HomeNews & InfoSosok Franky Mory, Seorang Motorcycle Builder

Sosok Franky Mory, Seorang Motorcycle Builder

Sosok Franky Mory merupakan sosok pendiri Street Demon Indonesia sekaligus Yasashii Garage Bandung. Franky Mory mulai tertarik pada dunia costume culture semenjak tahun 2000.

Ia mengungkapkan bahwa dunia custome culture sangat berbeda dengan dunia otomotif maupun motor club lainnya. Berdasarkan penuturan Franky Mory, custom culture lahir di California. 

Usai tahu tentang custom culture, Franky Mory mulai tertarik untuk mewujudkan keinginan dan hobinya dalam dunia motor. 

Tahun ke tahun mulai bergulir, tepat pada tahun 2002 Franky Mory mulai berencana untuk membuat motor custom. Kala itu, ia juga mulai belajar tentang dunia motor custom. 

Ditambah lagi, di tahun yang sama Franky Mory bertemu dengan tiga orang teman. Mereka adalah founder dari Street Demon Indonesia.

Rasa tertariknya di dunia motor custom diwujudkan dengan Franky Mory yang di Jepang. Di sana, pria ini mulai mengembangkan custom culture dengan membangun sebuah komunitas. 

Seiring berjalannya waktu, jumlah anggota komunitas akhirnya semakin berkembang menjadi empat hingga lima orang.

Akhirnya, Franky Mory berniat untuk memiliki bengkel sendiri. Tentu semua itu bermula dari komunitas yang dibangun oleh Franky Mory.

Sudah terhitung sampai 17 tahun, kini Franky Mory berhasil mendirikan Street Demon Indonesia.

Baca juga: Sosok Eiger Friends Berpengaruh di Kegiatan Alam Bebas

Puncak Karier Franky Mory 

Karier Franky Mory yang paling membanggakan menurutnya adalah jika karyanya bisa diapresiasi oleh banyak orang. Hal ini terbukti pada tahun 2012, 2013, hingga 2014 dengan berbagai ajang kustomfest yang diikuti.

Kemudian, ajang kustomfest yang diikuti juga selalu menang. Dalam menggapai semua prestasi yang ada, diperlukan sebuah konsistensi untuk mewujudkannya.

Proyek Franky Mory ke depannya

Proyek  yang ingin dijalankan ke depannya, yaitu bersama Street Demon Indonesia tetap akan melaksanakan agenda. 

Acara selanjutnya yang akan dilaksanakan adalah acara Munggahrun. Acara Munggahrun adalah acara yang diselenggarakan untuk menyambut datangnya bulan Ramadan.

Setelah bulan Ramadan, kita akan menyambut hari lebaran. Selanjutnya ada Lebarrun yang akan dihelat setelah Lebaran. 

Usai itu, akan diadakan lagi Street Demon Agustus Run. Selanjutkan akan ada lagi Street Demon Liburrun. Setelah Liburrun, baru dilanjutkan ke Munggahrun ini. 

Baca juga: Kenali 4 Pendaki Solo Tangguh Dunia & Tips Pendakian Aman

Apa itu Motor Custom?

Sesuai namanya, motor custom adalah kendaraan roda dua yang dirancang dengan spesifikasi yang disesuaikan atau kustomisasi. Motor custom umumnya dibangun dari satu basis motor tertentu, baik itu hanya diambil rangka atau mesinnya saja. 

Sementara itu, dapur pacu yang dipakai merupakan unit yang diciptakan oleh pabrikan motor. Komponen ini seringkali menjadi dasar karena peranti mekanis ini membutuhkan kualitas pembuatan seperti pabrikan demi menunjang performa motor kustom.

Walaupun motor custom dimodifikasi secara utuh, umumnya format yang digunakan adalah mengubah desain bodi menjadi sesuai dengan keinginan konsumen. Mulai dari situ, builder akan merancang desain baru berbasis mesin maupun rangka yang sudah disepakati.

Apa Saja Jenis Motor Custom?

Setelah mengetahui definisi motor custom, berikut jenis-jenis motor custom.

1. Brat Cafe

Brat cafe merupakan pengembangan dari Cafe Racer. Pembeda utama dari dua jenis motor custom itu ada di bagian buritan dan joknya.

Cafe Racer memiliki sebuah hornet, sementara Bratcafe memakai jok rata sehingga tampak seperti papan skateboard.

2. Cafe Racer

Cafe Racer adalah salah satu jenis motor custom yang paling populer di Indonesia. Seperti namanya, Cafe Racer memiliki gaya balap liar seperti jaman dulu. Gaya Cafe Racer disukai karena tak terlalu sulit diadopsi ke jenis motor pabrikan yang ada untuk dikustomisasi.

Ciri utama dari Cafe Racer, yaitu menggunakan stang jepit, jok tunggal dengan buntut tawon, hingga menggunakan lampu bulat. Oleh karena dibuat untuk Eigerian yang menyukai kecepatan, umumnya posisi riding akan menunduk sehingga kurang nyaman saat berkendara dalam waktu yang lama.

3. Brat Style

Brat Style adalah jenis motor custom yang dibuat untuk berboncengan. Nama Brat Style bersumber dari sebuah bengkel modifikasi yang berada di negara Jepang.

Bengkel modifikasi ini mempunyai karakteristik tersendiri terhadap motor-motor yang dimodifikasi. Maka itu, tidak sedikit orang yang bisa mengetahui dengan mudah bahwa motor Brat Syle ini adalah hasil modifikasi dari bengkelnya.

Gaya Brat Style memiliki filosofi kesederhanaan. Dengan begitu, gaya ini adalah satu gaya yang sangat cocok untuk dijadikan sebagai pilihan Eigerian penyuka motor custom ketika berkendara santai. 

3. Bobber

Bobber merupakan gaya motor custom yang sangat populer di Amerika pada tahun 1920-an. Lalu, jenis motor modifikasi ini dipakai pada motor moge Harley Davidson.

Seiring berjalannya waktu, sekarang sudah banyak model motor yang menerapkan berbagai jenis motor bobber dari berbagai merek.

Pesan untuk Eigerian dari Franky Mory

Untuk Eiger Riding, jangan pernah berhenti main, main sesering mungkin, harus sering explore karena alam itu indah. 

Nah, itulah sosok Franky Mory seorang Motorcycle Builder. Ayo belanja perlengkapan traveling di eigeradventure.com atau EIGER Store Adventure terdekat di kotamu! Gratis ongkir, produk original, pembayaran dengan banyak metode, dan punya harga terbaik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru