HomeTips & TrickMountaineeringJalur Pendakian Gunung Penanggungan Paling Recommended, Cek di Sini!

Jalur Pendakian Gunung Penanggungan Paling Recommended, Cek di Sini!

Gunung Penanggungan termasuk salah satu gunung berapi di Indonesia, tepatnya terletak di wilayah Jawa Timur. Jalur pendakian Gunung Penanggungan ini menawarkan pengalaman yang menarik dengan pemandangan alam yang indah dan situs-situs bersejarah, lho. Penasaran, kan?

Gunung Penanggungan memang menjadi salah satu gunung yang menarik untuk didaki, terutama karena keindahan alamnya dan nilai sejarahnya. Ada beberapa fakta menarik tentang gunung ini, di antaranya adalah Gunung Penanggungan dianggap sebagai gunung suci oleh masyarakat Jawa. Di puncaknya, ada sejumlah candi Hindu-Buddha kuno yang menjadi bukti penting peradaban Hindu-Buddha di Jawa Timur pada masa lampau.

Selain keberadaan candi-candi kuno, Gunung Penanggungan juga menawarkan pemandangan alam yang cukup spektakuler. Dari puncak gunung, Eigerian bisa menikmati panorama indah pegunungan dan hamparan sawah di sekitarnya. Lalu, Gunung Penanggungan juga merupakan rumah bagi berbagai spesies tumbuhan dan hewan yang unik. Eigerian akan menemukan berbagai jenis flora endemik, serta beberapa jenis burung dan mamalia di dalam kawasan gunung ini.

Nah, sebelum melakukan pendakian ke Gunung Penanggungan ini, pastikan untuk mempersiapkan diri dengan baik. Cek rekomendasi jalur pendakian Gunung Penanggungan melalui ulasan di bawah ini, yuk!

Jalur Pendakian Gunung Penanggungan

jalur pendakian gunung pananggungan
Sumber: Eiger Adventure

Ada beberapa jalur pendakian yang bisa dipilih untuk mendaki Gunung Penanggungan, di mana setiap jalur pendakian Gunung Penanggungan ini memiliki ciri khas dan tingkat kesulitan yang berbeda. Jadi, Eigerian dapat memilih sesuai dengan preferensi dan kemampuan.

Berikut ini ada dua jalur pendakian Gunung Penanggungan yang paling direkomendasikan:

1. Jalur Pendakian Tamiajeng Trawas

Jalur pendakian Gunung Penanggungan via Tamiajeng merupakan jalur resmi yang paling populer, karena waktu pendakiannya cukup singkat. Ini adalah jalur pendakian yang terletak di Desa Tamiajeng, sebelah Barat Daya Gunung Penanggungan. Memiliki empat pos sebelum sampai di puncak bayangan, di mana jarak antar tiap pos tidak terlalu jauh dan dengan trek yang menanjak secara konstan. Secara umum, dibutuhkan waktu dua sampai tiga jam trekking normal dari basecamp sampai di puncak bayangan jika tidak terlalu banyak berhenti atau istirahat. 

Rute perjalanan melalui jalur Tamiajeng ini dimulai dari Surabaya lalu ke Terminal Pandaan. Eigerian juga perlu naik angkutan umum atau ojek untuk sampai ke Trawas, kemudian lanjutkan lagi menuju ke basecamp yang ada di dekat Objek Wisata Air Terjun Dlundung dan Universitas Ubaya Kampus 3. Di basecamp ini, Eigerian akan menemukan beberapa fasilitas seperti warung makan, tempat parkir, hingga kamar mandi. Perlu diingat, jika Eigerian memilih jalur ini, pastikan untuk menyiapkan cukup banyak air karena sepanjang jalur Eigerian tidak akan menemukan sumber air. 

2.  Jalur Pendakian Jolotundo Trawas

Jalur Jolotundo Trawas juga menjadi salah satu jalur favorit para pendaki. Di sini, Eigerian bisa menemukan situs-situs bersejarah, mulai dari Candi Pura, Candi Bayi, Candi Putri, Candi Sinta, dan juga Candi Gentong. Saking banyaknya candi yang ada, tidak sedikit pendaki yang menyebut jalur ini sebagai Jalur Ziarah atau Jalur Sejarah karena keberadaan beberapa situs tersebut.

Jalur pendakian ini terletak di Desa Seloliman, Kecamatan Trawas yang ada di sebelah barat Gunung Penanggungan. Treknya cukup mudah dan sudah dilengkapi dengan sarana penunjang di sepanjang jalannya. Lalu untuk sampai ke puncak melalui jalur ini, Eigerian perlu melakukan perjalanan sekitar 4,5 jam. Karena trek pendakiannya landai dan jaraknya cukup panjang, pastikan untuk menyiapkan tenaga ekstra saat melewati jalur ini, ya!

Baca juga: Tips Menghindari Atau Mengamankan Diri dari Badai di Gunung

Tips Naik Gunung Penanggungan

jalur pendakian gunung pananggungan
Sumber: Eiger Adventure

Kalau sudah menentukan jalur pendakian Gunung Penanggungan yang paling sesuai dengan kemampuan, perhatikan beberapa tips untuk menjelajahi Gunung Penanggungan di bawah ini, yuk!

1. Persiapkan Fisik dan Mental

Meskipun Gunung Penanggungan tidak terlalu tinggi, akan tetapi sangat penting untuk mempersiapkan fisik dan mental sebelum pendakian. Jangan lupa untuk melakukan olahraga ringan dan latihan pernapasan untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

2. Periksa Kondisi Cuaca

Tips berikutnya, pastikan untuk memeriksa kondisi cuaca sebelum melakukan pendakian. Sebaiknya hindari pendakian jika cuaca buruk atau berisiko turun hujan deras. Jangan lupa bawa pakaian dan perlengkapan tambahan untuk menghadapi perubahan cuaca yang tiba-tiba.

3. Bawa Perlengkapan Penting

Pastikan Eigerian membawa perlengkapan pendakian yang penting seperti pakaian yang nyaman, sepatu yang sesuai, peralatan penerangan (jika pendakian dilakukan di malam hari), makanan dan minuman yang cukup, serta perlengkapan P3K dan perlengkapan keselamatan lainnya.

4. Ikuti Jalur Pendakian yang Tersedia

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Gunung Penanggungan memiliki beberapa jalur pendakian yang telah ditentukan. Eigerian perlu memilih jalur sesuai dengan tingkat kemampuan dan pengalaman pendakian. Dan jangan lupa untuk selalu mengikuti petunjuk serta tanda-tanda jalur pendakian yang ada.

5. Lindungi Alam Sekitar

Jagalah kebersihan serta kelestarian alam selama pendakian. Pastikan untuk membawa kembali sampah-sampah yang dihasilkan dan hindari merusak flora dan fauna yang ada di sekitar Gunung Penanggungan.

6. Kunjungi Situs Bersejarah

Selain menikmati keindahan alam, Gunung Penanggungan juga punya sejumlah situs bersejarah seperti candi-candi dan prasasti-prasasti kuno. Jadi, Eigerian bisa memanfaatkan kesempatan untuk mengunjungi situs-situs tersebut dan mempelajari sejarah serta budaya yang terkait.

7. Pendakian Bersama atau dengan Guide

Jika Eigerian merasa kurang yakin atau tidak memiliki pengalaman dalam pendakian, lebih baik untuk melakukan pendakian bersama dengan teman-teman atau bergabung dengan kelompok pendakian yang sudah berpengalaman. Jika memungkinkan, menggunakan jasa pemandu lokal atau guide juga bisa menjadi pilihan, lho. Dengan pemandu lokal, Eigerian bisa mendapatkan pengalaman pendakian yang lebih aman dan menyenangkan.

Baca juga: 6 Tips Celana Gunung Wanita Terbaik, Pendakian Jadi Nyaman! 

Ingatlah untuk selalu menjaga keselamatan diri dan lingkungan selama menjelajahi Gunung Penanggungan, ya! Semoga informasi dan tips di atas dapat membantu Eigerian untuk menikmati pengalaman pendakian yang menyenangkan dan berkesan.

Jangan lupa untuk menyiapkan semua peralatan mountaineering dengan lengkap untuk menunjang kenyamanan dan keselamatan selama mendaki gunung. Sebagai referensi, Eigerian bisa cek koleksi terbaru dari EIGER di website resmi Eiger Adventure untuk mendapatkan produk-produk original dengan kualitas dan harga terbaik, promo yang menarik, hingga gratis ongkir.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru