HomeTips & TrickGreen & Healthy8 Bahan Baju Olahraga yang Nyaman dan Mudah Menyerap Keringat

8 Bahan Baju Olahraga yang Nyaman dan Mudah Menyerap Keringat

Olahraga adalah aktivitas gerak tubuh yang memiliki peran penting untuk kesehatan. Dengan olahraga, tubuh seseorang menjadi lebih sehat dan kuat. Tidak hanya menjaga kesehatan jasmani, olahraga juga berpengaruh terhadap kesehatan rohani. Namun tidak hanya kegiatannya saja yang kamu perhatikan, kenyamanan saat olahraga pun penting. Yuk cari tahu bahan baju olahraga yang nyaman dan mudah menyerap keringat! 

Kenali Bahan Baju Olahraga yang Nyaman!

Sebenarnya bagaimana cara pilih bahan baju olahraga yang tepat? Pemilihan bahan kaos olahraga memang harus kita sesuaikan dengan aktivitas atau olahraga yang dipilih ya Eigerian.

Baju olahraga punya spesifikasi khusus karena dibuat untuk aktivitas fisik yang berbeda dengan keseharian kita. Lebih baik untuk menghindari berolahraga dengan kaos atau pakaian yang kamu gunakan sehari-hari ya.

Berbagai kegiatan olahraga akan membuat kamu memproduksi banyak keringat. Baju yang salah bisa jadi tidak menyerap keringat dengan baik ini akan membuat  bakteri di badan akan sulit terurai dan menimbulkan bau yang kurang sedap. Sebelum terlambat yuk kenali beberapa jenis bahan baju olahraga ini. 

Jenis Bahan Baju Olahraga, Mana yang Paling Cocok Denganmu?

1. Polyester Active dry

Polyester activedry adalah salah satu bahan baju yang umum digunakan untuk baju olahraga. Bahan ini berasal dari polyester yang dibuat menggunakan teknologi khusus (bernama activedry).

Active dry bisa serap keringat dengan baik. Selain itu bahannya terasa lebih dingin, mudah kering, nggak mudah kusut, sehingga nyaman untuk digunakan selama olahraga. Bahan ini akan terasa tetap adem di kulit karena kemampuan menyerap keringatnya. 

2. Cotton Combed

Bahan baju yang satu ini Eigerian pasti punya deh. Cotton Combed adalah salah satu bahan yang paling terkenal selain polyester. Bahan kaos katun yang satu ini jadi favorit karena enak untuk dipakai sehari-hari atau untuk dijadikan kaos olahraga.

Dibuat dari 100% serat cotton atau serat kapas sehingga daya serapnya sangat baik. Teksturnya halus di kulit dan ukuran ini yang punya kemampuan penyerapan keringat paling baik. Bahan ini bikin kamu jadi anti bau badan saat melakukan olahraga, seperti badminton, futsal dan lain lain. 

3. Dry-Fit

Bahan baju olahraga yang nyaman selanjutnya ada dry-fit. Dry-fit adalah bahan baju olahraga dengan teknologi yang spesifik: mengatur suhu tubuh penggunanya. Bahan ini merupakan campuran polyester, spandex dan nylon. Kombinasi bahan ini lah yang mampu serap kelembapan dan segera mengeluarkannya melalui uap. 

Bahan ini nyaman digunakan karena lentur dan mengikuti bentuk tubuh. Bahan ini juga punya saluran ventilasi tiga dimensi yang bisa membuat sirkulasi udara di sekitar kulit. Inilah yang membuat suhu tubuhmu teregulasi dengan baik dan ga bikin kamu cepat keringetan deh Eigerian. 

4. Spandex

Spandex atau Lycra adalah bahan yang mudah melar  juga elastis. Bahan ini bisa melebar sampai 6 kali ukuran aslinya. Kamu bisa mendapatkan bahan ini di beberapa baju olahraga seperti baju lari atau olahraga crossfit.

Kemampuan menyerapelembapan dan kering dengan cepat. Jangan khawatir karena kulit akan tetap bisa bernapas dengan baik di bawah spandex.

5. Neoprene

Bahan sintentis bernama Neoprene ini paling tebal. Teksturnya seperti foam berfungsi sebagai isolator dan sangat tahan air. Bahan ini memang khusus untuk watersport.

Cocok untuk kegiatan berenang, snorkeling dan lain lain. Coba deh kamu rasakan bahan dari baju renangmu. Lebih tebal bukan?

6. Nylon

Punya stocking atau legging olahraga di rumah? nah bahan stocking atau leggingmu ini adalah nylon.  Bahan ini digunakan karena elastis, mudah kering, dan nggak mudah berjamur.

Buat Eigerian yang yang khawatir sama kelembapan di area paha. Bahan ini juga bisa wicking keringat dari kulit, sehingga keringat terserap pada baju dan menguap.

7. Cotton Bamboo

Beberapa tahun terakhir, baju olahraga ini populer loh Eigerian. Selain nyaman di kulit bahan ini juga memang adem. Bahan baju ini adalah campuran serat kapas dan serat bamboo. 

Lembut, sejuk dan cocok digunakan untuk kegiatan yang dilakukan di bawah sinar matahari. Daya serap yang baik serta kemampuannya untuk bikin tubuh tetap sejuk adalah salah satu alasan cotton bamboo cocok untuk olahraga outdoor. 

8. Polypropylene

Bahan yang satu ini mirip dengan  polyester karena terbuat dari plastik. Namun bedanya, bahan sintetis ini sangat anti-air. Baju yang berbahan polypropylene akan memaksa kelembapan melalui seratnya dan membuat keringat menguap. 

Meskipun badan mu basah karena keringat dan di luar pakaian terasa basah, namun bagian dalam akan tetap kering loh. Yang unik bahan ini juga tahan terhadap noda. Mudah untuk hilangkan noda bekas tumpahan sesuatu. 

Baca Juga: Inilah Manfaat Olahraga Kardio bagi Para Pelaku Mountaineering

Beli Baju dan Perlengkapan Olahraga Mu Disini! 

Kalau butuh perlengkapan untuk menemani olahraga di dalam maupun luar ruangan, Eigerian bisa cek koleksi terbaru Eiger. Ada sepatu, pakaian olahraga, matras, botol minum, dan lain sebagainya. Sekarang tak perlu repot datang ke store, karena Eigerian bisa belanja online dengan nyaman dan aman di Eiger Adventure Official Website. Cek Sekarang, yuk!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru