HomeTips & TrickLifestyle7 Tips Mengadakan Konser dengan Konsep Zero Waste!

7 Tips Mengadakan Konser dengan Konsep Zero Waste!

Seringkali setelah konser musik berlangsung, ada timbunan sampah. Maka itu, simak 7 tips konser konsep zero waste berikut ini!

Kendati begitu seiring berjalannya waktu, sudah ada beberapa konser yang digelar di Indonesia dengan konsep zero waste. 

Salah satunya, konser yang akan digelar bulan November nanti, yaitu Coldplay menerapkan beberapa gerakan ramah lingkungan, seperti menyumbang satu pohon untuk satu penjualan tiket, panggung yang terbuat dari bahan daur ulang, gelang LED penonton yang bisa dikompos, dan masih banyak lagi. 

Dengan begitu, produksi sampah yang tinggi di konser bisa ditekan dengan tindakan pencegahan. 

Tips Mengadakan Konser dengan Konsep Zero Waste 

Nah, untuk mengadakan konser minim sampah, berikut tips mengadakan konser zero waste yang sebaiknya diperhatikan ketika mengadakan konser dengan konsep cinta lingkungan tersebut:

1. Lakukan edukasi 

Agar konsep zero waste di konser dapat berjalan dengan baik dan lancar, sebaiknya sosialisasikan konsep ini kepada seluruh orang yang bertugas, termasuk volunteer, crew, vendor, petugas kebersihan, hingga pengunjung. Edukasi ini bisa dilakukan melalui media-media promosi, cetak maupun digital.

2. Lakukan pemeriksaan

Sebelum konser dimulai, kamu bisa melakukan pemeriksaan barang bawaan penonton, terutama untuk barang-barang yang berpotensi menjadi sampah, seperti botol air mineral sekali pakai. Kemudian nantinya, barang-barang tersebut bisa dititipkan terlebih dahulu atau disita oleh panitia.

3. Pemilahan tempat sampah

Melakukan penyesuaian jumlah dan peletakan tempat sampah terpilah dengan kegiatan di venue tentu bisa mendukung terselenggarakannya konser dengan konsep zero-waste atau minim sampah. Misalnya, menyediakan tempat sampah terpilah di bazar F&B. 

4. Proyeksikan jumlah dan jenis tumpukan sampah

Panitia bisa memproyeksikan tumpukan dan komposisi sampah di konser yang diselenggarakan. Dengan cara menghitung jumlah penonton yang hadir dikali jumlah rata-rata sampah penonton. Lalu, ditambah dengan potensi timbulan sampah lain, misal dari properti konser (lightstick, poster, wadah makanan di F&B). 

5. Peran penting pembawa acara atau master of ceremony 

Pembawa acara memiliki peran yang tidak kalah penting ketika hari H pelaksanaan. Pada kesempatan ini, pembawa acara bisa mengumumkan kepada penonton tentang kontribusi konser terhadap kelestarian lingkungan secara periodik. Caranya, dengan tidak membuang sampah sembarangan dan melakukan pemilahan sampah. 

6. Simak kegiatan menonton konser zero waster

Salah satu hal yang paling penting dari pengendalian sampah konser adalah menyimak kegiatan yang akan dilakukan. Contohnya, panitia menyediakan atau menjual aksesori konser untuk menambah euforia konser. Usahakan, agar panitia tidak membiarkan aksesori konser itu menjadi barang yang tidak ramah lingkungan atau tidak mendukung konsep zero waste

7. Buat pembagian tugas

Setiap orang di dalam konser perlu saling berkoordinasi dalam menerapkan konsep zero waste agar bisa mengurangi dan mengelola sampah sejak prapelaksanaan. Contoh pembagian tugas yang dilakukan, yaitu:

  • Tim logistik/dekorasi/vendor
    • Prapelaksaan: Memakai dekorasi dan instalasi yang ramah lingkungan. Kemudian, mengkoordinir tim agar mengurangi sampah dan mengelola sampah yang dihasilkan.
    • Pelaksanaan: Lakukan edukasi dan penyebaran informasi ke penonton agar dekorasi atau instalasi konser ramah lingkungan. Selain itu, sediakan sarana untuk melakukan pengurangan sampah. 
    • Pascapelaksanaan: Lakukan pencopotan dekorasi atau instalasi dengan hati-hati agar tidak menghasilkan sampah dan bisa digunakan di event berikutnya. 
  • Tim promosi/iklan
    • Prapelaksanaan: Bertugas menyebarkan pesan tentang pengelolaan sampah di berbagai media promosi dan membagikan peraturan tentang pengelolaan sampah di acara.
    • Pelaksanaan: Memasang spanduk himbauan atau larangan tentang pengelolaan sampah yang bertanggung jawab sebagai pengingat bagi penonton. 
    • Pascapelaksanaan: Memberikan promosi atau apresiasi tentang upaya pengelolaan sampah yang telah dicapai oleh festival musik kepada masyarakat.
  • Pembawa acara
    • Prapelaksanaan: Tim melakukan seleksi dan edukasi terhadap tenant yang akan membuka stand untuk memakai atau menjual barang-barang ramah lingkungan.
    • Pelaksanaan: Memberikan promosi atau pengumuman kepada penonton untuk mengurangi sampah.
    • Pascapelaksanaan: Memberi apresiasi kepada penonton, tenant, serta seluruh crew terkait upaya pengelolaan sampah yang bertanggung jawab.

Tips Menonton Konser

Usainya pandemi COVID-19, membuat beberapa konser di Indonesia kembali bangkit. Agar bisa enjoy nonton konser, kamu bisa memperhatikan tips berikut:

1. Pesan tiket hari sebelumnya

Pengumuman pembelian tiket konser seringkali dibuka jauh-jauh hari secara online. Maka itu, pastikan untuk memesan tiket konser hari sebelumnya. Dengan begitu, kamu bisa mencari tiket konser dan hanya perlu datang saja. 

2. Pasang kalender pengingat

Setelah sukses membeli tiket konser, pastikan untuk memasang kalender pengingat. Apalagi, untuk konser yang akan berlangsung dalam hitungan bulan. Jadi, cobalah untuk memasukkan event itu dalam kalender ponselmu sehingga tidak mudah lupa jadwal konsernya, ya! 

3. Pastikan kondisi tubuh sehat

Hal yang tidak kalah penting saat menonton konser adalah memastikan kondisi tubuh sehat. Jangan lupa untuk menyantap makanan sebelumnya. 

4. Bawa barang seperlunya

Agar bisa nyaman bergerak di tempat konser, sebaiknya kemas barang seperlunya saat menjelang hari H konser. Selain itu, siapkan pula jas hujan sebagai antisipasi jika hujan turun. 

5. Ikuti aturan nonton konser

Umumnya penyelenggara konser menerapkan sejumlah aturan demi kenyamanan para penonton. Contohnya, tidak membawa berbagai benda berbahaya ke area konser. 

6. Datang tepat waktu

Agar menonton konser lebih nyaman, sebaiknya kamu datang konser tepat waktu, ya Eigerian! Dengan begitu, saat harus parkir kendaraan kamu tidak sulit untuk mencarinya. Selain itu, kamu juga bisa lebih menikmati suasana karena datang tepat waktu.

7. Nikmati pertunjukkan

Jika semua persiapan sudah dilakukan, ini saatnya untuk menikmati pertunjukan! Kemudian, jangan lupa untuk mengabadikan konser yang sedang berlangsung, ya Eigerian!

Baca Juga: 7 Inspirasi Baju Minimalis yang Cocok untuk Traveling

Nikmati Nonton Konser dengan Konsep Zero Waste bersama EIGER 1989!

Menonton konser dengan konsep zero waste tentu akan semakin asik bersama EIGER 1989! Salah satu dengan membawa Weekender Trash Bag. Trash bag ini tersedia dengan dua warna yang menarik,  yaitu black dan olive

Bersama Weekender Trash Bag, kamu bisa tetap menerapkan prinsip ‘Leave No Trace’ di mana pun kamu berada! Ayo belanja produk ini dan produk EIGER lainnya di eigeradventure.com gratis ongkir, produk original, pembayaran dengan banyak metode, dan punya harga terbaik!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru