HomeTips & TrickMountaineeringEstimasi Biaya Naik Gunung Gede yang Perlu Diketahui

Estimasi Biaya Naik Gunung Gede yang Perlu Diketahui

Gunung Gede yang terletak di tiga Kabupaten yaitu Bogor, Sukabumi, dan Cianjur merupakan salah satu destinasi pendakian yang populer di Indonesia. Ketinggiannya yang mencapai 2.958 meter di atas permukaan laut, membuat Gunung Gede ini menawarkan pengalaman pendakian yang menantang dan pemandangan alam yang memukau. Kira-kira, berapa estimasi biaya naik Gunung Gede?

Sebelum membahas lebih lanjut seputar estimasi biaya naik Gunung Gede, Eigerian harus tahu nih kalau kawasan Gunung Gede juga berperan sebagai pusat pelestarian dan penelitian botani. Seluruh area pendakian ini termasuk dalam lingkup Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) yang merupakan salah satu dari lima Taman Nasional tertua di Indonesia, lho. Sangat menarik, bukan?

Prosedur dan Biaya Naik Gunung Gede

biaya naik gunung gede
Sumber: gedepangrango.org

Sebelum memulai pendakian di Gunung Gede, Eigerian wajib memperoleh Surat Izin Masuk Kawasan Konservasi (Simaksi) terlebih dahulu. Cara daftar pendakian Gunung Gede ini dilakukan secara online melalui portal resmi. Eigerian bisa mengikuti langkah-langkah pendaftaran Simaksi Gunung Gede berikut ini:

  1. Langkah pertama, silakan kunjungi situs https://gedepangrango.org/booking/ menggunakan smartphone, laptop atau komputer.
  2. Kemudian, Eigerian perlu meneliti semua peraturan, kewajiban, larangan, dan sanksi yang berlaku, lalu tandai pada opsi ‘Saya sudah membaca, sudah memahami, dan saya setuju dengan persyaratan di atas’.
  3. Langkah berikutnya, pilih waktu pendakian sesuai dengan ketersediaan kuota. Silakan tandai zona yang masih tersedia dengan warna hijau, sementara zona berwarna merah menandakan kuota sudah terpenuhi.
  4. Jangan lupa lengkapi formulir pendaftaran pendakian Gunung Gede sesuai dengan informasi yang diminta di setiap kolom yang ada.
  5. Setelah itu, klik ‘Simpan’ dan ikuti petunjuk selanjutnya hingga proses pendaftaran selesai.

Baca juga: Menilik Pengertian, Fungsi, dan Cara Mendapatkan Simaksi

Harga Tiket Masuk Gunung Gede

Untuk estimasi biaya naik Gunung Gede, ada harga tiket masuk Gunung Gede yang perlu diketahui. Harga tiket masuk Gunung Gede ini berlaku untuk jalur pendakian Cibodas, Gunung Putri, maupun Selabintana. Tarif tiket ini berlaku untuk 2 hari 1 malam dan sudah termasuk asuransi. Simak rinciannya, yuk!

Untuk hari kerja (Senin-Jumat), harga tiket masuknya adalah sebagai berikut:

  • WNI: Rp29.000
  • Pelajar WNI: Rp17.500 (harus 10 orang dengan identitas kartu pelajar/mahasiswa)
  • WNA: Rp320.000
  • Pelajar WNA: Rp211.500

Sementara itu, untuk hari libur (Sabtu/Minggu/Tanggal Merah), harga tiketnya adalah sebagai berikut:

  • WNI: Rp34.000
  • Pelajar WNI: Rp20.500 (harus 10 orang dengan identitas kartu pelajar/mahasiswa)
  • WNA: Rp470.000
  • Pelajar WNA: Rp311.500

Selain membayar tiket masuk Gunung Gede, ada beberapa biaya yang diperlukan seperti biaya akomodasi dan transportasi, hingga biaya perlengkapan dan logistik.

Tips Naik Gunung dengan Biaya yang Murah

biaya naik gunung gede
Sumber: Eiger Adventure

Perlengkapan untuk mendaki memang terbilang mahal untuk beberapa barang. Pasalnya, kebanyakan dari barang tersebut memang didesain untuk keperluan jarak jauh dan dengan jalan yang terjal. Tapi sebetulnya Eigerian bisa menabung terlebih dulu dibanding menyewa di tempat pendakian, lho

Bagi yang punya biaya lebih, hal ini mungkin tidak jadi masalah, bahkan bagus untuk mendukung mereka yang menyewakan alat pendakian. Tapi bagi yang memiliki biaya naik gunung pas-pasan, sebaiknya sebisa mungkin bawa perlengkapan pribadi sendiri. Sebab, sewa atau membeli perlengkapan di lokasi bisa jadi lebih mahal daripada membawanya sendiri.

Tips berikutnya supaya lebih hemat saat naik gunung adalah mendaki bersama teman atau komunitas. Perlu diingat bahwa sebuah pendakian akan terasa berat di biaya saat Eigerian mendaki seorang diri, karena harus membayar penuh seperti logistik, transportasi, maupun peralatan tambahan. Jadi, akan jauh lebih baik jika mendaki gunung bersama teman atau komunitas karena itu artinya Eigerian bisa membagi biaya terkait perjalanan, khususnya dalam transportasi. Hal ini akan sangat menekan pengeluaran karena pengeluaran setiap orang akan jadi lebih sedikit.

Kemudian, jangan lupa pertimbangkan untuk menggunakan transportasi umum. Sebab, biaya perjalanan dengan transportasi umum jauh lebih murah ketimbang menggunakan transportasi pribadi. Hal ini bisa jadi cara yang efektif untuk menghemat pengeluaran saat mendaki gunung.  Selain itu, jika Eigerian punya budget yang terbatas, sebaiknya jangan terlalu memaksakan diri untuk mencari destinasi yang terlalu jauh atau membutuhkan biaya mahal.

Eigerian perlu memperhitungkan berbagai macam hal, mulai dari transportasi, waktu tempuh, hingga seberapa banyak perbekalan yang dibutuhkan. Alokasikan biaya naik gunung di tempat yang tepat, tentunya demi kenyamanan dan keamanan selama pendakian.

Baca juga: 3 Jalur Pendakian Gunung Gede yang Jadi Favorit Pendaki

Yuk, siapkan biaya naik Gunung Gede dan temukan segala perlengkapan yang diperlukan di website resmi EIGER Adventure. Ada banyak sekali pilihan perlengkapan dan peralatan mountaineering yang tersedia, tertentunya dengan kualitas dan harga terbaik.

Tidak perlu khawatir karena proses belanja online di website resmi EIGER sangat aman dan praktis. Didukung dengan berbagai metode pembayaran yang bebas dipilih, Eigerian juga bisa memanfaatkan promo menarik hingga gratis ongkos kirim ke seluruh Indonesia, lho. Cek sekarang!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru