HomeTips & TrickTraveling7 Tips Melakukan Skydiving Indonesia dan Spot Lokasi Terbaik

7 Tips Melakukan Skydiving Indonesia dan Spot Lokasi Terbaik

Pernahkah EIgerian mendengar istilah skydiving? Menurut arti katanya, skydiving adalah menyelam di langit atau kegiatan meluncur dan melayang bebas di atas langit yang dilakukan bersama profesional. Meskipun terbilang ekstrem dan menantang adrenalin, ternyata ada banyak pilihan melakukan skydiving Indonesia, lho!

Jenis olahraga ekstrem di udara ini membutuhkan keberanian yang besar, perlengkapan yang harus lengkap, dan biaya yang cukup banyak. Selain mendapatkan arahan dan bekal pengetahuan sebelum meluncur melalui kursus, pastikan kondisi tubuh benar-benar sehat dan tidak memiliki riwayat penyakit tertentu, seperti jantung dan asma. Hal ini penting untuk mencegah risiko keselamatan yang bisa terjadi saat melayang di udara.

Waktu untuk skydiving memang cukup singkat mulai dari dari meluncur, terjun dari udara, melayang sampai mendarat dengan selamat di daratan. Namun pengalamannya sungguh benar-benar mengesankan! 

Barangkali kamu dan teman-teman tertarik untuk skydiving Indonesia dalam waktu dekat, berikut rekomendasi tempat skydiving terbaik serta tips keselamatannya! 

Rekomendasi Tempat Skydiving di Indonesia yang Menantang Adrenalin

Berikut adalah daftar lokasi skydiving Indonesia yang menawarkan pengalaman terbaik terjun dan melayang di udara!

1. Matantimali, Sulawesi Tengah

Matantimali adalah salah satu destinasi wisata ekstrem skydiving terbaik di Asia, yang wajib wajib kamu singgahi saat berada di Sulawesi Tengah. Menyajikan pemandangan alam yang menakjubkan, akan membuatmu betah berlama-lama terbang menikmati langit di sana. 

Meski EIgerian bisa terbang kapanpun sepanjang tahun di Matantimali, namun pastikan selalu cari informasi cuaca terlebih dahulu ya, karena cuacanya terbilang cukup dinamis. 

2. Nusawiru Paracenter, Jawa Barat

Nusawiru Paracenter dikenal sebagai drop zone sipil pertama yang ada di Indonesia. Lokasinya ada di Kondangjajar, Cijulang, Pangandaran, Jawa Barat dan menjadi salah satu tempat terjun payung paling terkenal di Indonesia dengan pemandangan pantai selatan. 

Ada banyak fasilitas lengkap yang tersedia mulai dari persewaan dan penjualan gear untuk skydiving, didampingi instruktur terlatih, hingga peralatan tali dan kabel, packing area, hingga dokumentasi

Kamu akan dibawa terbang tinggi dengan menggunakan pesawat kecil, kemudian setelah mencapai ketinggian tertentu dan memakai peralatan lengkap, langsung terjun bersama tandem profesional. Untuk merasakan pengalaman ekstrem ini, kamu perlu menyiapkan biaya sekitar Rp4,5 juta.

Sumber: Nusawiru Paracenter

3. Danau Lido, Jawa Barat

Dapatkan sensasi pengalaman terjun payung di atas hamparan Danau Lido yang indah. Lokasi skydiving yang pernah menghelat kejuaraan parasut bertaraf internasional ini ada di Watesjaya, Cigombong, Bogor Jawa Barat.

Tak hanya skydiving yang menjadi daya tariknya, kawasan Danau Lido juga memiliki resort yang cukup menarik untuk tempat istirahat para traveler. 

Bagi Eigerian yang tertarik skydiving di atas Danau Lido, siapkan biaya sekitar Rp3 jutaan untuk tandem jump. Uniknya, tempat skydiving ini menawarkan fasilitas perekaman selama kamu terjun di udara dengan merogoh kocek sekitar Rp700 ribu. 

Harga yang relatif cukup terjangkau dan worth it dengan pengalaman luar biasa yang akan Eigerian terima. 

4. Pangandaran, Jawa Barat

Pangandaran terkenal akan keindahan pantai selatannya yang menjadi destinasi populer bagi wisatawan lokal. Selain karena keindahan alamnya, Pangandaran menjadi tempat skydiving Indonesia paling terkenal. 

Kawasan pantai pasir hitam Pangandaran memiliki keindahan mempesona dan menjadi lokasi paket kursus skydiving selama beberapa hari. Biaya yang dikeluarkan mencapai Rp25 juta mencakup paket belajar, makan, akomodasi, video akomodasi, hingga asuransi. 

Setelah menyelesaikan kursus, peserta akan menerima sertifikat Free Fall. Terbang di atas ketinggian 10.000 kaki, kamu akan berkesempatan mencoba terjun payung dengan pelatih berlisensi. 

5. Indoor Skydiving, Bali

Jika EIgerian belum berani untuk memutuskan skydiving dengan terjun langsung dari ketinggian ekstrem, cobalah indoor skydiving yang lebih aman buat pemula. Di Bali ada spot indoor skydiving Indonesia yang mana kamu akan merasakan sensasi melayang di udara meskipun tidak sedang berada di ketinggian.

Indoor skydiving di Bali Brasco Jalan Sunset bisa kamu coba dalam waktu dekat. Nantinya, kamu akan masuk ke dalam sebuah tabung yang mana tubuhmu akan didorongdidorng oleh angin yang begitu kencang dari bawahnya, dan kamu akan terbang! Sensasi tubuh melayang ini dijamin cukup aman.

Itulah beberapa rekomendasi lokasi skydiving Indonesia yang menarik dan pastinya menantang adrenalin. Catat dan agendakan untuk mencoba aksi ekstrem iniinii di waktu dekat, ya!

Tips Keselamatan saat Melakukan Skydiving

1. Batasan Usia Minimal 18 Tahun

Secara umum, untuk dapat melakukan skydiving harus memenuhi persyaratan usia dan berat badan tertentu. Menurut United States Parachute Association (USPA), organisasi yang mengawasi terjun payung di AS dan seluruh dunia, usia minimum untuk melakukan terjun payung adalah 18 tahun. 

Pembatasan ini tidak serta merta dilakukan untuk mendiskriminasi, namun diberlakukan untuk menjaga keselamatan diri skydiver. 

2. Kondisi Fisik Harus Baik dan Sehat

Fisik juga harus dalam kondisi yang sehat untuk menghadapi tekanan saat terjun bebas dan terbang di udara. Kondisi fisik yang sehat ini mencakup fleksibilitas, kekuatan inti tubuh, reaction time, dan kewaspadaan secara mental yang baik.

Selama melakukan skydive kamu akan mengandalkan kekuatan dan kelenturan tubuh yang baik agar selamat saat terjun, mengudara, hingga mendarat. 

Selain mempersiapkan kekuatan tubuh, fokuslah pada sistem pernapasan untuk mengendalikan rasa takutmu. Tarik napas dalam-dalam, masuk melalui hidung dan keluarkan melalui mulut. Begitu detak jantung mulai stabil, pikiran secara turut menjadi lebih terkendali. 

3. Kenakan Pakaian yang Nyaman

Setelah memastikan fisik dalam kondisi baik, pastikan kamu memakai pakaian yang nyaman saat melakukan skydiving. Mengenakan pakaian yang salah tentunya dapat mengganggu sensasi melompat di udara. Pada saat cuaca cerah, kenakan pakaian sporty yang ketat atau fit body, misalnya celana pendek (short pants), legging, dan tanktop.

Jangan menggunakan pakaian yang longgar saat akan terjun di udara karena bisa mengganggu laju pergerakanmu di udara. Selain memakai pakaian yang fit body, hindari gunakan alas kaki atau sepatu yang ukurannya pas dan tidak longgar agar tidak terlepas di udara.

Saat akan terjun dari udara, instruktur akan memintamu memakai jumpsuit dan kacamata pelindung. Jika aturan pakaian sudah terpenuhi, sekarang bersiap untuk meluncur dengan aman di udara!

4. Pahami dan Laksanakan Aturan Skydiving

Eigerian harus mengetahui dan melaksanakan aturan yang berlaku baik sebelum dan saat aktivitas skydiving. Baca semua persyaratan dan ketentuan skydiving yang ditujukan untuk keselamatan.

Sumber: traveltodayindonesia.com

5. Perhatikan Arahan Instruktur dengan Baik

Mendengarkan dan mengikuti setiap instruksi dari instruktur berpengalaman sangat penting kamu lakukan. Peralatan skydiving sudah mereka siapkan dengan baik dan tentunya mereka bertanggung jawab atas keselamatanmu.

Maka percayakan sepenuhnya pada instruktur agar keamanan semakin terjamin. Jika ada beberapa hal yang masih kamu ragukan sebelum nantinya terjun dari ketinggian, coba tanyakan dan diskusikan dengan instruktur. 

6. Tenang saat Terbang di Udara

Buang rasa khawatir dan takut saat akan memulai skydiving. Setelah melewati kursus yang dan persiapan yang matang, kamu akan terjun bersama instrukturmu. 

Kuatkan tekad, kepercayaan diri, tetap berpikir tenang, dan hindari pikiran buruk. Di awal kamu refleks menutup mata dan seketika merasakan adrenalin terjun di ketinggian. Ikuti setiap arahan instruktur dan nikmati pengalamanmu melayang di udara sembari takjub akan keindahan alam yang kamu lihat dari atas!

7. Saat akan Mendarat, Angkat Kakimu

Cedera paling umum yang terjadi saat terjun payung biasanya berupa pergelangan kaki terkilir atau bahkan patah kaki. Kebanyakan cedera yang terjadi pada proses pendaratan ini terjadi karena ketidakmampuan skydiver untuk mengangkat kaki.

Maka pada saat akan mendarat, instruktur akan mendaratkan kakinya terlebih dahulu. Kemudian barulah kamu mengangkat kaki dan menahannya agar instruktur bisa mendarat di tanah terlebih dahulu. Jika dilakukan dengan benar, guncangan tidak akan terasa dan kaki tidak akan terbebani. 

Baca juga: Uji Adrenalinmu dengan Coba Permainan Seru Flying Fox di Alam

Skydiving Lebih Seru dengan Produk EIGER

Skydiving di Indonesia menawarkan pengalaman tak terlupakan di lokasi-lokasi yang indah dan eksotis. Jika kamu masih pemula dan tertarik untuk menjajal olahraga ekstrem ini, ikuti kursus skydiving, persiapkan biaya, dan jalankan pedoman terjun payung yang sudah diberikan oleh instruktur berpengalaman.

Saat prepare mengikuti pelatihan skydiving hingga hari H terjun dari ketinggian, pastikan kamu menggunakan produk original dari website EIGER Adventure Official. Mulai dari pakaian, kaos nyaman, celana, sepatu, kacamata, tas, jaket, topi, jam tangan, dan masih banyak lagi yang akan mendukung aktivitas outdoor semakin nyaman!

Seluruh produk Eiger terbuat dari bahan berkualitas. Belanja produk EIGER original secara online di website Eiger Adventure Official atau marketplace resmi kami semakin mudah dengan banyak metode pembayaran yang bisa kamu pilih. Juga dapatkan keuntungan gratis ongkos kirim ke seluruh wilayah di Indonesia! 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru