HomeTips & TrickMountaineeringSandal Gunung Jepit Mendaki? Cermati Artikel Ini Dulu

Sandal Gunung Jepit Mendaki? Cermati Artikel Ini Dulu

Penggunaan peralatan yang mendukung dan tepat sesuai dengan kegiatan jadi krusial, manakala Eigerian ingin melakukan pendakian. Tidak hanya jaket, tas, dan perlengkapan memasak dan perbekalan saja, sandal gunung jepit juga menjadi salah satu item yang bisa dibawa untuk mendukung pendakian.

Memang sebenarnya cukup banyak pro dan kontra terkait penggunaan sandal gunung jepit dalam konteks pendakian. Tapi setiap hal pasti punya manfaat dan fungsi ketika diciptakan bukan? Apa lagi dengan nama yang cukup spesifik dan cenderung nyaman digunakan, sandal ini juga banyak dipakai untuk aktivitas sehari-hari.

Baca Juga: Panorama Gunung Terbaik di Indonesia, Cek Daftarnya di Sini!

Apa Sih Fungsi Sandal Gunung Jepit Sebenarnya?

sandal jepit gunung
Sumber: freepik.com

Sandal gunung jepit sendiri memiliki desain yang cenderung kokoh, solid di bagian bawahnya, dan cukup ‘memeluk’ di bagian atasnya. Dengan desain ini, kenyamanan dapat diperoleh ketika Eigerian menjelajah .

Fungsi utama dari sandal ini sebenarnya adalah untuk kegiatan trekking atau pendakian ringan, di area-area yang memiliki medan dengan karakter mudah dan tidak terjal. Hal ini karena perlindungan yang diberikan terbilang minimal, dan area kaki cukup terbuka pada risiko masuknya batuan, tergores benda-benda di alam, dan perlindungan pada engkel kaki yang sekedarnya.

Maka dari itu, penggunaan sandal gunung model seperti ini cenderung direkomendasikan untuk kegiatan sehari hari di area perkotaan, atau trekking ringan di medan yang tidak terlalu terjal dan berbatu. Dapat memberikan pijakan solid, sandal model ini bisa kamu andalkan untuk berbagai kegiatan.

Bagian alasnya yang solid dan padat bisa melindungi telapak kaki dari benda tajam, tergelincir saat melangkah, dan pijakan yang tidak seimbang saat menjelajah. Selain itu image dari sandal gunung sendiri banyak dijadikan lambang petualangan dan kemandirian, fleksibel tapi tetap kuat.

Waktu yang Tepat Menggunakan Sandal Gunung Jepit

sandal jepit gunung
Sumber: freepik.com

Lepas dari pro dan kontra yang harus Eigerian perhatikan saat akan membawa sandal gunung jepit dalam aktivitas, sebenarnya tetap ada waktu dan momen yang tepat untuk menggunakan sandal tipe ini.

  • Pertama, saat pendakian atau trekking atau hiking yang dilakukan tidak memiliki durasi panjang atau memiliki jalur yang pendek dan cenderung mudah, tidak berbatu, tidak masuk ke area hutan yang rapat, dan memiliki banyak jalur buatan manusia
  • Kedua, saat Eigerian telah benar-benar menguasai jalur pendakian atau trekking yang akan dilalui. Beberapa sumber mengatakan bahwa sandal gunung jepit menjadi andalan warga lokal yang telah memahami benar area pendakian
  • Ketiga, untuk kegiatan luar ruang lain yang memiliki risiko cenderung rendah
  • Keempat, untuk pemakaian harian di area perkotaan. Penjelajahan di area ini akan terasa nyaman dengan penggunaan sandal gunung sebagai pijakannya
  • Kelima, saat tugas dan beraktivitas di sekitar tenda yang sudah didirikan

Ada lagi yang ingin Eigerian tambahkan? Eigerian bisa dengan mudah menuliskannya di kolom komentar.

Selain rekomendasi penggunaan, beberapa hal lain juga wajib kamu perhatikan sebelum menggunakannya. Ada sederet risiko yang harus disadari, agar kamu bisa benar-benar tahu apa yang harus dihadapi dan tepat saat mengambil keputusan,

  • Risiko terjadinya cedera akibat benda tajam, batu, ranting, benturan, salah pijakan, dan sebagainya. Hal ini karena permukaan yang ditutupi oleh sandal gunung tidak menyeluruh, dan tidak terdapat ankle support untuk memberikan dukungan pada engkel
  • Suhu dingin yang dirasakan di bagian kaki. Pendakian sering membawa kamu pada area dengan suhu rendah, sehingga rawan mengalami hipotermia. Meski sudah ditutupi dengan kaos kaki, tapi perlindungan pada suhu ini jauh kalau kamu membandingkannya dengan sepatu pendakian
  • Secara umum, risiko pada cedera dan gangguan saat pendakian menjadi lebih tinggi karena proteksi yang dimiliki cenderung rendah

Keuntungan berupa bobotnya yang ringan dan cepat kering jelas tidak bisa dikesampingkan. Tapi untuk memutuskan membawanya dalam pendakian, pertimbangkan dengan baik dan pahami resikonya ya!

Tips Menyimpannya Agar Awet

sandal jepit gunung
Sumber: freepik.com

Nah, supaya sandal gunung yang kamu punya tetap awet dan nyaman dipakai, ada beberapa tips lho yang sebenarnya sederhana tapi membawa pengaruh besar. Secara singkat, berikut tipsnya.

  • Pilih sandal gunung jepit yang tepat, yang terjamin kualitas dan mutunya
  • Selalu jaga kebersihan sandal. Bersihkan setelah digunakan menggunakan air bersih dan sikat dengan lembut
  • Keringkan sandal yang kamu punya di suhu ruangan dan cukup diangin-anginkan saja
  • Selalu periksa bagian tali sandal, dan perbaiki kalau terlihat ada kerusakan
  • Gunakan sewajarnya sesuai dengan peruntukannya
  • Simpan dengan baik di suhu ruang, atau masukkan ke dalam tas penyimpanan setelah benar-benar kering
  • Kalau perlu, pakai produk perawatan khusus sandal gunung yang bisa kamu dapatkan di e-commerce atau tempat lainnya

Siap Menjelajah Bersama Eiger Adventure

Beberapa produk sandal gunung jepit bisa kamu dapatkan di situs resmi Eiger Adventure dengan kualitas yang sangat baik.

Eiger Caldera Pinch 2.0 Sandals

sandal jepit gunung
Sumber: Eiger Adventure

Tersedia dari ukuran 38 hingga 45, produk ini serbaguna dan bisa dipakai saat berkegiatan setiap hari. Bagian upper strap menggunakan polyester webbing strap dengan outsole berupa rubber, memberikan kombinasi kenyamanan dan pijakan solid di harga Rp 215.100.

Eiger Tomahawk Pinch Strap pattern 1 Sandal

sandal jepit gunung
Sumber: Eiger Adventure

Dilengkapi dengan strap di bagian engkel dan tumit, sandal ini bisa kamu pakai untuk kegiatan sehari-hari dan melakukan aktivitas di base camp tempat mendirikan tenda. Footbed-nya berbahan EVA, dengan bagian sol solid yang berbahan rubber untuk cengkraman lebih baik pada pijakan.

Eiger Ugimba Pinch Strap OS Pattern 1 Sandal

sandal jepit gunung
Sumber: Eiger Adventure

Salah satu produk yang laris di store milik Eiger Adventure, sandal ini tersedia hingga ukuran 45. memiliki daya tahan yang kuat untuk pemakaian harian dan kegiatan di sekitar tenda, kamu bisa mendapatkan fitur X-Ground Control pada bagian outsole yang memberikan grip baik untuk permukaan di alam terbuka.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Sesak Nafas saat Pendakian, Simak di Sini! 

Itu tadi sekilas informasi mengenai sandal gunung jepit, rekomendasi penggunaan, dan poin yang perlu diperhatikan dalam penggunaannya. Tentu sebagai Eigerian, kamu wajib paham hal ini supaya kegiatan pendakian atau trekking yang dilakukan selalu lancar. Untuk mendapatkan produk Eiger Adventure, kamu bisa langsung mengklik nama produk di atas dan berbelanja di situs resminya. Dapatkan benefit jaminan produk ori, harga terbaik, gratis ongkir, serta opsi pembayaran dengan berbagai metode yang tersedia untuk setiap pembelian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru