HomeTips & TrickRidingSpeedometer Kamu Gampang Rusak? Ini 5 Cara Perawatannya!

Speedometer Kamu Gampang Rusak? Ini 5 Cara Perawatannya!

Speedometer adalah alat yang digunakan oleh setiap kendaraan yang bergerak di jalan dan diukur dengan satuan kilometer per jam.

Meski tidak memiliki pengaruh signifikan dalam meningkatkan peforma, adanya komponen yang satu ini dalam motor kamu tetap memiliki fungsi yang penting.

Keberadaan komponen satu ini dapat menjaga kecepatan motor agar tidak terlalu kencang ketika berkendara serta berperan penting dalam mengatur penggunaan bahan bakar.

Pengendara harus memperhatikan speedometer supaya tetap berfungsi dengan baik karena selain memberikan informasi tentang jumlah bahan bakar yang tersedia di tangki, juga berfungsi sebagai indikator nyalanya lampu utama dan sein. 

Sangat penting untuk memastikan bahwa bagian ini berfungsi dengan baik dan dirawat dengan baik agar tidak menimbulkan masalah. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

Penyebab Speedometer Rusak

Jika jarum atau angka di speedometer motor kamu tidak bergerak meskipun motor bergerak, itu berarti speedometer kamu mati.

Tanda lain bahwa komponen ini mati adalah apabila jarum speedometer naik turun saat motor bergerak.

Ada beberapa faktor yang membuat speedometer motor kamu menjadi rusak atau mati. Berikut ini penjelasannya!

1. Kabel Speedometer Putus

Sumber: motorplusonline.com

Bagian speedometer terhubung ke berbagai rangkaian kabel. Jika salah satu kabel putus, alat ini akan tidak berfungsi atau mengalami error.

Penyebabnya beragam, bisa karena waktu (motor sudah lama digunakan dan berumur) atau benturan (karena motor habis jatuh).

2. Masalah Pada Gearbox

Dalam beberapa situasi, kerusakan speedometer dapat disebabkan oleh kerusakan gearbox, yang berfungsi untuk menyalurkan tenaga dan daya ke mesin.

Aus, pemasangan yang tidak sesuai, dan faktor lain dapat menjadi penyebab kerusakan ini.

3. Kelistrikan Motor Bermasalah

Speedometer motor kamu mungkin tidak berfungsi karena masalah sistem kelistrikan. Karena itu, speedometer, yang menghitung jumlah rotasi ban, sangat bergantung pada sistem listrik.

Dalam sistem listrik, beberapa sekring mengalirkan arus listrik di dekat terminal positif baterai.

Jika salah satu sekring rusak, semua komponen yang berhubungan dengan listrik, termasuk speedometer, akan mati.

4. Eror di Bagian Magnet

Ada beberapa bagian penting lain dalam speedometer yang membantu menjalankan fungsinya. Salah satunya adalah magnet yang ada di bagian head motor.

Fungsi magnet ini adalah untuk menyalurkan putaran kawat, sehingga dapat menghasilkan gaya gerak listrik yang menggerakkan jarum speedometer.

Baca Juga: Jok Motor Gampang Sobek? Lakukan 5 Cara Ini Agar Tahan Lama

Cara Menjaga Speedometer Tetap Awet

Selain berfungsi sebagai penunjuk kecepatan, speedometer juga memiliki odometer untuk mengukur jarak tempuh sepeda motor.

Oleh karena itu, kita harus memeriksa setiap komponennya di rumah. Berikut cara lengkapnya!

1. Cegah Motor Terkena Sinar Matahari Langsung Saat Parkir

Pertama dan terpenting, hindari menempatkan motor di bawah sinar matahari langsung. Hal-hal kecil seperti ini dapat merusak filter polarizer.

Salah satu tanda kerusakannya adalah tampilan panel yang redup, buram, dan tidak menampilkan informasi dengan jelas.

Jika terpaksa harus parkir di bawah matahari langsung, kamu bisa menutupi panel meter dengan kain atau menggunakan kaca film.

Tingkat ketebalan yang tepat adalah antara dua puluh hingga tiga puluh persen. jangan terlalu tebal karena dapat mengganggu informasi yang ditampilkan di panel meter.

2. Menjaga Kondisi Aki Motor

Untuk menghindari masalah pada speedometer, pastikan untuk mengecek kondisi aki sepeda motor kamu. Cek bagian air zuur apabila menggunakan jenis aki basah.

Aki kering tanpa perawatan tetap bertahan sekitar tiga tahun, tetapi catat tingkat pemakaian.

Jika lebih dari itu, ganti dengan yang baru segera. Selain itu, sangat disarankan untuk melakukan pengecekan aki secara berkala untuk memastikan bahwa tidak ada masalah dengan sambungan dan kelistrikan aki. Cek kondisi aki saat ganti oli.

3. Pakai Anti Gores

Untuk mengurangi kerusakan yang disebabkan oleh goresan benda tajam tanpa disengaja, kamu juga dapat melapisi speedometer motor dengan lapisan anti gores.

Produk seperti ini mudah ditemukan di toko online dan pasar, jadi pastikan untuk menyesuaikan bentuknya sebelum membelinya.

Bagaimana cara memperbaiki speedometer analog alias yang rusak? Secara teknis, paparan sinar matahari tidak menjadi hambatan bagi jenis spidometer ini untuk menggunakan layar LCD.

Namun, goresan masih bisa terjadi dan kerusakan pada kabel juga mungkin.

Oleh karena itu, jika kamu menemukan bahwa informasi di speedometer tidak akurat atau jika speedometer tidak berfungsi sama sekali, kamu harus segera menghubungi bengkel untuk memperbaikinya.

4. Periksa Kondisi Kabel Speedometer

Jika tiba-tiba tidak berfungsi, pertama-tama kamu harus mengecek kabelnya. Kabel ini berfungsi sebagai penghantar arus listrik dari komponen penyusun aki ke saluran listrik speedometer.

Agar arus listrik dapat mengalir dengan baik, kabel penghantar harus dalam kondisi baik. 

Periksa dengan cermat kabel untuk memastikan apakah tidak berfungsi karena tertarik, putus, tertekuk, terselip, atau goresan.

Jika goresan menyebabkan kerusakan pada kabel, pengendara dapat memperbaikinya dengan menggunakan isolasi karet hitam untuk membuatnya berfungsi kembali.

Tapi kerusakan juga sering terjadi karena kabel berkarat. Ini biasanya terjadi karena air yang merembes masuk, tetapi juga bisa karena kabel sudah tua dan perlu diganti dengan yang baru.

Cara paling mudah untuk mengecek kabel adalah dengan melepaskan kabel yang terhubung ke gearbox pada bagian depan sumbu roda.

Jika kamu ingin memeriksa apakah ada karat, kamu dapat melepaskan kabel dari gearbox pada sumbu ban dan kemudian menarik kabel dengan hati-hati. Seringkali, kabel berkarat saat ditarik.

5. Cek Speedometer

Setelah memeriksa kabel, jika tidak ada masalah, periksa komponennya. Beberapa jenis speedometer digunakan pada kendaraan sepeda motor.

Speedometer analog biasanya lebih kompleks dengan kerusakan yang disebabkan oleh komponennya sendiri, tetapi yang jenis digital biasanya rusak karena aki motor yang rusak

Ketika pegas atau spring rusak, informasi kecepatan menjadi salah karena jarum kecepatan salah. .

Jagalah Kondisi Tubuhmu Saat Berkendara

Pastikan Eigerian berkendara dengan perlengkapan yang aman dan nyaman setelah kondisi kendaraan kita sudah baik.

Dalam situasi seperti ini, kita dapat mencoba menggunakan perlengkapan berkendara dari EIGER Adventure Official.

Di website kami, kamu dapat membeli jaket, celana, slayer, sarung tangan, dan peralatan riding EIGER lainnya.

Semua produk dijamin asli, berkualitas tinggi, dan dengan harga termurah.

Belanja online pun tidak perlu khawatir karena ada layanan pelanggan yang tersedia 24 jam sehari.

Selain itu, nikmati berbagai promosi menarik, mulai dari harga spesial hingga diskon gratis ongkir, yang dapat membuat belanja lebih mudah!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru