HomeTips & TrickRiding6 Tips Perjalanan Jauh Naik Motor Agar Aman dan Nyaman

6 Tips Perjalanan Jauh Naik Motor Agar Aman dan Nyaman

Jika kamu gemar bepergian sendiri menggunakan motor, tentu banyak ‘ritual’ yang biasa dilakukan sebagai persiapan. Tidak heran memang, karena perjalanan jauh naik motor memang perlu mencermati beberapa hal penting agar bisa berkendara dengan aman dan nyaman.

Artikel ini bisa jadi referensi yang berguna, reminder, atau justru media berbagi untuk kamu yang sudah cukup senior pada aktivitas ini. Selengkapnya, berikut beberapa tips aman dan nyaman yang bisa kamu praktekkan untuk perjalanan jauh naik motor.

Baca Juga: Jalan Padat Atau Sepi, Patuhi Aturan Jarak Aman Berkendara!

1. Pertama, Pastikan Kamu Paham Marka Jalan

perjalanan jauh naik motor
Sumber: freepik.com

Sebenarnya tips pertama ini bisa diterapkan pada perjalanan dengan motor atau mobil, karena marka jalan menjadi hal yang krusial untuk ‘membaca’ keadaan jalan. Dengan memahami arti dari marka jalan yang ada, kamu akan bisa mengantisipasi keadaan yang ada di sepanjang jalan.

Pemahaman pada marka jalan akan jadi modal yang fundamental untuk melakukan perjalanan, apalagi pada medan atau jalur yang belum pernah kamu lalui sebelumnya. Dengan begini kamu bisa memahami  medan yang akan dilewati, dan meningkatkan kenyamanan dan keamanan perjalanan.

2. Wajib Juga untuk Memastikan Kondisi Kendaraan

Rider tahu benar bahwa kondisi motornya harus selalu dipastikan dalam keadaan terbaik. Bukan hanya karena rasa sayang pada kendaraan, tapi juga karena motor akan membawa diri kamu selama di atas aspal.

Tanpa kondisi yang sempurna, risiko terjadinya hal yang tidak diinginkan akan meningkat. Jelas saja ini harus dihindari. Dengan membawa motor ke bengkel sebelum melakukan perjalanan jauh, kamu bisa memastikan semua bagian motor bekerja dengan baik, dan dalam kondisi yang siap diajak bertualang.

3. Bersiap untuk Semua Kondisi dan Cuaca

perjalanan jauh naik motor
Sumber: freepik.com

Kondisi cuaca yang tidak menentu harus jadi pertimbangan dalam perjalanan jauh naik motor. Kamu harus siap untuk menggunakan masker atau buff untuk kondisi panas, pakaian yang cukup sejuk, atau justru mantel  berkendara yang fit di tubuh.

Kamu bisa mempersiapkan hal ini dengan melihat ramalan cuaca yang ada di situs resmi BMKG atau lembaga sejenis. Memang tidak akan 100% akurat, tapi setidaknya dari sana kamu bisa memperkirakan bagaimana cuaca selama perjalanan.

Siapkan perlengkapan berkendara yang tepat untuk mengantisipasi berbagai jenis kondisi cuaca, agar kamu bisa berkendara dengan nyaman dan aman.

4. Jangan Lupa Kamu Juga Harus Sehat

Kendaraan sudah siap dan berada di kondisi terbaik, perlengkapan juga sudah di-packing dan siap berangkat. Hal yang tidak boleh kamu lupakan adalah bahwa kamu juga harus berada dalam kondisi yang sehat dan segar.

Kenapa?

Sebab perjalanan jauh naik motor perlu ketahanan fisik yang baik supaya kamu bisa fokus pada perjalanan yang kamu lalui. Lagipula jika kamu berkendara dalam keadaan tidak enak badan, tidak ada kenikmatan yang bisa dirasakan dari terpaan angin dan pemandangan yang ada bukan?

5. Pelajari Posisi Berkendara yang Ideal

perjalanan jauh naik motor
Sumber: Eiger Adventure

Karena Eigerian akan melewatkan banyak waktu di atas motor dalam posisi berkendara, maka pengetahuan tentang posisi ideal berkendara harus dipahami. Tujuannya sederhana, supaya tidak mengalami cedera atau kelelahan berlebih akibat posisi duduk, posisi tangan, atau punggung dan kaki yang tidak ideal.

Kamu bisa dengan mudah melihat tutorial atau petunjuk di banyak situs riding atau hobi otomotif yang ada di internet. Atau untuk lebih mudah, Eigerian bisa langsung melihat tutorialnya di banyak video di YouTube.

6. Persiapan Perjalanan Jauh Naik Motor, Perlengkapan yang Berkualitas

Last but not least, adalah perlengkapan berkendara yang berkualitas, solid, dan bisa diandalkan. Ada beberapa perlengkapan wajib yang harus dibawa dan digunakan, mulai dari helm, jaket, sarung tangan, sepatu berkendara, pelindung lutut dan siku jika diperlukan, kacamata hitam, hingga masker untuk menepis debu saat kamu berkendara.

Siap Memulai Perjalanan Bersama Eiger Adventure

Well karena kamu sudah membaca artikel ini sampai di bagian keenam, maka berikut rekomendasi produk berkualitas dari Eiger Adventure yang bisa kamu gunakan untuk perjalanan jauh naik motor.

Eiger Vecchio FF Helmet

perjalanan jauh naik motor
Sumber: Eiger Adventure

Tersedia dalam ukuran M hingga XXL, helm ini mengambil model full face. Uniknya meski menggunakan model tersebut, helm ini menyediakan PET tanpa visor yang bisa dilepas pasang. Harga dari helm ini ada di angka Rp943.900.

Eiger Versneld Riding Jacket

perjalanan jauh naik motor
Sumber: Eiger Adventure

Menawarkan dua varian warna utama, blue dan grey, jaket ini akan melindungi tubuh kamu sepanjang perjalanan jauh naik motor. Dua fitur utama yang disematkan di jaket ini adalah Tropic Repellent dan Tropic Windblock. Harganya sendiri ada di angka Rp538.900.

Eiger Basqin FF Gloves

perjalanan jauh naik motor
Sumber: Eiger Adventure

Untuk sarung tangan kamu bisa memilih Eiger Baszin FF Gloves, dengan model full-finger. Sarung tangan ini bisa kamu pakai untuk mendukung kegiatan berkendara jarak jauh, sehingga terlindung dari kerikil dan terpaan angin. Harganya ada di angka Rp349.900.

Eiger S.Riding Fastener 40 Shoes

perjalanan jauh naik motor
Sumber: Eiger Adventure

Keren, kokoh, dan menjadi pelindung bagian kaki yang bisa diandalkan. Eiger S.Riding Fastener 40 Shoes menjadi salah satu sepatu model high-cut yang bisa jadi opsi menarik. Stok produk ini sendiri cukup terbatas, sehingga kamu bisa terus memantaunya untuk mendapatkan informasi harga dan produk ketika restock.

Eiger X-Coarse Pants

perjalanan jauh naik motor
Sumber: Eiger Adventure

Selanjutnya ada rekomendasi produk celana riding. Tersedia hingga ukuran 40, celana ini dibuat dengan bahan elastis dan dilengkapi kompartemen yang fungsional. Harganya sendiri adalah sekitar Rp448.900.

Eiger Vanguard Wayfarer Sunglasses

perjalanan jauh naik motor
Sumber: Eiger Adventure

Menjadi salah satu produk Eiger Adventure di segmen riding yang laris, kacamata hitam ini bisa Anda jadikan opsi menarik untuk menemani berkendara. Nyaman digunakan, dan dilengkapi dengan case pada paket penjualannya, kamu bisa menantikan produk ini kembali restock.

Eiger Knee Protector O1 Riding Equipment

perjalanan jauh naik motor
Sumber: Eiger Adventure

Berguna untuk melindungi bagian lutut saat kamu berkendara, risiko yang muncul dari hal yang tidak diinginkan bisa dikurangi secara drastis. Produk ini sendiri sudah tersertifikasi standar EN 1621.

Eiger Revolt Mask RD Masker

perjalanan jauh naik motor
Sumber: Eiger Adventure

Baca Juga: 5 Tips Solo Touring untuk Digunakan, Persiapkan Semuanya!

Terakhir adalah masker penutup wajah yang bisa digunakan. Berguna untuk melindungi bagian wajah dari kerikil atau debu, produk ini dalam waktu dekat akan segera di-restock.

Itu tadi setidaknya 6 tips berkendara dan melakukan perjalanan jauh naik motor agar nyaman dan aman, lengkap dengan rekomendasi produk yang bisa digunakan dari Eiger Adventure. Siapkan semuanya dengan baik agar perjalanan bisa dilalui dengan menyenangkan, dan apa yang kamu inginkan bisa dicapai.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru