HomeTips & TrickMountaineeringApa Saja Teknik Canyoning? Cek di sini!

Apa Saja Teknik Canyoning? Cek di sini!

Bagi Eigerian yang suka berkegiatan di alam bebas nan menantang, tentu tidak asing dengan canyoning. Canyoning adalah aktivitas menyusuri aliran air di ngarai atau canyon. Ada beberapa tekning canyoning yang harus Eigerian tau. Simak disini ya!

Canyon yang tersedia bisa berukuran lebar atau sempit. Meski tampak mirip, tapi teknik yang digunakan untuk canyoning berbeda dengan panjat tebing. Beberapa teknik yang digunakan untuk canyoning, di antaranya jumping, rappelling, dan sliding. 

Setiap lokasi canyoning, memiliki karakteristik dan teknik yang berbeda sesuai dengan potensi alam yang tersedia di lokasi tersebut. Menariknya lagi, saat canyoning Eigerian akan merasakan sensasi shower climbing.

Shower climbing adalah aktivitas memanjat air terjun didampingi para guide profesional bersertifikat baik sertifikat Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) maupun Sertifikat dari Federasi Speleologi yang akan mendampingi petualangan para pengunjung dengan aman nyaman.

Adapun perlengkapan yang mesti dipakai saat canyoning berlangsung, yaitu wetsuit, jaket, helm, knee pads, elbow pads, dan sepatu outdoor.

Baca Juga: Mengenal Jenis-jenis Climbing dan Teknik yang Tepat untuk Pemula

Apa Saja Teknik Canyoning?

Canyoning di Sentul Bogor, Jawa Barat
Canyoning di Sentul Bogor, Jawa Barat

Teknik dalam canyoning biasanya tergantung pada situasi dan kondisi alam bebas yang dihadapi, seperti air terjun, sungai, tebing gunung, muara, dan sebagainya. Berikut teknik yang digunakan saat canyoning secara lengkap.

1. Lompat tebing

Sebelum melakukan lompat tebing, pastikan kalau ada air di bawahnya yang punya kedalaman cukup. Teknik lompat tebing biasanya dipakai saat berada di atas air terjun, di mana di bawahnya terdapat aliran air yang dalam.

2. Climbing

Saat berada di sekitar air terjun, Eigerian tentu akan disambut dengan tebing-tebing tinggi yang curam. Dengan adanya medan ini, Eigerian akan diminta untuk bisa menggapai bagian atas air terjun.

3. Rappelling atau turun tebing

Rappelling merupakan teknik yang dipakai saat Eigerian berada di atas gunung atau air terjun, kemudian beranjak ke bagian bawahnya. Pernah mencoba teknik ini, Eigerian?

4. Sliding

Teknik sliding merupakan teknik yang digunakan untuk berseluncur di atas bebatuan yang licin dan terjun ke dalam air. 

Itulah empat teknik yang digunakan saat canyoning, lantas di mana saja spot canyoning di Indonesia?

Spot Canyoning di Indonesia

Canyoning di Sentul Bogor, Jawa Barat
Canyoning di Sentul Bogor, Jawa Barat

Jika ingin melakukan canyoning, Eigerian bisa mencobanya di tempat-tempat berikut.

1. Air Terjun Gitgit, Bali

Air Terjun Gitgit terletak di Buleleng, Bali. Bukan cuma sekedar tebing, air terjun ini mempunyai debit air yang cukup deras. Untuk Eigerian pemula canyoning harus ekstra hati-hati dengan memperhatikan teknik-teknik yang digunakan.

2. Sungai Pelus, Baturaden, Jawa Tengah

Sungai Pelus, Baturaden mempunyai karakter medan yang cenderung sempit. Canyoning di Sungai Pelus dimulai dari titik masuk yang berada di antara jalur alternatif Baturaden-Serang Purbalingga dan berakhir hingga areal Curug Lawang di wilayah Karangsalam, Banyumas. 

3. Curug Cikondang di Cianjur

Lebar dari Curug Cikondang mempunyai ukuran kurang lebih 30 meter dan tinggi 50 meter. Curug yang terletak di Desa Sukadana, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat ini cocok untuk kamu yang hobi rappeling. 

Peralatan yang Dipakai untuk Canyoning

Peralatan Canyoning di Sentul Bogor, Jawa Barat

Selain fisik, Eigerian juga perlu menyiapkan peralatan yang lengkap. Berikut peralatan yang perlu dibawa saat canyoning, Eigerian:

1. Neoprene suit

Neoprene suit merupakan perlengkapan canyoning yang dipakai untuk melindungi tubuh dari suhu air. Perlengkapan ini lengkap dengan kaus kaki dan sarung tangan.

2. Sepatu outdoor

Sepatu outdoor yang dibawa saat canyoning biasanya memiliki sol keras dan antislip. 

3. Lampu

Sama seperti sedang caving, ketika canyoning kamu juga perlu membawa lampu, senter, headlamp maupun penerangan lainnya. 

4. Air minum

Saat canyoning, biasanya kamu akan lebih mudah berkeringat. Jadi, pastikan kalau kamu minum air yang cukup, ya Eigerian!

5. Astro foil

Astro foil merupakan insulator panas yang cocok dipakai ketika pergi ke lokasi berair. Peralatan ini penting agar panas tubuh kamu nggak hilang banyak, sehingga bisa menangkal hipotermia.

6. Tali

Tali merupakan peralatan yang nggak kalah penting dipakai saat melakukan canyoning. Pemakaian tali akan membuat pendakian dan penjelajahan kamu lebih mudah.

7. Descender dan harness

Alat selanutnya adalah descender yang memiliki banyak jenis, biasanya jenis yang dipakai adalah figure 8. Descender akan membantu kamu untuk berhenti dan bergerak waktu turun dengan tali. Sementara untuk harness, upayakan agar membawa lebih dari satu harness saat melakukan pendakian. 

8. Peralatan keamanan

Peralatan keamanan yang digunakan saat canyoning, yaitu helm, pelampung, pelindung siku, punggung, lutut, dan sebagainya. Upayakan agar perlengkapan yang dibawa tidak mengganggu pergerakanmu saat mendaki, ya Eigerian!

9. Tas

Ketika canyoning, pilihlah tas ransel yang antiair dan cukup kuat, seperti dry bag. Tas ransel ini bisa dibawa untuk berbagai barang yang dibutuhkan, mulai dari air minum hingga makanan. 

Nah, itulah teknik yang digunakan saat Eigerian akan melakukan canyoning. Agar lebih aman dan nyaman, jangan lupa beberapa peralatan yang dibutuhkan, ya!

Bagi kamu yang yang sedang mencari peralatan perlengkapan mendaki atau peralatan outdoor lainnya, kamu bisa melihat berbagai koleksi menarik dan berbelanja melalui situs belanja resmi EIGER Adventure.

EIGER menyediakan banyak perlengkapan yang bisa menunjang persiapan memanjat dan perjalanan pendakian gunung Eigerian, loh.

Dengan berbelanja di situs belanja resmi EIGER, nikmati kesempatan mendapatkan promo menarik seperti gratis ongkir, cashback, voucher dan penawaran lainnya di bulan ini. Yuk segera belanja!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru