HomeTips & TrickLifestyleMenjalani Gaya Hidup Minimalis, Lebih Mindful & Anti Stress!

Menjalani Gaya Hidup Minimalis, Lebih Mindful & Anti Stress!

Pernahkah merasakan hidup menjadi berantakan? Di antara rutinitas harian dan jadwal kerja yang padat, ada banyak hal menumpuk di sekitar kita. Mulai dari cucian kotor, barang bekas, atau tugas-tugas lain yang keteteran. Nah, dengan menjalani gaya hidup minimalis bisa membantu kita untuk membereskan itu semua!

Eigerian akan tergerak untuk menyimpan barang-barang yang diperlukan saja, sehingga mengurangi stres dan hidup jadi lebih tertata. Menerapkan tips-tips hidup minimalis dan hemat bukan berarti membuang semua barang atau hidup seminimal mungkin.

Inti dari gaya hidup minimalis adalah meninggalkan kebiasaan buruk dan belajar mencermati apa-apa yang benar-benar dibutuhkan. Dengan memprioritaskan pada hal-hal yang fungsional, akan memberikan makna mendalam terhadap hidup. 

Pahami Definisi Gaya Hidup Minimalis

Ingin hidup lebih banyak merasakan kebebasan, kedamaian, dan kesederhanaan? Cobalah mulai beralih ke gaya hidup minimalis. Arti minimalis tidak terbatas pada hidup serba hemat dan terbatas, namun lebih luas lagi dengan memprioritaskan hal-hal yang penting dan bermakna dalam hidup.

Dengan lifestyle minimalis, akan membantu kita untuk mengenali dan menghilangkan beberapa kebiasaan buruk yang bisa merusak diri sendiri. Hidup dengan prinsip minimalis juga mengantarkan jalan menuju kebebasan dan kepuasan yang tak terbatas hanya pada nilai material saja. 

Apa Saja Manfaat Menerapkan Hidup yang Minimalis?

Perubahan lifestyle memang bukan hal yang mudah. Dalam prosesnya tentu membutuhkan kesabaran, fleksibilitas, dan planning yang cermat. Untuk membantu EIgerian dalam mempelajari cara hidup minimalis, berikut adalah lima manfaat yang perlu dipahami:

1. Lebih Sedikit Kekacauan dan Stres

Ruangan di dalam rumah yang berantakan tidak hanya merepotkan, namun bagi sebagian besar orang menimbulkan stres seiring waktu. Seiring waktu, stres berdampak negatif terhadap tubuh dan pikiran, mulai dari penurunan fungsi memori hingga efektivitas sistem saraf.

Dengan selalu menjaga kebersihan ruangan dan merapikan semua barang-barang di sekitarmu, adalah contoh salah satu langkah sederhana untuk memelihara kesehatan fisik dan mental.

2. Meningkatkan Kepribadian dan Etos Kerja

Kebiasaan datang terlambat ke kantor karena bangun kesiangan atau deadline yang berantakan merupakan contoh dari pemborosan waktu yang bisa dihindari. Kebiasaan buruk tersebut bisa berdampak buruk pada etos kerja dan reputasimu.

Dengan hidup lebih teratur, sederhana, dan terorganisir, maka akan membantumu selalu tampil lebih baik di hadapan orang-orang.

3. Produktivitas yang Lebih Tinggi

Gaya hidup yang minimalis bisa membantu mengurangi distraksi atau gangguan di sekitarmu dan lebih berfokus pada hal-hal yang benar-benar penting. Ini mengarah pada peningkatan produktivitas dan efisiensi pada segala aspek kehidupan. 

4. Manajemen Keuangan yang Lebih Baik

Dengan mengurangi konsumsi berlebihan dan lebih memprioritaskan kebutuhan dibanding keinginan, Eigerian dapat menghemat lebih banyak uang dan mengelola pengeluaran dengan  lebih efektif.

5. Meningkatkan Kesehatan dan Kebugaran

Inti hidup minimalis yang menekankan prinsip kesederhanaan dan kesadaran akan membawa kita memilih gaya hidup yang lebih sehat. Misalnya saja, gaya hidup diet seimbang, olahraga teratur, serta manajemen stres yang lebih baik, dapat mendorong peningkatan kesehatan dan kebugaran secara keseluruhan.

6. Hidup Lebih Bahagia

Tanpa disangka, dengan menerapkan gaya hidup minimalis, menumbuhkan rasa bersyukur dengan apapun yang dimiliki. Dengan tidak mendasarkan kebahagiaan hidup pada kekayaan dan materi, kaum minimalis lebih bahagia dan puas dengan standar hidup yang mereka miliki sendiri. 

Beberapa Contoh Penerapan Gaya Hidup Minimalis

1. Terapkan Declutter

Mulailah dengan menyingkirkan benda-benda yang tidak diperlukan lagi di sekitar rumahmu. Mulailah dengan mendonasikan atau menjual barang-barang yang tidak lagi digunakan atau dibutuhkan. Pertimbangkan apakah setiap kepemilikan atas barang membawa ilai bagi hidupmu, dan jika tidak, singkirkan saja.

2. Sederhanakan Rutinitas Sehari-Hari

Mulai tinggalkan aktivitas atau komitmen dalam bentuk apapun yang tidak memberi nilai pada hidupmu. Sekarang fokuslah pada hal-hal yang lebih penting dan tinggalkan kesibukan yang tidak bermanfaat. 

3. Membeli Barang dengan Mengutamakan Kualitas daripada Kuantitasnya

Barang-barang yang berkualitas memang terkadang lebih mahal namun tentunya memiliki nilai manfaat yang lebih tinggi dalam jangka panjang. Barang mahal menawarkan kualitas yang bagus dan tahan lama dibandingkan barang yang lebih murah. 

Maka jangan ragu untuk berinvestasi pada peralatan rumah tangga, peralatan elektronik, pakaian, tas, dan lainnya dengan kualitas yang unggul dan pastinya awet digunakan dalam jangka panjang. 

Jika kamu sedang mencari koleksi fashion yang trendy dan high quality, mulai dari celana, baju, dan lainnya, langsung mampir ke online store EIGER Adventure.

4. Hindari Perilaku Impulsif dalam Berbelanja

Perilaku belanja impulsif mungkin membuatmu merasa puas untuk sementara waktu, namun lama kelamaan akan berkurang hingga belanja berikutnya. Cobalah untuk mindful seperti refleksi diri dan meningkatkan rasa syukur agar lebih memahami core values sehingga bisa menahan dari perilaku impulsif. 

5. Memperbanyak Pengalaman Bermakna dalam Hidup

Hidup minimalis tidak berarti bersikap sangat hemat dan membosankan dalam kehidupan 

sehari-hari. Jika kamu ingin menambah kebahagiaan dalam hidup, fokuslah pada pengalaman hidup sebanyak mungkin. 

Menghabiskan waktu untuk melakukan hobi atau berinteraksi dengan orang-orang yang dicintai penting karena akan tercipta ikatan dan memori lebih dalam yang bisa membuat hidup lebih bermakna. Setuju?

Baca juga: 8 Contoh Green Lifestyle yang Sederhana, Lakukan Setiap Hari

Mulai Gaya Hidup Minimalis Sekarang Juga

Dengan menganut gaya minimalis sehari-hari, kamu dapat menciptakan lebih banyak ruang, waktu, dan kebebasan dalam hidup. Hal ini memungkinkan kita untuk fokus pada hal-hal yang benar-benar penting dan mengurangi dampak lingkungan,

Mulai dari kebiasaan konsumsi yang sadar dan cermat, akan tercipta kehidupan yang lebih berkelanjutan. Produk-produk berkualitas dari EIGER akan mendukungmu dalam menerapkan gaya hidup minimalis dalam kehidupan sehari-hari. 

Kamu bisa mencari dan berbelanja berbagai macam outfit yang nyaman dan produk-produk lainnya di website resmi EIGER Adventure atau langsung berkunjung ke EIGER Adventure Store (EAS) terdekat.

Untuk mendapatkan pengalaman belanja yang lebih mudah dan praktis, belanja lewat mobile apps EIGER Adventure bisa jadi opsi terbaik. 

Langsung saja unduh aplikasinya di Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iOS. Produknya tersedia lebih lengkap, ada banyak promo menarik, hingga gratis ongkir ke seluruh wilayah Indonesia. Cek sekarang!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru