HomeTips & TrickTraveling5 Aktivitas Seru Wisata Lereng Kelir, Sudah Siap Coba?

5 Aktivitas Seru Wisata Lereng Kelir, Sudah Siap Coba?

Untuk menikmati pemandangan indah, dataran tinggi memang selalu jadi opsi yang menarik. Tidak selalu harus gunung, tapi bukit dengan posisi strategis seperti Lereng Kelir bisa jadi alternatif menarik. Wisata Lereng Kelir menjadi salah satu primadona baru di Semarang, untuk kamu yang ingin mencoba pengalaman dan daerah baru dalam menikmati keindahan alam.

Untuk Eigerian yang merasa penasaran dengan nama unik wisata Lereng Kelir ini, lokasinya cukup mudah dijangkau. Lereng Kelir berada di Desa Brangkol, Kecamatan Jambu, Ambarawa. Kamu bisa mencarinya di Google Maps dengan kata kunci tersebut, dan dalam waktu singkat menemukan lokasinya.

Baca Juga: Begini 5 Cara Mencari Air Bersih untuk Diminum di Hutan

Aktivitas Seru di Wisata Lereng Kelir

Wisata lereng kelir
Sumber: freepik.com

Salah satu aktivitas andalan yang disajikan tentu adalah keindahan pemandangan yang bisa kamu nikmati dari ketinggian. Dari ketinggian 1,500 meter di atas permukaan laut, kamu bisa melihat danau Rawa Pening, Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Telomoyo, Gunung Ungaran, Gunung Merbabu, Ambarawa, hingga Salatiga.

Tapi apa hanya itu saja?

1. Spot Foto Khusus

Karena berada di ketinggian, tak lengkap rasanya kalau kamu tidak mengabadikan foto dengan latar belakang indah. Lereng Kelir menyediakan dua titik foto khusus yang menghadap ke keindahan yang bisa kamu pilih.

Dibuat dari bambu dengan posisi menjorok ke pinggir tebing, kamu akan merasakan adrenalin terpompa ketika mengabadikan foto di sana.

2. Hiking Sekitar 2 Jam

Jangan keburu senang karena kamu tidak bisa mendapatkan pemandangan indah ini secara ‘gratis’. Untuk sampai di area puncak, kamu perlu waktu setidaknya 2 jam hiking dengan medan yang cukup menantang.

Tapi tenang, jalurnya cukup jelas dan banyak warung kopi yang dibuka di area bawah oleh warga sekitar. Kamu bisa dengan mudah mengisi tenaga, dan menyiapkan diri untuk hiking ini.

3. Ingin Camping? Bisa!

Untuk melengkapi pengalaman seru yang ada di wisata Lereng Kelir, pengelola juga menyediakan area dengan luas sekitar 600 meter persegi, yang idealnya bisa menampung sekitar 70-an orang untuk camping.

Kamu bisa menikmati area luas ini dengan cukup nyaman, karena pemandangan dan hawa sejuk yang dirasakan di sana benar-benar menciptakan vibe luar biasa.

4. Memasak Makanan Sederhana

Sebagai kegiatan tambahan dari camping, kamu juga bisa memasak makananmu sendiri. Di sana tersedia cukup banyak bahan makanan yang bisa dibeli dan diolah sendiri, sehingga sensasi camping yang dirasakan menjadi lebih greget.

Aktivitas seru untuk kegiatan rombongan!

5. Pemandangan Sunrise, Pemandangan Gemerlap Lampu di Malam Hari

Wisata di Lereng Kelir juga menawarkan keindahan sunrise yang benar-benar cantik dengan siluet perbukitan dan gunung di Jawa Tengah. Pada saat malam hari, mungkin kamu akan sedikit bingung karena keadaannya gelap. Tapi justru ini sensasi yang ditawarkan.

Lereng Kelir memiliki pemandangan malam yang tak kalah menakjubkan, kombinasi lampu perkotaan dan langit kelam yang harmonis.

Persiapkan Dirimu, Rencanakan Secepatnya!

Wisata lereng kelir
Sumber: freepik.com

Sebenernya persiapan yang bisa kamu lakukan sebelum mengunjungi wisata Lereng Kelir tidak terlalu berat. Hanya perlengkapan hiking ringan, kemudian uang secukupnya, dan persiapan fisik yang prima, sehingga kamu bisa melalui jalur dengan nyaman.

Namun demikian dikabarkan pada akhir tahun 2023 lalu, area ini mengalami kebakaran yang cukup besar sehingga membuat wisatanya lumpuh. Perlahan tetapi pasti, masyarakat di Lereng Kelir kembali bangkit dan menghidupkan kembali area ini agar dapat memperoleh perputaran ekonomi yang signifikan.

Jadi selain persiapan yang disarankan di atas, kamu juga sebaiknya bersiap secara mental jika mungkin saja ada satu dan beberapa hal yang tidak terlalu sesuai dengan ekspektasimu. Tapi pada dasarnya keindahan Lereng Kelir tetap memukau, lepas dari apa yang terjadi.

Untuk sampai ke titik ini, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi baik motor ataupun mobil, atau menggunakan jasa rental kendaraan yang berangkat dari area Kota Semarang. Kamu bisa menghubungi beberapa agen perjalanan untuk mengatur jadwal, agar agenda liburanmu bisa segera dilaksanakan.

Lengkapi Diri dengan Outfit untuk Hiking di Wisata Lereng Kelir

Eiger Adventure jelas menyediakan ragam produk untuk menjelajah wisata Lereng Kelir yang sudah dibahas sejak awal tadi. Beberapa produk bisa jadi opsi, sementara sisanya bisa kamu cari sesuai kebutuhan langsung di situs resmi kami

1. Ventrex 30

Wisata lereng kelir
Sumber: Eiger Adventure

Untuk hiking seperti yang dilakukan di Lereng Kelir, kamu bisa menggunakan produk tas yang satu ini. Dilengkapi teknologi backsystem X-Fit, hiking yang kamu lakukan tidak akan membuat punggung terasa panas. Dengan harga hanya Rp1,149,000 saja, kamu sudah bisa membawa pulang produk ini.

2. Vipera

Wisata lereng kelir
Sumber: Eiger Adventure

Untuk sepatu kamu bisa menggunakan Vipera. Dengan desain mid-cut yang dirancang khusus bagi para penggiat hiking di alam terbuka, sepatu ini memberikan konstruksi solid, handal, namun tetap terasa ringan dan sejuk saat digunakan. Harganya sendiri mulai dari Rp1,286,100 saja.

3. Eiger Caldera WS 2.0 Roll Strap

Sumber: Eiger Adventure

Jika kamu lebih nyaman menggunakan sandal, produk ini bisa jadi opsi menarik. Dengan harga mulai dari Rp260,100 saja, kamu sudah bisa membawa pulang produk sandal gunung untuk hiking ringan dan memberikan pijakan solid.

4. Grassland NR 1.0

Wisata lereng kelir
Sumber: Eiger Adventure

Produk topi ini bisa menjadi opsi tepat untuk menutup kepala dan menghalau sinar matahari yang terlalu terik. Dengan bahan poliester dan varian warna yang beragam, kamu bisa membawanya pulang dengan harga mulai dari Rp116,100 saja.

Baca Juga: Aturan Berjalan di Tempat Becek dan Berlumpur Saat Mendaki 

Itu tadi sekilas informasi tentang wisata Lereng Kelir yang bisa jadi alternatif menarik mengisi waktu liburan tanpa harus terlalu jauh dan tidak mainstream. Tentu saja, kamu bisa mendapatkan produk handal di atas dan ribuan produk lainnya langsung di situs resmi Eiger Adventure. Belanja di situs resminya bisa memberikan benefit berupa jaminan produk ori, harga terbaik, opsi pembayaran yang beragam, serta gratis ongkir ke berbagai lokasi di Indonesia. Jadi rencanakan perjalananmu sekarang juga, dan nikmati pengalaman barunya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru