HomeTips & TrickMountaineeringTrekking Singkat di Gunung Sibayak & Pilihan Gear Terbaiknya

Trekking Singkat di Gunung Sibayak & Pilihan Gear Terbaiknya

Gunung selalu menjadi tujuan utama bagi para pendaki untuk menjelajah alam bebas. Beruntungnya di Indonesia ada banyak deretan gunung yang aman untuk didaki. Di wilayah Sumatera Utara misalnya, menjadi lokasi keberadaan Gunung Sibayak yang jadi favorit para pendaki. Aksesnya menuju ke sana mudah dan lokasinya pun cukup terjangkau sekitar 60 kilometer barat daya Kota Medan.

Gunung Sibayak memang terkenal sebagai destinasi pendakian populer di kalangan pendaki pemula sekalipun karena memiliki medan yang tidak terlalu sulit. Sama halnya dengan gunung-gunung pada umumnya, Sibayak memiliki panorama alam yang tak kalah cantiknya. 

Sebelum memutuskan untuk mendaki Sibayak dalam waktu dekat, yuk simak ulasan mengenai fakta menarik tentang gunung satu ini dan mana saja jalur pendakian yang bisa dilalui.

Fakta Menarik Tentang Gunung Sibayak, Sumatera Utara

Sibayak merupakan gunung berapi aktif di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, yang terakhir kali erupsi sekitar tahun 1880-an. Gunung yang punya sebutan “gunung raja” ini memiliki ketinggian 2.094 mdpl yang sangat ramah untuk didaki pemula karena jarak tempuh sampai puncaknya terbilang singkat, hanya sekitar 2 jam. Jadi, cocok untuk melakukan pendakian tektok atau speed hiking di gunung ini.

Kunci keindahan gunung ini yang menjadi daya tariknya adalah wilayah puncaknya. Puncak tertinggi Gunung Sibayak dinamakan “Takal Kuda” yang artinya “Kepala Kuda”. Bukan tanpa sebab, penamaannya berdasarkan pada bentuk puncak yang mirip seperti kepala kuda. Saat berada di puncak ini, pendaki bisa menyaksikan pemandangan dari ketinggian dan juga Gunung Sinabung yang memesona.

Sepanjang pendakian menuju puncaknya, Eigerian akan melewati hutan tropis belantara dan tebing yang penuh tantangan. Namun tak perlu khawatir, medan jalur pendakian sampai puncaknya tidak terlalu sulit dan ramah untuk pemula. 

Sumber: Traveloka

Selain daya tarik puncak gunungnya yang indah, pesona lainnya dari gunung berapi satu ini adalah keberadaan kawah belerang yang unik dan masih aktif. Luar biasanya, Sibayak memiliki kawah belerang alami seluas 40.000 meter. Belerang yang mengandung solfatara membuat kawah ini tak berhenti menyemburkan uap panas.

Para pendaki biasanya bisa berkemah di bagian yang landai di sekitar kawah dan tak kalah serunya, di pagi hari pendaki juga bisa menikmati keindahan matahari terbit. Selain menyaksikan panorama kawah dari titik yang aman, kawasan ini sering dijadikan spot foto menarik bagi para pendaki.

Tiga Pilihan Jalur Pendakian Gunung Sibayak

Gambar Kawah Gunung Sibayak. Sumber: Traveloka

Ada tiga jalur pendakian yang bisa dilalui para pendaki untuk menjelajahi alam Gunung Sibayak. Mulai dari jalur Desa Jaranguda (jalur wisata), jalur Sidebuk 2, dan jalur 54 (penatapan). 

Jalur pendakian yang paling direkomendasikan adalah jalur Desa Jaranguda karena memiliki jarak tempuh yang paling dekat, aman, dan waktu tempuhnya singkat. Meski medannya cukup mudah, saat trekking di Sibayak, pastikan Eigerian harus mengikuti jalur pendakian agar tidak tersesat di area terpencil.

Akses menuju gunung ini sangat mudah dan terjangkau. Jika Eigerian memulai perjalanan dari pusat Kota Medan, untuk sampai di Gunung Sibayak perlu menempuh perjalanan sekitar 60 km. Ambil tujuan Berastangi melalui Jalan Jamin Ginting atau jalan raya Sidikalang-Medan.

Sesampainya di pusat kota Berastagi, lanjutkan perjalanan sejauh 3 kilometer untuk sampai di jalur wisata Desa Jaranguda. Rute perjalanan yang dilewati cukup nyaman dengan jalan beraspal. 

Rekomendasi Produk Mountaineering Terbaik dari Eiger

Bagi kamu yang sudah punya agenda naik Gunung Sibayak maupun gunung lainnya bersama teman-teman, pastikan semua perlengkapan mountaineering yang dibutuhkan sudah siap, ya! Eiger memiliki beberapa rekomendasi gear terbaik untuk menunjang pendakianmu semakin aman dan nyaman, sepatu tas carrier, sleeping bag, hingga pakaian yang mudah kering atau dry fit. Lihat daftar produknya berikut ini,

1. EIGER Escapade 25 CARRIER

EIGER Escapade 25 hadir dengan teknologi backsystem Fit Light Hike untuk mendukung kenyamanan pada punggung meskipun membawa beban yang cukup banyak. Terbuat dari material daur ulang pada lapisan dalamnya sehingga lebih ramah lingkungan.  

Carrier ini dilengkapi dengan kompartemen khusus untuk menyimpan kantong air, juga saku di bagian atas dan samping untuk memudahkan kamu mengambil barang yang membutuhkan akses cepat.

Escapade 25 hadir dalam seri men dan women dengan pilihan warna yang sesuai dengan kesukaanmu.

2. EIGER Serval Low Men Shoes

Rekomendasi produk sepatu gunung terbaru yang cocok untuk kegiatan trekking dan speed hiking, EIGER Serval Low Shoes. Sepatu ini mendukung gerakan dinamis para pegiat alam alam karena memiliki bobot yang ringan, daya cengkraman kuat, dan konstruksi Flexeleton yang fleksibel.

Middle phlon berfungsi sebagai peredam getar untuk mencegah cedera pada kaki saat berlari atau berjalan dalam jarak tempuh dan medan yang menantang.

Serval Low Shoes punya Grip outsole Vibram dari rubber yang menawarkan kenyamanan dan keamanan kaki saat menempuh berbagai medan di alam bebas. 

Tersedia untuk series men dan women yang bisa kamu miliki.

3. EIGER SLEEP SACK 1000 SLEEPING BAG

Para pendaki pastinya sudah paham akan pentingnya sleeping bag saat bertualang di alam bebas. Fungsinya sendiri untuk menghangatkan tubuh sewaktu tidur agar terhindar daru hipotermia, terutama saat cuaca sedang dingin. 

Sleep Sack 1000 bisa jadi opsi terbaik untuk menemani pendakianmu. Terbuat dari bahan polyester dengan daya tahan kuat dan tetap ringan saat dibawa menggunakan tas praktis.

Teknologi Tropic Insulation menjaga tubuh tetap hangat ketika suhu dingin saat berada di alam terbuka. Mudah digunakan karena memiliki resleting dua arah yang membuat makin nyaman dan nyenyak untuk tidur. 

Ukurannya 215 x 75 cm dengan tinggi badan maksimal 180 cm.

4. Eiger Woman Series Vanaseekeer Hybrid Legging

Eiger Women Series Vanaseekeer Hybrid Legging, membuat pergerakanmu lebih mudah karena bahannya nyaman, fleksibel, sekaligus berdaya tahan kuat. Legging untuk bertualang ini dibuat dari material nilon yang elastis, nyaman, dan dipadukan dengan campuran serat DuPont Kevlar yang tahan terhadap abrasi dan robekan di area lutut sehingga mendukung setiap pergerakannya dengan maksimal. 

Dilengkapi dengan Tropic Dry jadi lebih cepat kering dan terhindar dari lembab. Sudah siap bertualang bersama Eiger Vanaseekeer Hybrid Legging ini, Eigerian?

5. EIGER ETRIER MT SHORTS UPDATE

Bahan polyester elastis anti abrasi di bagian lutut dan belakang pada Etrier MT Short Update sangat kamu butuhkan untuk bergerak maksimal dan leluasa saat kegiatan outdoor

Sisi dalam celana mampu menyerap keringat, sehingga memastikan kenyamanan dengan lebih baik. Teknologi Tropic Repellent akan membuatmu dapat terus melanjutkan perjalanan meski hujan ringan menemani penjelajahan.

Baca juga: Mengapa Kamu Harus Mencoba Mendaki Gunung, Setidaknya Satu Kali Seumur Hidup?

Persiapkan perlengkapan mountaineering yang kamu butuhkan jauh-jauh hari sebelum pendakian. Mulai dari tas gunung, jaket, sepatu gunung, tenda, trekking pole, alat masak, sleeping bag, dan lainnya agar pendakianmu semakin nyaman.

Eiger Adventure Official memiliki koleksi lengkap perlengkapan mountaineering dengan jaminan produk original, komplit, dan pastinya high quality. Proses belanja jadi semakin mudah dengan berbagai pilihan metode pembayaran, dari bank transfer, paylater, hingga COD.

Belanja online langsung dari website resmi EIGER Adventure Official berkesempatan mendapatkan promo menarik dan gratis ongkir ke seluruh wilayah Indonesia. Yuk, checkout barang yang kamu butuhkan sekarang juga!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru