HomeTips & TrickMountaineering5 Wisata Gunung yang Cocok untuk Pemula, Yuk Agendakan!

5 Wisata Gunung yang Cocok untuk Pemula, Yuk Agendakan!

Memulai sesuatu untuk pertama kali selalu terasa berat dan menantang. Namun setelah melewati kata ‘pertama kali’, boleh jadi kamu ketagihan dan terus ingin melakukannya. Hal ini juga berlaku untuk wisata gunung, baik trekking atau pendakian secara langsung.

Tidak sedikit orang yang awalnya ragu untuk mencoba kegiatan yang satu ini, namun berakhir menjadi penggemar berat pendakian dan terus membuat wishlist gunung yang ingin didaki.

Nah untuk kamu yang baru akan memulai pendakian pertama tapi masih bingung dengan gunung yang cocok untuk berwisata sekaligus melatih diri dalam kegiatan ini, kamu bisa cek daftarnya di bawah ini.

1. Melihat Blue Fire di Gunung Ijen

wisata gunung
Sumber: Situs Indonesia Travel

Terkenal dengan fenomena blue fire yang ada di sana, kamu bisa mencapai puncak gunung ini dalam waktu 2,5 hingga 3 jam saja lewat jalur pendakian Gunung Ijen via Banyuwangi. Tentu, meski menjadi pendakian pertama, kamu tetap harus mempersiapkan fisik dan mental agar kuat sampai ke puncaknya.

Lokasinya ada di perbatasan antara Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur. Dengan ketinggian gunung pada 2.769 meter di atas permukaan laut, kamu tidak hanya bisa menikmati indahnya blue fire saja. Masih ada Matahari terbit, pemandangan Danau Kawah Ijen, lautan dan awan, serta batu belerang yang tidak kalah indah.

Untuk kamu yang masih pemula, pendakian lewat jalur Banyuwangi menjadi opsi paling masuk akal. Jaraknya yang pendek dan medan yang cenderung landai dan lebar bisa jadi tempat latihan yang pas.

2. Wisata Gunung Pemula, Gunung Prau

wisata gunung
Sumber: Situs Visit Jawa Tenga

Bukan menjadi rahasia lagi jika wisata gunung di Gunung Prau menjadi tujuan utama untuk banyak sekali pendakian perdana. Dengan ketinggian 2.565 meter di atas permukaan laut, harga tiket masuknya hanya Rp15.000 saja.

Lokasinya ada di Bakulan, Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah. Kamu bisa menemukannya dengan mudah menggunakan pencarian di Google. Untuk jalur yang direkomendasikan sendiri adalah jalur pendakian via Patak Banteng, dengan perkiraan waktu pendakian sekitar 3 hingga 4 jam.

Kamu bisa menikmati pemandangan Matahari terbit, padang bunga daisy, pemandangan pegunungan, lautan awan, hingga gugusan bintang Milky Way saat langit dalam keadaan redup.

3. Salah Satu yang Tertua di Jawa, Gunung Lawu

Wisata gunung
Sumber: Situs Summits

Lokasinya ada di area hutan Gondosuli, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Ketinggian Gunung Lawu sendiri ada di angka 3.265 meter di atas permukaan laut, dan tiket masuk yang dikenakan untuk setiap pendaki adalah Rp15.000.

Sebenarnya jalur pendakian yang terpendek adalah via Cemoro Sewu, namun ini pun membutuhkan waktu antara 2 hingga 3 hari perjalanan. Untuk itu, kamu yang ingin mencoba gunung ini sebaiknya menyewa jasa pemandu, porter, atau mengajak teman yang sudah berpengalaman.

Gunung ini jadi salah satu rekomendasi karena medannya yang beragam dan perjalanan yang cukup panjang. Bisa dikatakan ketika kamu berhasil mencapai puncak Gunung Lawu, kamu sudah memiliki kemampuan pendakian yang cukup baik.

Jalur yang beragam juga bisa dipilih di pendakian berikutnya, agar kamu tidak bosan menikmati keindahannya.

4. Gunung Papandayan, Estimasi 1,5 Jam

wisata gunung
Sumber: Situs Gunung Bagging

Jika kamu mencari pengalaman pertama yang singkat, kamu bisa memasukkan Gunung Papandayan ke dalam opsi yang kamu punya. Menggunakan rute Camp David, perjalanan yang ditempuh dari titik keberangkatan hanya berkisar 1,5 jam saja.

Gunung ini juga cocok jadi destinasi wisata gunung karena sejak awal kamu bisa menikmati keindahannya. Mulai dari pemandangan kawah di awal pendakian, kamu bisa menapaki kontur batuan beku dan anak tangga di area tanjakannya. Sangat nyaman bukan?

Kamu bisa menikmati pemandangan kawah aktif Gunung Papandayan setelah melewati tanjakan tajam dan sampai di area terbuka. Tapi sedikit pengingat, nafasmu di sini akan cukup pengap, jadi dianjurkan untuk memakai masker.

5. Tidak Ketinggalan Gunung Andong

wisata gunung
Sumber: Situs Visit Jawa Tengah

Well tidak bisa dipungkiri jika Gunung Andong menjadi salah satu destinasi wisata gunung dan pendakian pertama dari para pemula. Lokasinya ada di Girirejo, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Ketinggiannya adalah 1.463 meter di atas permukaan laut, dan dengan harga tiket hanya Rp20.000 saja.

Untuk pendakian sendiri akan memakan waktu sekitar 2 hingga 2,5 jam via jalur pendakian Sawit. Setidaknya ada tiga lokasi yang sebaiknya kamu kunjungi saat sampai di sana, yakni Puncak Makam, Puncak Alap-Alap, dan Puncak Jiwa.

Keindahannya? Buktikan saja sendiri dengan menyambanginya. 

Untuk bisa menikmati wisata gunung secara maksimal, sangat direkomendasikan agar kamu melakukan persiapan diri yang diperlukan. Melatih stamina, fisik, dan mental menjadi hal utama, selain tentu mempersiapkan peralatan pendakian yang berkualitas seperti yang ditawarkan oleh Eiger Adventure.

Beberapa peralatan yang bisa jadi opsi menarik antara lain adalah sebagai berikut.

Eiger Mens Harau Half Zip Warmer Sweater

wisata gunung
Sumber: Eiger Adventure

Dengan material fleece yang lembut, sweater ini bisa membantu menghangatkan tubuh dan nyaman dipakai. Harganya adalah Rp389.000.

Eiger Ambition Tropic BLK Borneo F1 Shirt

wisata gunung
Sumber: Eiger Adventure

Kedua adalah produk yang dirancang untuk mendukung penjelajahan dan penggiat outdoor di area beriklim tropis. Outer keren ini dipatok dengan harga Rp409.000.

Eiger Mens Traverse Shirt 1.0

wisata gunung
Sumber: Eiger Adventure

Kemeja katun poplin yang nyaman ini bisa menunjang kegiatan hiking hanya dengan harga Rp369.000 saja.

Opsi yang beragam serta peralatan yang lengkap dan berkualitas akan menjadi partner yang bisa diandalkan pada pendakian perdanamu. Dengan kualitas yang tinggi, kamu juga tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Segera kunjungi halaman produk kami, dan dapatkan semua yang kamu butuhkan untuk menikmati wisata gunung di Eiger Adventure!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru