HomeTips & Trick10 Cara Agar Motor Aman dan Tidak Mudah Dicuri

10 Cara Agar Motor Aman dan Tidak Mudah Dicuri

Eigerian, sering dengar kasus pencurian motor? Mendengar kasus ini, tentu membuat kamu jadi khawatir jika sewaktu-waktu motor yang kamu punya akan dicuri juga. Nah, untuk tahu cara agar motor tetap aman dan tidak mudah dicuri, simak di artikel ini sampai selesai, ya Eigerian! Pencurian kendaraan bermotor disebut juga dengan curanmor. 

Curanmor sendiri merupakan istilah untuk mendeskripsikan tindak pidana pencurian yang menargetkan kendaraan bermotor. Menurut laman resmi Suzuki, motor termasuk kendaraan yang lebih rentan terhadap tindak pencurian dibanding mobil.

Cara Agar Motor Aman dan Tidak Mudah Dicuri

Tindak pencegahan utama agar motor tidak mudah dicuri, yaitu menjaga keamanan kendaraan. Berikut cara agar motor terhindar dari tindak curanmor.

1. Gunakan Secure Key Shutter (SKS) untuk menutup lubang kunci

SKS adalah suatu sistem penguncian yang mempunyai cover magnet dan dilengkapi dengan penutup manual. Penutup ini hanya bisa dibuka dengan lubang kunci yang biasanya sudah menyatu dengan kunci utama dari kendaraan tersebut. 

Biasanya, sejumlah motor keluaran terbaru telah memiliki SKS. Saat SKS diaktifkan, maka lubang kunci akan tertutup secara otomatis. Sebagai informasi, lubang itu hanya bisa dibuka menggunakan bagian kepala anak kunci saja. 

2. Arahkan kunci setang ke kanan

Mengarahkan kunci setang ke kanan merupakan salah satu cara agar motor tidak mudah dicuri, Eigerian. Cara ini terbukti efektif untuk menghambat pergerakan motor dan mencegah pencuri untuk membobol kunci kontak pakai kunci T. Kunci T sendiri adalah salah satu alat yang bisa digunakan untuk membuka baut hingga memasang baut di area yang sempit dan dalam. 

Dengan melakukan penguncian setang ke arah kanan, maka ruang geraknya akan terbatas. Jadi, pencuri akan semakin sulit untuk membuka kunci maupun menghidupkan mesinnya. Itulah mengapa, melakukan penguncian setang ke arah kanan juga bisa memberikan tingkat keamanan tambahan.

3. Jangan lupa cabut kunci dari kontaknya

Tahukah Eigerian, kalau ternyata masih banyak pengemudi yang masih lupa mencabut anak kunci dari kontaknya? Eigerian jangan sampai lupa mencabut kunci dari kontaknya, ya! Karena, kebiasaan ini bisa membuat pencuri motor melakukan aksinya.

Jadi, pastikan untuk menyimpan kunci di tempat yang aman sehingga sulit dijangkau oleh orang lain. Beberapa di antaranya, seperti di dalam saku celana, pakaian, jaket, atau di dalam tas dan dompet yang dipakai.

4. Jangan meninggalkan motor di area terbuka

Eigerian, masih sering meninggalkan motor di area terbuka? Mulai sekarang, perhatikan dan jangan ulangi kebiasaan ini, ya! Karena, meninggalkan motor di area terbuka dan sepi layaknya di pinggir jalan bisa meningkatkan risiko pencurian.

Maka itu, usahakan untuk tetap mencari lokasi yang aman, terlindungi, dan tertutup. Jika mesti meninggalkan motor di area terbuka, pastikan agar lokasi itu ramai dan banyak orang. Dengan banyaknya orang yang melihat motor kamu, maka kemungkinan terjadinya pencurian akan semakin kecil.

5. Pilih lokasi parkir yang aman

Agar bisa menghindari pencurian motor sebaiknya pilih lokasi parkir yang aman, ya Eigerian! Bila memungkinkan, cobalah untuk memilih tempat parkir yang dilengkapi dengan sistem pengawasan CCTV dan petugas yang senantiasa mengawasi keamanan. 

Kalau kamu memarkirkan motor di rumah, pastikan untuk selalu memeriksa keamanan rumah. Pasang sistem keamanan pada pagar, seperti gembok di pintu pagar agar bisa diakses dari luar. 

6. Lepaskan beberapa komponen penting

Bila Eigerian berencana meninggalkan motor dalam waktu lama, misalnya pulang kampung sepanjang Lebaran, pertimbangkanlah untuk melepas beberapa komponen vital, seperti busi, aki, bahkan ban motor.

Lantaran tanpa komponen itu, motor tidak bisa dihidupkan dan dioperasikan dengan mudah. Maka itu, pastikan Eigerian mempunyai pengetahuan dan keterampilan dalam melakukan bongkar pasang komponen kendaraan. 

7. Gunakan kunci pengaman tambahan

Agar dapat meningkatkan keamanan dan menghindari pencurian motor, sebaiknya pasang kunci pengaman tambahan. Pasanglah kunci ganda itu pada bagian yang sulit dijangkau oleh pencuri, seperti roda depan atau bagian-bagian yang vital lainnya. Dengan begitu, pencuri akan semakin sulit membawa lari motor kamu.

8. Asuransikan motor

Eigerian, sudahkah kamu memberikan asuransi untuk motor? Dengan mengasuransikan motor, kondisi  motor kamu akan lebih aman dan bisa mengantisipasi kerugian. 

Karena, kamu bisa mendapat jaminan perlindungan finansial. Meski begitu, pastikan untuk membaca syarat dan ketentuan dari perusahaan asuransi motor yang dipilih dengan seksama, ya Eigerian. Jangan lupa juga untuk memahami cakupan asuransi yang ditawarkan sesuai kebutuhan.

9. Amankan barang berharga

Saat ingin bepergian dalam jangka waktu yang lama, sebaiknya hindari meninggalkan barang-barang berharga di jok motor, Eigerian. Barang-barang berharga ini, seperti dompet, kunci, karcis parkir, STNK, BPKB, dan lain-lain.

Pasalnya, jika motor kamu dicuri maka barang-barang berharga itu tentu akan ikut hilang. Jadi, pastikan untuk membawa barang berharga kamu ketika meninggalkan motor atau simpanlah barang-barang itu di tempat yang aman.

10. Pasang alarm

Salah satu cara agar motor aman dan menghindari tindakan curanmor adalah memasang alarm pada motor. Jika ada upaya pencurian, alarm ini akan memberikan peringatan dalam bentuk suara.

Selain membuat pencuri terkejut, alarm pada motor juga bisa menarik perhatian orang sekitar. Adapun fitur tambahan yang bisa dipakai, yaitu pemantauan jarak jauh melalui ponsel pintar atau sensor gerak. 

Baca Juga: Jalan Padat Atau Sepi, Patuhi Aturan Jarak Aman Berkendara!

Aman Berkendara dengan EIGER 

Nah, itulah 10 cara agar motor aman dan tidak mudah dicuri. Jadi, mulai sekarang lebih berhati-hati, ya Eigerian! Berikut beberapa produk EIGER yang bikin pengalaman berkendaramu makin aman:

  1. Shifter pad

EIGER Gearshift 1.0 Shifter Pad merupakan shifter pad yang bisa dipakai untuk penggunaan harian bagi pengendara motor. Shifter pad ini terbuat dari material kulit yang mempunyai daya tahan kuat dan berfungsi untuk melindungi permukaan sepatu saat mengoper persenaling secara responsif. 

Gearshift 1.0 Shifter Pad dilengkapi dengan karet elastis di bagian bawah untuk penyesuaian dengan ukuran sepatu kamu dan metal hook yang bisa dikaitkan pada tali sepatu. Dengan begitu, shifter pad tidak mudah lepas dari sepatu ketika sedang berkendara. 

  1. Sarung tangan

EIGER Panaque FF Gloves merupakan sarung tangan yang dirancang untuk menunjang kebutuhan aktivitas berkendaradalam  setiap perjalanan. Sarung tangan ini terbuat dari bahan nylon dan onyx dilapisi dengan membran antiair untuk membuat tangan pengendara tetap kering dan nyaman selama berkendara di saat hujan.

Selain itu, Panaque FF Gloves juga dilengkapi dengan fitur fingertip touchscreen pada ujung ibu jari, jari telunjuk, serta visor wiper yang membantu untuk menghilangkan tetesan air saat hujan pada kaca helm dengan cepat dan mudah.

Baca Juga

  1. Cover motor

Eiger Riding Motorcycle Cover merupakan cover ukuran besar yang berguna untuk melindungi motor kamu dari debu dan sinar matahari setiap harinya. 

Memakai cover motor ini, tentu bisa membuat motor kamu lebih terlindungi dari para pencuri motor, Eigerian!

Nah itu tadi cara agar motor aman beserta tips dan triknya. Oh iya untuk berbelanja produk original, harga terbaik, dan gratis ongkir ke seluruh Indonesia, ayo beli EIGER Riding lainnya di website eigeradventure.com sekarang juga, ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru