendakian
  • Menghindarkan pendaki dari risiko pendakian yang mungkin muncul dengan melakukan berbagai cara agar dampak yang diterima bisa ditekan seminimal mungkin
  • Senantiasa memberikan motivasi dan semangat pada pendaki agar tetap teguh melalui perjalanan sampai ke tujuan, dan kembali ke basecamp titik keberangkatan
  • Memiliki fisik dan mental yang kuat untuk menghadapi kondisi darurat yang belum pernah dihadapi oleh pendaki pemula

Cukup panjang dan besar bukan tugas dan tanggung jawab pemandu pendaki ini? Pada beberapa kasus, pemandu juga menyediakan jasa membawakan barang yang akan digunakan. Pelaku pekerjaan ini tidak jarang disebut dengan porter, yang jasanya banyak digunakan untuk meringankan beban pendakian dalam bentuk barang.

Untuk Menunjang Semua Tugas Tersebut, ini Skill Ideal yang Harus Dimiliki Pemandu Pendaki

pemandu gunung
Sumber: Eiger Adventure

Jika dicermati, cukup banyak skill yang dibutuhkan untuk menjadi seorang pemandu gunung. Ini kenapa kau perlu mencari pemandu yang benar-benar menguasai skill berikut, supaya membuat perjalanan dan pendakianmu semakin nyaman.

1. Manajemen Perjalanan

Skill pertama jelas adalah manajemen perjalanan. Mulai dari perencanaan, pengaturan tempo berjalan, pemilihan jalur, alokasi logistik, pembagian barang bawaan, hingga menentukan waktu yang tepat untuk beristirahat. Perlu pengalaman yang bak untuk memiliki skill ini.

Manajemen perjalanan juga mencakup jalur balik, dan semua evaluasi yang diperlukan setelah melakukan pendakian. Dengan memilih pemandu gunung yang tepat, kamu bisa mendapatkan pengalaman pendakian yang berkualitas, dan membuatnya berkesan.

2. Pertolongan Pertama Gawat Darurat

Pemahaman pada pertolongan pertama gawat darurat juga menjadi skill yang wajib dipastikan pada pemandu saat pendakian. Tentu semua orang berharap tidak harus berhadapan dengan keadaan darurat. Namun ketika hal yang tidak diinginkan terjadi, pemandu gunung harus bisa menanganinya dengan baik.

3. Kemampuan Navigasi Darat

Tidak hanya harus memahami arah mata angin, tapi pastikan pemandu yang kamu pilih juga menguasai kemampuan navigasi darat. Pemahaman pada medan yang akan dilalui jadi hal mutlak, dipadukan dengan kemampuan membaca peta dan menilai kondisi cuaca.

Pada kondisi tertentu ketika mengalami disorientasi medan, seorang pemandu berpengalaman tidak akan mudah panik karena dapat mendeteksi keberadaan rombongan dan kembali bersama untuk berjalan di jalur yang ditentukan.

4. Skill Bertahan Hidup

Teknik dan kemampuan ini berguna pada waktu-waktu darurat, ketika rombongan harus berhadapan dengan situasi genting. Kemampuan survival ini bisa membantu Eigerian dan rombongan untuk bertahan selama menunggu bantuan datang.

Beberapa kemampuan sederhana yang wajib dimiliki adalah kemampuan membuat api, kemampuan membuat tempat berteduh, kemampuan mengirimkan sinyal ketika tersesat, dan kemampuan mengidentifikasi makanan di alam liar.

Mulai Pendakian Bersama Eiger Adventure!

Memilih pemandu gunung yang tepat bisa membuat perjalanan semakin seru dan berkesan. Bersamaan dengan itu, kamu juga wajib memastikan bahwa semua peralatan pendakian yang kamu pakai berkualitas, solid, dan dapat diandalkan.

Seperti peralatan yang ditawarkan oleh Eiger Adventure. Mulai dari bagian atas alas kaki, semua tersedia. Beberapa produk yang bisa kamu pilih antara lain adalah sebagai berikut.

Eiger Anaconda 2.5 Shoes

pemandu gunung
Sumber: Eiger Adventure

Dengan model low cut, sepatu keren ini tersedia hingga ukuran 45. Harganya terjangkau, yakni Rp1.069.999, dan dijamin bisa melindungi bagian kaki dan memberikan pijakan yang erat saat pendakian.

Matras Cacing

pemandu gunung
Sumber: Eiger Adventure

Menjadi salah satu perlengkapan standar yang idealnya kamu punya, produk ini bisa dibawa pulang dengan harga hanya Rp106.900 saja. Matras ini bisa membantu Eigerian menghindari tanah yang terlalu dingin, kotor, atau basah, dan menjadi alas yang memadai untuk beristirahat.

Eiger Hikeover 45 Cordura 1.0 Carrier

pemandu gunung
Sumber: Eiger Adventure

Memiliki kapasitas 45 liter, tas carrier ini cocok untuk dibawa mendaki gunung. Dengan kualitas produk yang tidak perlu diragukan lagi, kamu bisa memilih dua warna yang tersedia. Harganya adalah Rp1.799.000.

Eiger Stromble Padded Jacket 1.0

pemandu gunung
Sumber: Eiger Adventure

Jaket ini cocok untuk memberikan rasa hangat dan nyaman ketika kamu melakukan pendakian, dan berkemah di gunung. Tersedia dari ukuran XS hingga XXXL, harganya hanya Rp682.899 saja.

Baca Juga: Kenali 12 Ciri Ciri Kekurangan Oksigen saat Mendaki Gunung 

Itu tadi sekilas bahasan singkat tentang pemandu gunung yang wajib dipahami jika kamu ingin menggunakan jasanya. Dengan ditemani pemandu yang tepat, pendakian perdana Eigerian akan terasa semakin seru dan tentunya aman, berkat kemampuan yang dimiliki.

Selain mengetahui informasi tentang pemandu gunung yang tepat, Eigerian juga sebaiknya menggunakan perlengkapan berkualitas seperti yang disebutkan di atas. Kamu bisa membelinya di situs resmi Eiger Adventure, untuk mendapatkan benefit gratis ongkir, harga terbaik, jaminan produk ori, serta opsi pembayaran sesuai dengan keinginanmu!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru