HomeTips & TrickPanduan Menjelajahi Jatim Park dan Hal yang Perlu Diperhatikan

Panduan Menjelajahi Jatim Park dan Hal yang Perlu Diperhatikan

Jatim Park adalah ikon wisata Kota Batu, Malang. Jatim Park hadir lewat 3 taman bermain, di mana masing-masing destinasi menawarkan pengalaman liburan yang berbeda. Lantas, seperti apa keseruan yang ditawarkan dari ketiganya? Dan bagaimana panduan menjelajahi Jatim Park? 

Jatim Park 1 dirancang sebagai sebuah taman bermain yang modern, di mana tempat wisata ini bisa jadi tempat melepas penat dengan lebih dari 50 wahana seru untuk berbagai kalangan usia. Beberapa wahana yang ada di antaranya adalah Spinning Coaster, 360° Pendulum, Aero Test, hingga Flying Tornado. Selain untuk rekreasi, Jatim Park 1 juga menawarkan wahana untuk belajar seperti Galeri Etnik Nusantara, Science Center, serta Rumah Adat Madura. 

Batu Secret Zoo adalah salah satu kebun binatang terbesar di Indonesia yang menjadi daya tarik utama dari Jatim Park 2. Kebun binatang ini memiliki desain yang modern dengan berbagai koleksi satwa yang terbagi dalam beberapa zona. Menariknya lagi, kita dapat melihat semua koleksinya dari jarak dekat. 

Sedangkan Jatim Park 3 adalah tempat terbaik untuk berwisata sambil belajar tentang kehidupan hewan purba. Di Jatim Park 3, kita akan berpetualang bertemu replika kawanan dinosaurus ala Jurassic Park di Dino Park. Wahana yang menjadi andalan adalah Jelajah Lima Zaman, berupa kereta raksasa yang akan membawamu berkeliling untuk menjelajahi kehidupan dinosaurus dari zaman ke zaman. 

Panduan Menjelajahi Jatim Park

panduan menjelajahi jatim park
(Gambar Hanya Ilustrasi)

Jatim Park 1

Panduan menjelajahi Jatim Park, bisa kita mulai dari Jatim Park 1 yang berlokasi di Jalan Kartika Nomor 2, Desa Sisir, Kota Batu. Berada di ketinggian 850 mdpl, Jatim Park 1 ini akan membuat kita betah berlama-lama karena hawa udara sejuk dan pemandangannya yang indah. Setelah puas bermain dan belajar, kita bisa beristirahat sambil berwisata kuliner khas Jawa Timur dan berbelanja souvenir yang tersedia di sana. Jatim Park 1 buka setiap hari pukul 08:30-16:30 waktu setempat. Harga tiket masuknya yaitu Rp75.000 per orang pada hari kerja dan Rp120.000 per orang pada hari libur. Sementara bagi yang ingin masuk Museum Tubuh harus membayar tiket tambahan senilai Rp50.000 per orang. 

Jatim Park 2

Panduan menjelajahi Jatim Park selanjutnya adalah menuju Batu Secret Zoo yang berlokasi di Jalan Oro-oro No 9, Kota Batu. Buka sejak pukul 10:00-17:00 waktu setempat, kita perlu membayar tiket masuk Rp90.000 per orang pada hari biasa, dan Rp120.000 per orang pada hari libur. Jangan ketinggalan untuk menikmati berbagai atraksi seru seperti berinteraksi dengan bayi satwa di Baby Zoo, berfoto dengan harimau, beragam jenis burung, hingga memberi makan hewan secara langsung di Safari Farm, ya

Setelah puas di Batu Secret Zoo, panduan menjelajahi Jatim Park selanjutnya adalah mengunjungi Museum Satwa. Berbagai hewan yang diawetkan bisa kita dilihat di sana, mulai dari aneka satwa yang ada di Indonesia hingga replika koleksi binatang purba yang sudah punah seperti Tyrannosaurus-Rex, Apatosaurus, bahkan Stegosaurus. Jangan lupa sempatkan untuk mengunjungi Eco Green Park. Di dalamnya ada koleksi serangga yang diawetkan yang sayang sekali jika dilewatkan. Selain itu, kita juga bisa belajar tentang asal usul bumi, mengetahui cara daur ulang barang bekas, atau sekadar menikmati permainan water outbond yang menyenangkan. 

Jatim Park 3

Selanjutnya, saatnya berpetualang bertemu replika kawanan dinosaurus ala Jurassic Park di Dino Park dan menikmati wahana Jelajah Lima Zaman dengan tiket masuk Rp100.000 per orang. Kalau belum puas, coba rasakan sensasi berjalan di tengah-tengah makhluk purbakala di The Rimba. Kita bisa berfoto dengan replika dinosaurus yang bergerak dan bersuara, lho. Lokasi Jatim Park 3 mudah diakses, tepatnya berada di Jalan Ir Soekarno, Desa Beji, Kota Batu. Sebagai tempat wisata populer, Jatim Park 3 juga memanjakan pengunjung dengan menghadirkan Museum Musik Dunia, Fun Tech Plaza, The Legend Star, hingga Infinite World.

Baca juga: Daftar Desa Wisata yang Patut Dikunjungi Saat PPKM Usai

Hal yang Perlu Disiapkan Sebelum Traveling

panduan menjelajahi jatim park

Kalau sudah tahu detail tentang panduan menjelajahi Jatim Park 1, 2, dan 3, kini saatnya berkemas. Ada beberapa hal yang perlu disiapkan sebelum kita pergi traveling

  • Hal penting yang paling utama adalah mempersiapkan tiket dan semua akomodasi perjalanan.
  • Selanjutnya, pilih penginapan yang tidak begitu jauh dari tempat wisata yang akan kita tuju.
  • Hal penting selanjutnya adalah menyiapkan barang bawaan. Susun dan klasifikasikan barang bawaan secara rapi dan baik.

Baca juga: Rekomendasi 5 Kuliner Jogja yang Nikmatnya Bikin Merem Melek

Pastikan kita membawa barang yang benar-benar dibutuhkan selama traveling. Saat sedang berkemas, catat barang bawaan dalam buku kecil agar kita tidak lupa barang atau pakaian apa saja yang dibawa. Kemudian update daftar tersebut saat kita akan pulang. Cara ini bisa membantu kita untuk lebih mudah memastikan semuanya lengkap dan tidak ada yang tertinggal.

Eiger Braveway Trilogic 20L Backpack bisa jadi teman terbaik untuk traveling, lho! Tas ini dapat dipakai dengan tiga cara, yaitu sebagai backpack, shoulder bag, atau tas jinjing, yang sangat cocok untuk mendukung kegiatan harian, termasuk saat mengeksekusi panduan menjelajahi Jatim Park. Material luar tas ini dilengkapi dengan finishing water repellent yang menawarkan perlindungan sementara dari percikan air atau hujan ringan. Jadi, menjelajahi Jatim Park 1, 2, maupun 3 tentu akan lebih nyaman dan aman di segala cuaca. Untuk koleksi terbaru dari Eiger lainnya, bisa cek di sini!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru