HomeTips & Trick5 Tanaman Penyerap Bau yang Bikin Udara Ruangan Tambah Segar

5 Tanaman Penyerap Bau yang Bikin Udara Ruangan Tambah Segar

Meskipun selalu dibersihkan dan dirawat, seringkali muncul aroma tidak sedap di dalam rumah. Penyebabnya bermacam-macam, mulai dari tumpukan sampah, bau kamar mandi, dinding yang lembab, atau bau yang berasal dari hewan peliharaan. Daripada menggunakan bahan kimia, lebih baik mengatasinya secara alami dengan cara menyimpan tanaman penyerap bau yang bikin udara ruangan tambah segar. Penasaran apa saja? Simak artikel ini ya!

Baca Juga: 7 Tanaman Rumah Penghasil Oksigen, Bikin Ruangan Anti Pengap

Penyebab Bau di Ruangan

Bau di ruangan biasanya berasal dari dapur ketika kita sedang memasak. Namun, seringkali muncul bau tidak sedap padahal tidak sedang melakukan aktivitas memasak. Selain membuat ruangan jadi tidak segar, bau di ruangan tidak boleh diabaikan karena beresiko merusak kesehatan. Berikut adalah beberapa penyebab bau tidak sedap di dalam rumah:

Kondisi Lembap

Ketika sirkulasi udara ke dalam ruangan tidak lancar, maka ruangan akan menjadi lembap. Apalagi jika tidak ada sinar matahari yang bisa masuk ke ruangan, sudah dipastikan jamur akan cepat tumbuh dan menghasilkan bau tidak sedap.Oleh karena itu, pastikan semua ruangan memiliki sirkulasi udara yang baik dan bisa dimasuki oleh sinar matahari supaya tidak lembap dan mencegah bau.

Karpet

Karpet yang terpasang terus menerus bisa menyerap kelembapan, debu, kotoran, bahkan spora jamur yang kemudian menyebabkan bau tidak sedap. Bersihkan karpet secara berkala dengan vacum cleaner atau bawa ke laundry untuk pembersihan menyeluruh.

Filter AC yang Kotor

Jika menggunakan Air Conditioner (AC) di rumah, maka filter yang kotor bisa jadi menimbulkan bau, karena menampung kotoran yang tidak sedikit. Untuk membersihkan filter AC, lebih baik menghubungi teknisi supaya bisa lebih bersih.

Baca Juga: 10 Jenis Tanaman Pembersih Udara yang Pas Diletakkan dalam Rumah

Tanaman Penyerap Bau

Selain dengan cara-cara di atas, bau tidak sedap pada ruangan bisa diatasi dengan menyimpan tanaman anti bau. Selain menghilangkan bau, tanaman-tanaman ini juga bisa menyerap racun, sehingga udara di dalam ruangan terasa lebih segar. Berikut beberapa tanaman penyerap bau yang bisa disimpan di dalam rumah.

Geranium

Selain cantik, tanaman bunga ini juga mengandung minyak esensial yang bisa menyerap bau busuk dan menebar aroma harum. Varietas tanaman ini bermacam-macam, dan setiap jenisnya memiliki aroma yang berbeda. Ada yang menghasilkan aroma peppermint, apel, mawar, hingga rempah-rempah.

Untuk merawatnya, pastikan tanaman Geranium mendapatkan sinar matahari yang cukup sehingga bisa tumbuh dengan baik.

Lavender

tanaman-lavender
Tanaman Lavender (Sumber: Unsplash)

Sering digunakan untuk pengharum ruangan dan aromaterapi, lavender memang salah satu tanaman yang terkenal dengan wanginya. Selain itu, lavender ternyata memiliki kemampuan untuk menyerap kelembapan di sekitarnya, sehingga sangat tepat disimpan di ruangan yang lembap dan bau apek.

Rosemary

Tanaman yang sering dijadikan bumbu dapur ini memang memiliki aroma yang khas. Itulah mengapa, Rosemary bisa menjadi pilihan tanaman penyerap bau yang bisa disimpan di ruangan, terutama ruangan lembap. Selain itu, rosemary juga merupakan salah satu tanaman anti virus, yang akan membuat ruangan menjadi lebih sehat.

English Ivy

Salah satu tanaman hias gantung ini dikenal efektif menyerap racun udara yang tidak sehat, seperti bau yang dihasilkan oleh kotoran hewan. Menyimpan English Ivy di dalam rumah akan membantu menyerap bau tidak sedap dan menjadikan ruangan lebih segar.

Mint

tanaman-mint
Tanaman Mint (Sumber: Unsplash)

Tanaman penyerab bau lainnya adalah Mint. Aromanya yang khas bisa membantu menyerap bau tidak sedap dalam ruangan. Selain menempatkan tanamannya, coba ambil beberapa lembar daun mint dan simpan dalam segelas air supaya ruangan terasa segar setiap hari.

Tertarik menyimpan tanaman penyerap bau di rumah atau ruangan kerja? Jangan lupa untuk terus merawatnya dengan mencukupi sinar matahari dan siram tanaman secara teratur. Gunakan koleksi pakaian dari Eiger untuk menemani kegiatan sehari-hari di rumah supaya tetap nyaman dan stylish! Tak perlu repot beranjak dari rumah, karena kita bisa belanja online di website Eiger Adventure Official. Jangan lewatkan penawaran terbaiknya, ya!

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru