HomeTips & Trick7 Manfaat Camping Bareng Keluarga, Apa Saja?

7 Manfaat Camping Bareng Keluarga, Apa Saja?

Eigerian, sudah tahu manfaat camping bareng keluarga belum? Camping bareng keluarga bisa kasih banyak manfaat, lho Eigerian. Manfaat-manfaat itu, seperti menemukan skill baru dan mengeksplorasi suasana baru. 

Adapun perlengkapan yang perlu kamu siapkan untuk camping bareng keluarga, beberapa di antaranya, yaitu membawa sleeping bag, matras, perlengkapan makan, dan tenda itu sendiri.

Manfaat Camping Bareng Keluarga

Eigerian, berikut manfaat yang bisa kamu dapatkan saat camping bareng keluarga:

1. Memberikan aktivitas fisik

Tahukah Eigerian, bahwa sebenarnya berkemah adalah aktivitas fisik? Karena mendirikan tenda, menyiapkan makanan, dan mengumpulkan kayu tentu membutuhkan energi. Ditambah lagi, biasanya tempat perkemahan memiliki akses ke kegiatan olahraga dan tempat rekreasi terdekat. 

Kalau kamu dan keluarga berencana untuk camping bareng, pilihlah aktivitas fisik yang disukai oleh seluruh keluarga, misalnya arung jeram atau menunggang kuda untuk dinikmati bersama. Dengan begitu, camping bareng keluarga akan membuatmu lebih merasa segar dan sehat, Eigerian!

2. Jelajahi lingkungan baru

Menjelajahi lingkungan baru saat camping, bisa menciptakan perspektif baru, lho Eigerian. Perspektif baru itu akan tercipta dimulai dari aktivitas navigasi area baru. 

Tidak perlu menempuh jarak berkilo-kilometer, kamu bisa camping di sekitar halaman rumah atau taman di sekitar rumah yang belum pernah kamu dan keluarga kunjungi bersama sebelumnya.

3. Mengisi waktu di luar ruangan

Untuk mengisi waktu di luar ruangan, kamu bisa memulainya dengan camping bareng keluarga untuk menghargai alam sekitar.

Cobalah untuk mengamati kehidupan hewan, keasrian tumbuhan, dan indahnya alam. Dengan begitu, alam terbuka bisa membantu menyegarkan tubuh dan pikiran kamu, Eigerian. 

4. Mengasah keterampilan baru

Keterampilan baru diasah ketika camping bareng keluarga bisa dimulai dengan mendirikan tenda bersama, menyalakan api unggun, dan memasak di sekitar area camping.

Kemudian, luangkan waktu untuk memperkenalkan keasrian alam kepada anak-anak. Lalu, ciptakan kebiasaan baru bareng keluarga yang telah direncanakan sebelum perjalanan kamu dimulai.

5. Membangun kebersamaan

Camping bersama keluarga bisa memberikan pengalaman yang menarik karena aktivitas outdoor ini akan membuat kamu, ayah, ibu, kakak, adik, nenek, dan kakek memiliki rasa kebersamaan yang tinggi. 

Dengan aktivitas camping ini, kamu bisa merasakan pengalaman camping bersama keluarga yang sebelumnya belum pernah dirasakan.

6. Meningkatkan rasa peduli terhadap alam

Camping bareng keluarga bisa menanamkan sikap peduli terhadap alam setiap anggota keluarga, terutama untuk anak-anak. Sikap ini bisa ditanamkan sejak dini, misalnya memberi pengetahuan tentang pentingnya kehadiran pohon di hutan.

Baca juga: Tips Aman Camping di Hutan dan Peralatan yang Perlu Dibawa

Mau Mendapatkan Manfaat Camping Bareng Keluarga? Simak 6 Persiapannya!

Manfaat camping bareng keluarga

Eigerian, sebelum mengajak keluarga untuk camping, ayo lakukan persiapan-persiapan berikut ini:

1. Tentukan jadwal dari jauh-jauh hari sebelumnya

Setiap anggota keluarga tentu memiliki jadwalnya masing-masing. Jadi sebaiknya, tentukan jadwal dari jauh-jauh hari sebelumnya.

Kamu bisa mulai menentukan jadwal dengan cara menanyakan agenda saat akhir pekan atau saat libur tanggal merah. Jika sudah, tentukan lokasi tempat camping berlangsung. Lalu, lanjutkan untuk membuat itinerary saat camping.

2. Bawa tenda

Tenda, frame, dan pasak merupakan perlengkapan utama yang harus dibawa asat sedang camping. Meski beberapa tempat wisata menyediakan sewa tenda, tapi membawa tenda sendiri tentu lebih menyenangkan.

Salah satu tenda yang bisa dipakai, yaitu EIGER Guardian 8P. Tenda kemah ini mempunyai dua ruangan dengan sekat yang bisa diisi sebanyak delapan orang. Guardian 8P mempunyai dua buah pintu masuk dengan jala antinyamuk untuk melindungi kamu dan keluarga dari gigitan serangga. 

3. Bawa sleeping bag dan matras

Kantong tidur atau sleeping bag (SB) menjadi salah satu barang yang wajib dibawa ketika camping. SB bisa melindungi tubuh dari suhu dingin sehingga kamu dan keluarga akan merasa hangat jika memakai kantong tidur ini. 

Salah satu matras yang bisa dipakai, yaitu Lake Side yang akan memberi kenyamanan dan keamanan saat tidur di alam terbuka. Selain SB, kamu juga perlu membawa matras. Ada beberapa jenis matras yang bisa kamu bawa saat camping, seperti matras lipat, matras isi udara, hingga matras biasa. 

4. P3K dan survival kit

P3K dan survival kit bisa kamu bawa untuk berjaga-jaga jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan selama camping

Beberapa di antaranya, yaitu jika terjadi luka pada tangan, tas robek, dan sebagainya. Kamu bisa memilih P3K dan survival sesuai dengan kebutuhan, ya Eigerian!

5. Siapkan korek api, senter, headlamp, dan baterai cadangan

Korek api merupakan salah satu peralatan yang tidak boleh ketinggalan ketika camping. Peralatan ini bisa menjadi alat untuk berjaga-jaga jika pemantik kompor mati. 

Setelah korek api, kamu juga bisa membawa senter dan headlamp. Lantaran, camping identik dengan menginap di alam bebas. Jangan lupa untuk membawa senter atau headlamp sesuai dengan jumlah orang yang ikut camping, ya Eigerian!

6. Bawa pisau serbaguna

Saat camping bareng keluarga, jangan lupa untuk membawa pisau serbaguna ya, Eigerian! Pisau serbaguna ini biasanya berisi sendok dan garpu lipat sehingga bisa membuat kamu lebih praktis.

Untuk melengkapi kebutuhan pisau serbaguna kamu, EIGER punya beberapa produk pisau yang bisa kamu pilih, lho. Salah satunya, Coghlans Pocket Sierra Saw yang adalah gergaji lipat terbaik yang cocok digunakan di alam atau sekitar rumah karena tidak perlu diasah. 

Baca juga: Ini 6 Perlengkapan Camping yang Wajib Dibawa, Ada Tambahan?

Dapatkan Manfaat Camping Bareng Keluarga Pakai EIGER

Nah, itulah manfaat camping bareng keluarga. Merasakan manfaat camping bareng keluarga bisa kamu dapatkan dengan memakai produk EIGER. 

Beberapa di antaranya, seperti EIGER Guardian 8P, Lake Side, dan Coghlans Pocket Sierra Saw. Ayo belanja perlengkapan camping di eigeradventure.com atau EIGER Store Adventure terdekat di kotamu! Gratis ongkir, produk original, pembayaran dengan banyak metode, dan punya harga terbaik.

Baca juga: Tips Camping dan Rekomendasi Tenda Camping 4 Orang Terbaik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru