HomeTips & TrickMountaineeringTips Aman Camping di Hutan dan Peralatan yang Perlu Dibawa

Tips Aman Camping di Hutan dan Peralatan yang Perlu Dibawa

Camping bisa jadi pilihan kegiatan liburan yang paling sederhana dan santai. Selain itu, camping juga merupakan kegiatan yang positif dan cocok sebagai penghilang penat. Bagi Eigerian yang ingin camping di hutan, tentunya butuh tips aman untuk melakukannya. 

Sebab jika Eigerian tidak mempersiapkannya dengan baik, alih-alih menghilangkan penat justru penatmu akan semakin bertambah. Jadi, tips camping di hutan berikut ini tak boleh dilewatkan!

Tips Camping di Hutan yang Seru dan Aman

Selain bisa menghilangkan penat, pergi camping bisa menjadi kesempatan untuk kembali mempererat ikatan dengan pasangan, keluarga, atau sahabat terdekat. Nah, jika Eigerian berencana untuk pergi camping, jangan lupa perhatikan tips camping  di hutan berikut agar tetap aman.

1. Pilih Lokasi Camping yang Tepat

camping di hutan
Sumber: Eiger Adventure

Tips camping yang utama dan harus diperhatikan adalah memastikan keamanan serta kenyamanan lokasi. Jika memungkinkan, Eigerian bisa memilih lokasi yang dilengkapi dengan fasilitas kebersihan, ketersediaan air bersih, memiliki kontur tanah datar, jauh dari jangkauan hewan liar, mudah diakses, dan bebas polusi. Cari tahu juga, apakah ada peraturan tertentu yang harus dipatuhi dan pastikan lokasi tersebut juga menyediakan peralatan camping.

2. Buat Rencana dan Jadwal Kegiatan Secara Detail

camping di hutan
Sumber: Eiger Adventure

Menyusun jadwal kegiatan adalah tips camping seru yang harus dilakukan agar Eigerian bisa mendapatkan pengalaman liburan menyenangkan secara maksimal. Jangan sampai camping yang sudah dinantikan malah berujung membosankan karena tidak ada rencana atau ide kegiatan. Yuk, mulai membuat rundown acara sederhana dengan memasukkan berbagai kegiatan seru seperti, api unggun, berbagai macam game, stragazing, dan lain sebagainya.

Baca juga: Aktivitas Malam Keakraban yang Seru Saat Camping di Gunung

3. Cek Prakiraan Cuaca

camping di hutan
Sumber: Eiger Adventure

Tips camping di hutan yang berikutnya adalah mengecek prakiraan cuaca secara berkala untuk memastikan rencana camping tidak terganggu. Meskipun tidak cukup akurat, tapi prakiraan cuaca dapat memberikan gambaran suasana pada hari itu. Hal ini akan membantumu dalam mempersiapkan barang yang perlu dibawa sebagai antisipasi. Misalnya, jika prakiraan cuaca menunjukkan akan turun hujan, maka Eigerian bisa memasukkan payung, pakaian hangat, dan jas hujan dalam daftar barang yang harus dibawa. 

4. Siapkan Berbagai Macam Peralatan yang Diperlukan

camping di hutan
Sumber: Eiger Adventure

Camping di hutan, berarti Eigerian perlu menyiapkan berbagai macam peralatan yang dibutuhkan. Mulai dari tenda, matras, sleeping bag, dan peralatan pribadi lainnya. Siapkan secukupnya keperluan penting yang dibutuhkan selama camping di hutan, termasuk trash bag, kompor portable, korek api, pisau lipat, lampu portable, senter, powerbank, makanan dan minuman, dan lain sebagainya. 

5. Jangan Lupa Bawa Obat-obatan dan P3K

camping di hutan
Sumber: Eiger Adventure

Selain berbagai macam peralatan yang dibutuhan untuk camping di hutan, Eigerian juga perlu membawa obat-obatan dasar, seperti untuk mengatasi sakit perut, sakit kepala, tetes mata, alergi, dan lain sebagainya. Silakan membawa obat dalam jumlah yang cukup, sesuai dengan berapa lama kegiatan camping akan berlangsung. Selain obat-obatan dasar tersebut, Eigerian juga perlu membawa P3K untuk antisipasi terhadap hal-hal yang tidak diinginkan. 

6. Pastikan Lokasi Camping Bersih Sebelum Meninggalkannya

camping di hutan
Sumber: Eiger Adventure

Tips camping di hutan yang satu ini juga tidak boleh dilupakan. Setelah mengakhiri kegiatan camping, jangan lupa untuk membuang sampah dan pastikan lokasi sudah bersih saat pulang. Jika tidak menemukan tempat sampah, Eigerian bisa membawanya hingga menemukan tempat pembuangan. Ingat, membersihkan area camping sebelum meninggalkannya adalah sebuah kewajiban yang harus dilakukan untuk menjaga keasrian alam.

Baca juga: Apa Saja yang Harus Diperhatikan Saat Masak di Alam Bebas?

Gunakan Pakaian yang Nyaman untuk Camping di Hutan

camping di hutan
Sumber: Eiger Adventure

Camping di hutan, Eigerian perlu menggunakan pakaian yang aman dan nyaman. Dengan berpakaian yang seperti itu,  maka selama camping di hutan Eigerian akan merasa nyaman dan tidak terganggu dengan pakaian yang salah. Gunakan pakaian tebal jika cuacanya dingin, seperti jaket atau mantel, sepatu boot anti slip, dan celana panjang yang tidak ketat. Usahakan juga untuk menggunakan pakaian yang menutupi seluruh tubuh supaya dapat melindungi diri dari gigitan serangga seperti nyamuk atau lebah.

Eigerian bisa memakai EIGER SALVATOR BOOTS yang dirancang untuk mendukung aktivitas luar ruang, termasuk di area hutan. Material yang kokoh dilengkapi insole Ortholite yang breathable dan ringan untuk menjaga kaki tetap nyaman. Sepatu ini juga dirancang dengan rubber sheets yang berfungsi untuk melindungi kaki bagian depan dan sistem konstruksi gusset yang akan mencegah masuknya elemen seperti kerikil atau air dari bagian atas sepatu. 

Kemudian untuk jaket, ada berbagai jenis jaket dari EIGER yang cocok untuk dipakai saat camping di hutan, salah satunya adalah EIGER WS HEATWAVE PRO JACKET. WS Heatwave Pro Jacket ini menyatukan kehangatan maksimal dan bahan yang ringan untuk mendukungmu dalam setiap petualangan, termasuk saat camping di hutan. Kenyamanan ini berkat insulasi PrimaLoft Gold Insulation Down Blend yang ringan, breathable, dan water-repellent dengan kehangatan yang sebanding dengan 750 fill bulu angsa. Jaket ini bisa menjadi partner andalan untuk mengeksplorasi alam dengan kenyamanan penuh.

Lalu untuk celana, Eigerian bisa pakai EIGER TRAILHIKERS CNVRT PANTS, yaitu celana yang ringan dan water-repellent dengan dua style untuk mengeksplorasi alam. Hadir dengan fitur convertible, Trailhikers Cnvrt Pants ini memberimu pilihan untuk memakainya sebagai celana panjang maupun celana pendek hanya dengan melepas resleting di atas bagian lutut.

Selain sepatu, jaket, dan celana, Eigerian bisa berburu berbagai macam perlengkapan mountaineering di website resmi EIGER Adventure. Belanja mudah, gratis ongkir ke seluruh Indonesia. Tunggu apa lagi? Cek koleksi terbaru dari EIGER sekarang juga!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru