HomeTips & TrickTraveling6 Tips Wisata Naik Kereta Komuter ke Jakarta Buat Perempuan, Apa Saja?

6 Tips Wisata Naik Kereta Komuter ke Jakarta Buat Perempuan, Apa Saja?

Mau ke Jakarta naik kereta komuter? Ayo baca tips naik kereta komuter buat perempuan, Eigerian!

Ibu kota Indonesia, Jakarta seringkali disebut sebagai kota metropolitan yang menyajikan segudang kearifan lokal. Salah satu kearifan lokal ini bersumber dari penduduknya yang bermuara dari berbagai daerah di Indonesia. 

Kereta komuter menjadi salah satu alat transportasi umum yang bisa dipakai oleh para traveler. Selain terhindar dari kemacetan di jalan, kereta komuter juga bisa membuat perjalanan lebih efektif. 

Kereta komuter adalah kereta api penumpang antarpusat dan pinggiran kota dengan rel yang dilengkapi dengan rel listrik di bagian atasnya. Transportasi umum ini bisa digunakan di sekitar wilayah Jabodetabek, termasuk Jakarta.

Meski begitu, kamu wisatawan perempuan tetap harus berhati-hati ketika sedang memakai kereta komuter sebagai moda transportasi umum yang digunakan. 

Tips Wisata Naik Kereta ke Jakarta Komuter Buat Perempuan

Buat kamu traveler perempuan, berikut tips wisata naik kereta komuter ke Jakarta yang perlu kamu tahu:

1. Hindari memakai aksesori yang berlebihan

Saat sedang di kereta komuter, sebaiknya hindari memakai aksesori yang berlebihan, ya Eigerian. Perhiasan ini, termasuk penggunaan anting, gelang, kalung, dan sebagainya.

Pemakaian aksesori yang berlebihan berisiko jatuh, hilang, bahkan kecantol jika sedang berdesakan di kereta komuter. Tidak hanya itu, perhiasan emas dan berlian juga bisa mengundang potensi kriminalitas. 

2. Ikat rambut dengan rapi

Buat kamu yang memiliki rambut panjang, sebaiknya rambut diikat dan digulung. Selain bisa bikin kamu nggak gerah, rambut panjangmu juga nggak mengganggu penumpang lainnya.

Agar ikat rambut kamu semakin bergaya, kamu bisa memakai Gamora MF Banda WF. Selain sebagai ikat rambut, Gamora juga bisa digunakan untuk bandana, wrist band, scraft, penutup kepala, penutup leher, maupun masker. 

3. Gunakan gerbong khusus penumpang perempuan

Gerbong khusus penumpang perempuan biasanya terletak di paling depan dan di paling belakang kereta. Penumpang laki-laki yang ketahuan menggunakan gerbong khusus ini, biasanya akan diminta pindah gerbong oleh petugas.

Bukan berarti benar-benar aman, menggunakan gerbong khusus ini tentu bisa meminimalisir kejahatan. Sebab, penumpang perempuan tidak akan berdesakan lagi dengan lawan jenis. Dengan begitu, kamu bisa terlindungi dari kasus pelecehan seksual, Eigerian. 

4. Selalu perhatikan penumpang sebelah

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, saat bergegas naik kereta komuter, sebaiknya pilih gerbong khusus penumpang perempuan. Namun, jika tidak memungkingkan, sebaiknya tetaplah waspada.

Kemudian, perhatikan penumpang di sisi kanan dan di sisi kirimu. Usahakan untuk duduk atau berdiri di penumpang kereta komuter khusus gerbong perempuan juga, ya Eigerian!

5. Gunakan pakaian berbahan nyaman

Dalam perjalanan naik kereta komuter, usahakan untuk menggunakan pakaian berbahan nyaman. Nah, karena kamu mau wisata pakai kereta komuter, coba pakai kaos EIGER Fascia T-shirt dan celana EIGER Addle Pants.

Fascia T-shirt merupakan kaus dengan motif garis yang terbuat dari bahan katun dan mempunyai potongan longgar atau oversized. Sementara celana Addle Pantas, celana dengan potongan loose fit yang santai. Jadi, kamu bisa semakin nyaman saat bepergian. 

6. Simpan barang berharga di dalam tas termasuk tips wisata naik kereta komuter ke Jakarta!

Agar bisa lebih aman, simpanlah barang berharga di dalam tas. Hal ini dilakukan untuk menghindari risiko kecopetan. Selain itu, hindari menggenggam handphone di tangan maupun di saku celana. 

Salah satu tas yang bisa kamu pakai untuk wisata, yaitu X-Caravel Canvas 20L 1A. Ransel ini didesain untuk menyimpan keperluan sehari-hari dengan rapi. Selain itu, X-Caravel juga memiliki kompartemen utama dengan saku dalam yang bisa memuat lapotp 14’ dan perlengkapan harian.

Rekomendasi Destinasi Wisata Naik Kereta Komunter di Jakarta

Source: Unsplash.com

Nah, berikut rekomendasi destinasi wisata di Jakarta yang bisa kamu kunjungi menggunakan kereta komuter, Eigerian:

1. Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Source: Unsplash.com

TMII terletak di Jakarta Timur dengan tiket masuk mulai dari Rp25 ribu. TMII buka setiap Senin sampai Jumat dari pukul 06.00 sampai 17.00 WIB. 

Kemudian, buka setiap Sabtu dan Minggu dari pukul 05.00 sampai 17.00 WIB. Berwisata ke TMII bisa memberikan banyak pengalaman menarik, seperti berkeliling naik sepeda, mengunjungi rumah adat dari berbagai daerah di Indonesia, hingga naik gondola (kereta gantung). Kalau kamu ke TMII, kamu bisa turun di Stasiun Cawang, Eigerian. 

2. Hutan Mangrove

Tips naik kereta
Source:Unsplash.com

Hutan Mangrove terletak di Jakarta Utara dan buka pukul 08.00 sampai 17.30 WIB. Harga tiket berwisata ke Hutan Mangrove dimulai dari Rp15.000 untuk anak dan Rp30.000 untuk dewasa.

Berwisata ke Hutan Mangrove, bisa memberikan suasana yang asri dan sejuk. Dari destinasi wisata ini, kamu bisa melihat beberapa gedung yang menjulang ke langit. Jika kamu mau ke Hutan Mangrove naik KRL, kamu bisa turun di Stasiun BNI City (Sudirman Baru).

3. Jakarta Aquarium

Tips traveling kereta komuter buat perempuan
Source: Unsplash.com

Jakarta Aquarium terletak di Jakarta Barat dan buka pukul 10.00 sampai 20.000 setiap hari. Harga tiket destinasi ini dimulai dari harga Rp115.000.

Jakarta Aquarium bisa membuat kamu menikmati nuansa laut. Wisata Jakarta ini memiliki koleksi biota laut yang unik. Nah, kalau kamu mau ke Jakarta Aquarium, kamu bisa turun di Stasiun Duri.

4. Kebun Binatang Ragunan

Tips naik kereta komuter buat perempuan
Source: Unsplash.com

Kebun Binatang Ragunan terletak di Jakarta Selatan dan buka setiap Selasa sampai Minggu pukul 07.00 sampai 15.00 WIB.

Harga tiket kebun binatang ini dibanderol dengan harga Rp4.000 untuk pengunjung dewasa dan Rp3.000 untuk pengunjung anak-anak. Di Kebun Binatang Ragunan, kamu bisa bertemu berbagai binatang yang unik, orangutan sumatera dan gorila. Kalau kamu ke Kebun Binatang Ragunan, kamu bisa turun di Stasiun Tanjung Barat. 

5. Kota tua

Tips traveling kereta komuter buat perempuan
Source: Unsplash.com

Berwisata di kota tua, bisa membuat kamu menikmati suasana Jakarta tempo dulu. Tidak perlu bayar alias gratis, di tempat wisata ini kamu bisa belajar sejarah Indonesia di Museum Fatahillah.

Kota tua dibuka setiap hari Selasa hingga Minggu pukul 08.00 sampai 21.00 WIB. Kalau ke Kota Tua, kamu bisa turun di Stasiun Jakarta Kota. 

Baca juga: Pertama Kali Naik Kereta Api? Ini Cara Naik Kereta yang Mudah dan Aman

Berwisata di Jakarta Lebih Nyaman dengan EIGER

Nah, itulah tips wisata ke jakarta naik kereta komuter buat perempuan. Saat ingin berwisata, siapkan itinerary perjalanan dengan baik, ya Eigerian! Dengan begitu, kamu bisa berlibur dengan aman dan nyaman.

Untuk melengkapi kebutuhan berwisatamu, kamu bisa berbelanja produk EIGER di website www.eigeradventure.com atau EIGER Adventure Store terdekat di kotamu! Nikmati gratis ongkir dan produk original dari EIGER!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru