HomeTips & TrickMountaineeringMengenal Manfaat Buddy System dalam Kegiatan Pendakian

Mengenal Manfaat Buddy System dalam Kegiatan Pendakian

Berencana mendaki gunung, apakah Eigerian sudah punya buddy system? Buddy system, adalah orang yang selalu ada di samping kita, mendaki bersama menuju ke puncak atau mencapai tujuan lainnya yang telah kita rencanakan bersama.

Buddy system ini tidak hanya menjadi sekadar teman yang menemani pendakian supaya kita tidak sendirian. Tapi lebih dari itu, karena keberadaannya begitu penting bagi kita, bahkan untuk keselamatan nyawa kita. Sebab, mendaki gunung adalah kegiatan olahraga ekstrem, di mana banyak kemungkinan-kemungkinan buruk yang bisa saja terjadi sewaktu-waktu.

Untuk itu, penting ada buddy system, untuk bisa saling memeriksa peralatan dan perlengkapan bawaan, mengecek kondisi kesehatan masing-masing, hingga menjadi teman berbagi cerita selama pendakian. Apalagi di beberapa gunung, ada peraturan tertulis bahwa para pendaki tidak diperbolehkan untuk mendaki seorang diri, dan minimal membawa seorang teman untuk menemani. 

Kenapa Buddy System Dibutuhkan dalam Kegiatan Pendakian?

Buddy System
Sumber: Eiger Adventure

Coba Eigerian bayangkan, saat mendaki gunung seorang diri, lalu ada badai hingga mengalami hipotermia. Kira-kira siapa yang akan lapor ke basecamp untuk menjemput Eigerian dan siapa yang bisa bantu memberikan pertolongan darurat? Tentu saja jawabannya adalah teman pendakian. Itulah tugas penting seorang buddy system, yaitu untuk menjadi orang pertama yang membantu kita dalam situasi genting, dan mencegah hal-hal yang lebih buruk terjadi.

Selain itu, dengan adanya buddy system, pendakian Eigerian bisa lebih terencana karena persiapan yang matang disiapkan bersama-sama. Kemudian, Eigerian juga akan lebih sadar akan batas diri sendiri, dan lama kelamaan akan muncul rasa percaya dan aman ketika dalam pendakian, meskipun kondisi pendakian bahkan tidak baik-baik saja.

Lalu, apa saja tugas buddy system?

  • Pertama, setiap teman pendakian harus menyimpan kontak darurat anggota keluarga atau kerabat terdekat masing-masing.
  • Lalu, pastikan sebelum pendakian, Eigerian paham betul tentang kondisi kesehatan teman pendakian, cara menangani, dan apa saja obat yang sekiranya bisa diberikan.
  • Selanjutnya, setiap teman pendakian juga harus saling membantu dalam segala kondisi, dan juga yang paling penting adalah menekan ego masing-masing supaya perjalanan lebih menyenangkan dan mengurangi gesekan-gesekan yang bisa saja terjadi. 

Ingat, ada banyak potensi bahaya yang dihadapi saat mendaki gunung, jadi buddy system berguna sebagai alat kontrol, alat pertolongan, dan alat meminta tolong. Jika mendaki gunung berdua atau lebih, maka para pendaki bisa saling mengingatkan soal bahaya yang mungkin dihadapi. Jika satu pendaki mengalami masalah, maka akan ada teman dalam jarak dekat yang bisa menolong, dan jika teman pendakian tidak dapat menolong, paling tidak ia bisa mencari bantuan. 

Baca juga: 6 Cara Mengurangi Risiko Cedera Kaki Saat Pendakian Gunung

Mendaki Gunung Bersama Buddy System, Rasakan Manfaatnya!

Buddy System
Sumber: Eiger Adventure

Mendaki gunung adalah kegiatan yang sangat menyenangkan dan memiliki beberapa manfaat yang baik bagi kesehatan, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Kegiatan mendaki gunung sangat baik untuk melatih otot jantung, lho. Dengan rutin melakukan kegiatan mendaki gunung, maka kita dapat mencegah penyakit jantung.
  • Lalu, mendaki gunung juga bisa menjaga kepadatan tulang,  sehingga mencegah penyakit seperti osteoporosis.
  • Mendaki gunung hampir sama seperti latihan kardio, di mana hubungannya adalah kegiatan ini melibatkan sistem pernapasan yang bisa menjaga kesehatan paru.
  • Aktivitas mendaki bukan hanya menyenangkan, tapi juga bisa membantu menjaga berat badan yang pada akhirnya bisa memperpanjang harapan hidup seseorang.
  • Selain itu, melakukan petualangan di alam bebas juga bisa berarti mengurangi risiko kolesterol tinggi.
  • Bahkan, salah satu penemuan yang dirilis oleh Sleep Research menemukan bahwa kegiatan mendaki gunung dapat mengurangi depresi dan meningkatkan kualitas tidur.

Itulah beberapa manfaat dari kegiatan mendaki gunung. Jadi tunggu apa lagi, mari persiapkan ransel dan rencanakan pendakian dengan buddy system! Buddy system, artinya kita mendaki dengan pendaki lain dalam sebuah tim yang memberikan bantuan timbal balik dan manfaat keselamatan. Sebagai pendaki, kita memang tidak diperkenankan mendaki seorang sendiri.

Baca juga: Daftar Faktor yang Menentukan Tingkat Kesulitan Pendakian

Keberadaan Buddy System Sangat Penting Saat Pendakian

Dalam buddy system, Eigerian dan teman pendakian harus merencanakan pendakian bersama-sama, saling membantu dan memeriksa peralatan masing-masing, saling mengingatkan, menjaga dan saling membantu jika ada masalah dalam pendakian perjalanan. Secara umum, buddy system memberikan tiga keuntungan yaitu:

  • Pertama, manfaat kepraktisan: Eigerian dan teman pendakian akan saling membantu sebelum, selama dan setelah mendaki.
  • Kedua, manfaat keselamatan: Eigerian dan teman pendakian saling membantu mencegah masalah, dan Eigerian membantu satu sama lain jika ada keadaan darurat.
  • Ketiga, manfaat kesenangan: Mendaki adalah kegiatan sosial yang bermanfaat dan menyenangkan untuk memiliki seseorang untuk berbagi petualangan di alam liar.

Jadi, mari terapkan buddy system dalam setiap pendakian. Dan jangan lupa lengkapi peralatan dan perlengkapan mendaki dengan koleksi EIGER Mountaineering, yang bisa didapatkan hanya di website resmi EIGER Adventure atau kunjungi EIGER Adventure Store (EAS) terdekat di kotamu!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru