HomeTips & TrickRidingIngin Coba Bersepeda Lintas Alam? Berikut Manfaat dan Tipsnya!

Ingin Coba Bersepeda Lintas Alam? Berikut Manfaat dan Tipsnya!

Bersepeda baik untuk kesehatan jiwa dan ragamu, mulai dari mencegah depresi, stroke, serangan jantung, kanker, diabetes, hingga obesitas. Eigerian sendiri apakah suka bersepeda atau kamu menyukai bersepeda lintas alam?

Tak cuma menyehatkan, bersepeda juga merupakan salah satu kegiatan yang menyenangkan dan menyegarkan. Apalagi bersepeda sambil berkeliling di alam, bisa jadi cara terbaik untuk menikmati suasana yang baru dan melepaskan penat dari hiruk-pikuk perkotaan.

Berikut ini adalah alasan kenapa kamu wajib cobain kegiatan bersepeda lintas alam dengan jalur di alam bebas!

Alasan Kamu Harus Mencoba Bersepeda Lintas Alam

 Bersepeda Lintas Alam

1. Jadi lebih dekat dengan alam


Menurut Studi Usage and Attitude 2019, pemandangan alam atau suasana pedesaan menjadi motivasi utama banyak orang untuk bepergian. Alam juga memberikan sensasi menenangkan dan menyegarkan yang sering dicari banyak orang, terutama bagi mereka yang tinggal di daerah perkotaan.

Oleh karena itu, bersepeda di alam menjadi cara terbaik untuk memperoleh segudang manfaatnya. Tak hanya membuat fisik menjadi sehat, bersepeda di alam juga membuat kamu semakin dekat dengan alam karena banyak rute bersepeda yang menyuguhkan pemandangan indah, taman alam, dan pedesaan.

Kamu juga bisa menikmati keindahan alam dengan caramu sendiri, bahkan kamu bisa bebas berhenti di mana saja untuk sekadar menikmati momen tersebut.

2. Menjadikan pengalaman menarik


Bisa mengenali suatu tempat dengan cara yang otentik. Bersepeda akan memudahkan Eigerian mengunjungi daerah yang belum terlalu dikenal atau bahkan jarang dikunjungi orang lain.

Pergi dan nikmati tempat-tempat yang tidak bisa dilalui kendaraan umum, jelajahi jalan-jalan kecil di pedesaan, berinteraksi dengan penduduk setempat dan dapatkan pengalaman dari sudut pandang berbeda.

3. Jadi sarana olahraga yang menyenangkan


Siapa yang tidak mau berolahraga sambil bersenang-senang? Pengalaman bersepeda ke tempat-tempat yang jauh dari perkotaan dan dekat dengan alam bisa memberikan kepuasan dan manfaat yang lebih besar untuk Eigerian.

Sementara itu, manfaat yang kamu dapatkan untuk fisik juga bisa membantu meredakan stres, meningkatkan suasana hati, dan mengurangi gejala depresi dan kecemasan. Saat bersepeda di alam terbuka, kita dapat menikmati pemandangan indah dan merasakan kontak dengan alam, yang dapat meningkatkan perasaan kesejahteraan secara menyeluruh.

4. Lebih ramah lingkungan


Riset Next Decade Travel Trends baru-baru ini menunjukkan lebih dari 25 persen wisatawan ingin melakukan perjalanan yang lebih ramah lingkungan di masa mendatang. Nah, bersepeda merupakan pilihan berwisata yang murah dan ramah lingkungan.

Antusiasme masyarakat untuk bersepeda yang semakin tinggi, lama-lama akan membentuk kebiasaan atau gaya hidup yang ramah lingkungan. Dimulai dari efisiensi energi dengan tidak memanfaatkan bahan bakar, kemudian mengurangi polusi udara, sampai dengan kebiasaan lainnya yang tentunya tidak memberikan dampak negatif pada lingkungan.

Bayangkan, jika nantinya banyak orang sadar dan melek akan kepedulian terhadap lingkungan pastinya upaya untuk menyelamatkan dunia dari bencana yang disebabkan krisis lingkungan salah satunya krisis iklim akan tertolong. 

5. Perjalanan yang berkesan


Ada istilah bahwa perjalanan itu sendiri yang akan memberi makna. Eigerian bisa memilih rute menantang melintasi bukit dan tanjakan, atau jalur sepeda santai bersama keluarga selama beberapa jam ke bagian kota lain sembari menikmati embusan angin yang menyejukkan.

Kita juga dapat menjelajahi daerah sekitar, menemukan rute baru, dan menantang diri dengan mencapai jarak dan tujuan tertentu. Bersepeda juga dapat dijadikan sebagai kegiatan sosial, bergabung dengan komunitas bersepeda atau teman-teman untuk menjelajahi pemandangan baru sambil menikmati kebersamaan.

Tips Bersepeda dengan Baik dan Benar Agar Kesehatan Tetap Terjaga

 Bersepeda Lintas Alam

(link foto)

Ayo, ketahui cara bersepeda yang baik dan benar agar kesehatanmu tetap terjaga.

1. Perhatikan irama mengayuh

Irama kayuhan pedal yang ideal pada umumnya berkisar 60-80 putaran per menit. Kamu bisa senantiasa meningkatkan kecepatan dan kekuatan dengan menyempurnakan kayuhan sepeda.

Cobalah untuk bergantian mendorong dan menarik pedal antara kaki kanan dan kiri secara perlahan-lahan bila pedalmu berjenis clipless pedal. Dengan begini, lebih banyak ototmu yang terkena dampak tekanan sehingga bisa menjadikan kaki lebih ramping.

2. Ubah posisi tubuh

Agar tekanan dan titik berat pada otot serta saraf tidak selalu terkonsentrasi di satu area tertentu, cobalah untuk sesekali memvariasikan posisi tubuh dan tanganmu. Ubahlah sudut lengan, punggung, dan leher.

Santai saja, lengan dan sikumu tidak perlu dibuat kaku terkunci agar lebih mudah ketika melalui jalanan yang tidak rata. Selain itu, hindari berpegangan pada bagian melengkung setang untuk waktu yang lama. Hal ini dapat membuat kram pada tangan, bahu, dan leher.

3. Bersepeda untuk menguruskan badan

Sebuah studi kesehatan mengenai manfaat bersepeda menunjukkan bahwa aktivitas bersepeda selama 2-3 jam seminggu membantu mencegah kenaikan berat badan. Bila kamu tergolong kelebihan berat badan, mulailah bersepeda secara rutin.

Lakukan rutinitas bersepeda paling tidak 30 menit per hari. Kamu bisa memulainya di medan datar untuk 3-4 minggu pertama. Secara bertahap, tingkatkan juga intensitas bersepeda serta level kesulitan medan.

4. Mengolah otot

Bila kamu mengayuh sepeda di jalan yang menanjak, kamu mungkin mengayuhnya dengan susah payah hingga berpeluh. Saat inilah asam laktat menumpuk di otot dan dapat berkontribusi terhadap timbulnya nyeri otot.

Sebagai langkah pencegahan mengalami nyeri otot, tetaplah mengayuh sepeda ketika di jalan menurun. Nyatanya dengan mengayuh ringan terus-menerus saat di jalan menurun, kamu dapat membantu menghilangkan asam laktat.

Baca Juga: 11 Tips Bersepeda Jarak Jauh yang Aman untuk pemula

5. Pastikan sepedamu sesuai untukmu

Pastikan ukuran frame alias kerangka sepeda tepat untuk tubuh dan nyaman digunakan. Untuk sepeda umum, harus ada jarak 2,5-5 cm antara pangkal paha dengan top tube alias kerangka sepeda bagian atas yang menghubungkan setang dengan jok.

Selain itu, ketika pedal berada di titik terendah dalam rotasi, idealnya posisi kakimu sedikit menekuk. Apa pun jenis sepeda yang kamu pilih tetap saja bila frame tidak cocok denganmu, maka kamu bisa mengalami nyeri otot serta lebih rentan terjatuh.

Nah, Eigerian jadi sudah tahu kan apa saja manfaat yang didapatkan ketika melakukan olahraga bersepeda di alam. Maka dari itu, untuk fisik yang lebih bugar dan lingkungan yang lebih asri, ayo kita budayakan bersepeda!

Kamu juga bisa lengkapi perlengkapan berolahraga sepeda kamu, mulai dari baju, jaket, celana, sepatu, hingga ransel untuk bersepeda yang sudah bisa kamu dapatkan di eigeradventure.com & EIGER Adventure Store.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru