HomeTips & TrickMountaineeringKenali Teknik-Teknik Dasar Susur Gua, Aktivitas Seru dan Menantang

Kenali Teknik-Teknik Dasar Susur Gua, Aktivitas Seru dan Menantang

Jika Eigerian menyukai aktivitas yang seru dan menantang di alam bebas, susur gua menjadi salah satu aktivitas menarik yang bisa dicoba. Tapi sebelum melakukannya, Eigerian wajib mengenal dan mengetahui struktur gua, seperti apakah gua akan disusuri termasuk vertikal atau horizontal. Sebab itu berkaitan juga dengan peralatan yang akan dibawa.

Misalnya, gua horizontal memerlukan peralatan helm, caving sling, cover all, dan caving pack sack. Sedangkan gua vertikal foot loop jammer, dan chest jammer, bobbin descender, rack, auto stop descender dan pengaman, untuk proses naik serta turun. Kemudian pada saat melakukan susur gua juga harus mempelajari teknik dasar. 

Teknik-Teknik Dasar Susur Gua

susur gua
Sumber: Eiger Adventure

Ada beberapa teknik dasar yang perlu dipelajari sebelum melakukan susur gua atau caving, khususnya buat para caver pemula. Kalau Eigerian seorang pencinta alam yang mau belajar teknik caving, berikut ini beberapa hal penting yang harus dipahami sebelum memulai petualangan menyusuri gua-gua di Indonesia.

  • Penggunaan Senter atau Lampu Kepala. Senter atau lampu kepala merupakan alat penting dalam susur gua karena hampir selalu gelap di dalam gua. Pastikan Eigerian memiliki lampu dengan baterai cadangan yang cukup dan tahan lama.
  • Penggunaan Helm. Gunakan helm yang dapat melindungi kepala dari bebatuan yang mungkin jatuh atau terbentur di dalam gua.
  • Teknik Penjelajahan Dasar. Teknik merayap (Crawling) digunakan saat Eigerian melewati terowongan yang sangat sempit. Pastikan untuk menjaga punggung, lutut, dan siku dalam posisi yang benar agar tidak terluka. Kemudian, teknik memanjat (Climbing): diperlukan saat menghadapi dinding curam atau rintangan dalam gua. Eigerian bisa menggunakan tali pengaman jika diperlukan.
  • Peralatan Tambahan. Beberapa peralatan tambahan juga diperlukan saat susur gua, di antaranya adalah tali pengaman, rantai (Ladder), jangkar (Anchor), dan Tas Tahan Air.

Jika menyusuri gua horizontal, pastikan lutut dan siku dalam kondisi optimal karena akan banyak melakukan gerakan membungkuk, merayap, tengkurap dan telentang. Selain itu juga dibutuhkan kemampuan berenang serta menyelam karena risiko terendam air atau banjir. Sedangkan menyusuri gua vertikal dibutuhkan kemampuan untuk menyeimbangkan berat badan dan keterampilan menggunakan tali, karena akan teknik caving gua vertikal adalah SRT (Single Rope Technique) atau teknik tali tunggal.

Baca juga: Melakukan Mountain Trekking, Jangan Lupa Pakai Trekking Pole! 

Tips Aman Melakukan Susur Gua

susur gua
Sumber: Eiger Adventure

Melakukan susur gua merupakan suatu kegiatan yang menarik dan penuh tantangan. Untuk menjalani aktivitas ini dengan aman, perlu dipahami beberapa tips penting:

  • Sebelum memulai susur gua, sadari kemampuan fisik dan teknis. Mulailah dengan gua-gua yang sesuai dengan tingkat pengalaman, dan selalu ikuti petunjuk para profesional atau pemandu gua yang ahli.
  • Sangat disarankan untuk susur gua dalam kelompok atau dengan pemandu yang berpengalaman. Ini dapat meningkatkan keselamatan, serta memberikan kesempatan untuk belajar dari orang lain.
  • Selalu utamakan keselamatan dalam setiap aspek perjalanan. Ini termasuk mengikuti petunjuk pemandu, memakai perlengkapan keselamatan yang sesuai, dan selalu berkomunikasi dengan anggota kelompok.
  • Pastikan untuk selalu memakai perlengkapan keselamatan seperti helm, tali, harness, dan carabiner yang sesuai. Selain itu, senter atau lampu kepala dengan sumber cahaya cadangan juga sangat penting. Pastikan sumber pencahayaan cukup kuat dan tahan lama. 
  • Pelajari rute dan peta gua sebelumnya. Gunakan tanda-tanda alam atau penanda yang telah ditempatkan oleh para penjelajah sebelumnya untuk membantu navigasi. Jangan lupa juga untuk membawa alat komunikasi darurat seperti telepon satelit atau radio yang dapat digunakan dalam keadaan darurat.
  • Selalu bawa kantong sampah untuk membawa sampah keluar dari gua, jangan sampai Eigerian meninggalkan jejak sampah di dalam gua. Selain itu, pastikan juga untuk membawa cukup air minum untuk perjalanan. 
  • Perhatikan cuaca sebelum pergi dan hindari susur gua selama cuaca buruk, terutama jika cuaca dapat mempengaruhi kondisi gua. Jangan lupa beritahu seseorang di luar gua tentang rencanamu dan perkirakan waktu kembali. Ini bisa membantu tim penyelamat menemukanmu jika terjadi masalah.

Baca juga: Ketahui Apa Saja Bahaya Susur Gua untuk Gua dan Si Penelusur Gua!

Melakukan kegiatan susur gua, berarti Eigerian harus beraktivitas di salah satu relief alam paling misterius, paling tertutup, dan paling menguji ketenangan. Tidak ada yang tahu pasti apa yang akan terjadi di sana, tapi selama Eigerian bisa menjaga ketenangan dan mengikuti semua panduan yang diberikan, maka semuanya akan berjalan lancar.

Saat melakukan susur gua, selalu utamakan keselamatan dan pertimbangkan setiap tindakan. Jangan ragu untuk menghentikan perjalanan jika Eigerian merasa terlalu tidak aman atau tidak yakin. Yuk, siapkan segala keperluan untuk mendukung kegiatan susur gua dengan belanja online di website Eiger Adventure. Segala macam produk original tersedia, dan ditawarkan dengan kualitas dan harga terbaik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru