HomeTips & TrickTraveling7 Wisata Kota Tua yang Wajib Masuk Itinerary

7 Wisata Kota Tua yang Wajib Masuk Itinerary

Apa yang pertama terbersit di benak kamu saat pertama membaca frasa ‘kota tua’? Kota Tua Jakarta? Atau justru Kota Tua Semarang yang ada di Jawa Tengah? Yang jelas, setiap lokasi ini memiliki sejarah dan jadi daya tarik wisata unik untuk DKI Jakarta dan Jawa Tengah.

Tapi tahukah kamu jika masih banyak lagi kota tua yang ada di seluruh Indonesia? Nah, untuk memberikan inspirasi destinasi wisata dan petualangan untuk kamu, kami tuliskan beberapa opsi menarik lain yang tak hanya berada di DKI Jakarta dan Semarang saja.

Berikut beberapa kota tua lain yang ada di Indonesia!

1. Tidak Kalah Ikonik, Di Bandung

Kota Tua Bandung jadi salah satu tujuan wisata yang juga banyak dimasukkan ke dalam itinerary yang dibuat wisatawan. Tentu, daya tarik utama terletak pada kesan kuno dan klasik yang masih dipertahankan hingga saat ini, sehingga selalu jadi incaran mata lensa.

Lokasinya ada di Jalan Asia Afrika dan Braga. Pertama kali menginjakkan kaki di lokasi ini, kamu akan disambut banyak bangunan tua yang tampak jelas dari desain dan arsitekturnya. Selai nuansanya yang kuno, kamu juga bisa menikmati aneka jajanan dan wisata kuliner di sana.

2. Singkawang Juga Memiliki Kota Tua

kota tua
(gambar hanya ilustrasi)

Yang kedua adalah Kota Tua Singkawang yang menjadi tujuan wisata menarik untuk dikunjungi. Jika biasanya lokasi wisata dengan tema seperti ini berada di area pinggiran kota, maka Singkawang memiliki area kota klasik tepat di pusat kotanya.

Tepatnya di Pasar Hong Kong, tempat semua bangunan klasik dengan kesan kuno masih berdiri gagah dan kokoh. Seperti namanya, kesan Tiongkok kuno terasa sangat kental pada bangunan utama pasar tersebut. Kamu juga bisa berkunjung ke Kuil Tri Dharma Bumi Raya dan Rumah Tua Keluarga Tjhia untuk bangunan kuno yang lain.

Baca Juga : Berkenalan dengan Open Trip dan Sedikit Tipsnya

3. Padang Lama, Area Kota Tua Di Padang

Jika di beberapa kota di Indonesia penyebutan kota tua hanya disambung dengan nama kotanya, di Padang, sebutannya adalah Padang Lama. Seperti kota-kota lain yang sudah berusia tua, cukup banyak bangunan bersejarah dan kuno di area ini.

Tak terbatas hanya gedung yang kemudian dijadikan objek wisata saja, gedung di sini juga masih ada yang dimanfaatkan untuk kegiatan harian sebagai bukti kualitas bangunan yang tidak main-main. Ada juga gedung kolonial tua milik penjajah yang sempat menguasai kota ini.

4. Singgah Ke Kediri, Mampir Ke Jalan Doho

kota tua
(gambar hanya ilustrasi)

Kediri juga tak mau ketinggalan dengan komplek perkotaan tua yang dimilikinya. Tepatnya ada di Jalan Doho, kamu bisa merasakan suasana klasik yang ada di kota ini. Kamu bisa melihat secara langsung beberapa bangunan tua yang masih berdiri kokoh di sana.

Meski demikian beberapa bangunan tua sudah mengalami modernisasi karena alasan teknis. Bangunan ini dibarukan, sehingga bisa kembali digunakan untuk kegiatan masyarakat. Namun demikian suasana klasik masih terasa kental di area Jalan Doho ini.

5. Yogyakarta Tidak Mungkin Dilewatkan Bukan?

Yang keempat adalah areal kota tua yang ada di Yogyakarta. Sepanjang Jalan Jenderal Sudirman hingga ke titik 0 kilometer, kamu bisa menikmati sensasi area perkotaan tua yang dihiasi dengan bangunan-bangunan tua. Tentu saja, wisata kuliner Yogyakarta juga siap menyambutmu.

Selain di pusat kota, kamu juga bisa menikmati suasana kota klasik di Kotagede. Tempat ini memiliki banyak sekali bangunan tua yang masih digunakan hingga saat ini, namun terawat dengan baik. Di sana, kamu bisa menikmati wisata kerajinan perak yang indah, ikonik, dan juga cocok jadi oleh-oleh.

6. Instagramable dan Terawat, Kota Tua Surabaya

kota tua
(gambar hanya ilustrasi)

Tidak hanya memiliki bangunan tua yang ikonik, salah satu wilayah kota bernuansa klasik yang ada di Surabaya ini juga mendapat perhatian penuh dari pemerintah sehingga justru tampak makin indah. Tak heran, banyak orang ke sini untuk berfoto dan berburu momen epik di banyak sudutnya.

Perawatan yang dilakukan juga tidak main-main. Secara reguler lokasi-lokasi ini dibersihkan dan dirawat bangunannya, sehingga makin hari justru makin indah. Uniknya, kesan klasik tetap terjaga dan tidak luntur sama sekali.

7. Kota Lama Semarang

Tetap akan kami sebutkan walaupun tentu sudah ada di pikiran kamu sejak tadi, karena tempat ini benar-benar harus masuk ke dalam itinerary kamu jika berburu area kota dengan suasana klasik. Sebutkan saja, mulai dari Gereja Blenduk, Lawang Sewu, bangunan stasiun, dan masih banyak sekali bangunan tua yang ada di sana.

Semarang juga menjadikan Kota Lama Semarang salah satu andalan dalam hal pariwisata, karena memiliki ciri khas yang tak mungkin ditemukan di tempat lain.

Baca Juga : Rencanakan Traveling Seru Bareng Teman Pakai 7 Tips Ini

Mengunjungi kota tua, dimanapun lokasinya, selalu akan memberikan kesan unik karena setiap area memiliki ciri khas berbeda. Tentu saja ketika berkunjung kamu juga wajib menyiapkan semua rencana, dan didukung dengan perlengkapan berkualitas.

Eiger Adventure akan jadi opsi paling pas untuk kamu gunakan. Dengan produk berkualitas dan pilihan desain yang beragam, kamu bisa menemukan semua peralatan petualanganmu di sana. Berkunjung ke kota tua jadi makin seru, dengan dukungan perlengkapan terbaik di setiap langkahmu!

Newsletter

Mau jadi yang pertama tau update tentang Eiger Adventure? Yuk, sign up ke newsletter kami!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments