HomeTips & TrickMountaineeringAktivitas Malam Keakraban yang Seru Saat Camping di Gunung

Aktivitas Malam Keakraban yang Seru Saat Camping di Gunung

Camping merupakan suatu kegiatan yang menyenangkan bagi kebanyakan orang, di mana salah satuacara yang ditunggu-tunggu saat camping adalah malam keakraban atau api unggun. Hampir setiap kota di Indonesia memiliki camp ground untuk alternatif camping saat weekend. Selain itu, camping juga identik dengan aktivitas pendakian gunung. Camping memang bisa dilakukan di mana saja, seperti pantai, hutan, hingga gunung. 

Kegiatan camping bisa jadi media menarik untuk belajar mandiri. Merasakan hidup menyatu dengan alam dan belajar bagaimana caranya hidup di alam, tanpa merusak atau merugikan alam itu sendiri. Sementara itu, acara malam keakraban saat camping di gunung mampu menimbulkan rasa kebersamaan dan kehangatan di antara para pendaki atau anggota camping.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan aktivitas malam keakraban saat camping di gunung, supaya bisa berjalan seru dan mengesankan. Simak ulasan selengkapnya di bawah ini, yuk!

Tips Aktivitas Malam Keakraban yang Seru

malam keakraban
Sumber: Eiger Adventure

Saat camping di gunung, malam keakraban bisa berjalan dengan seru dan berkesan jika dilakukan dengan cara yang tepat. Acara malam keakraban tidak hanya sebatas membuat api unggun saja, tapi juga bisa diisi berbagai macam kegiatan. Berikut ini ada beberapa tips mengisi acara malam keakraban saat camping di gunung:

1. Menyanyi Bersama

Malam keakraban saat camping di gunung tentunya bisa diisi dengan menyanyi bersama. Dengan memetik gitar dan mulai menyanyikan lagu favorit seperti lagu klasik, momen seperti ini pasti akan menambah keakraban Eigerian bersama teman-teman pendaki lainnya.

2. Permainan Sederhana

Sebetulnya ada banyak sekali permainan menarik yang bisa mengisi acara ini, misalnya tebak kata, bermain kartu, board games seperti monopoli, truth or dare, dan games lainnya. Dengan adanya permainan ini, maka akan menambah keseruan saat malam keakraban dan pastinya menyenangkan.

3. Renungan Malam

Renungan juga menjadi acara penting dalam kegiatan camping, lho. Acara ini biasanya akan dilakukan pada tengah malam, dengan tujuan untuk mengintrospeksi diri atau sarana pengingat untuk menelaah dan mengambil hikmah dari peristiwa besar yang menimpa lingkungan sekitar. Renungan biasanya berupa kata-kata atau kalimat yang menyentuh dan memberikan rangsangan batin sehingga kita bisa lebih dekat dengan sang pencipta.

Baca juga: Ada Banyak Manfaat dari Jelajah Alam Santai, Apa Saja?

Tips Membuat Api Unggun Saat Malam Keakraban

malam keakraban
Sumber: Eiger Adventure

Setidaknya ada lima hal penting yang patut diperhatikan saat menyalakan api unggun di gunung, yaitu:

  • Satu hal yang harus diingat saat membuat api unggun di gunung adalah soal penggunaan kayu. Eigerian hanya boleh menggunakan kayu atau batang yang sudah jatuh dari pohonnya, hindari memangkas pohon agar api unggun cepat menyala, ya!
  • Lihat kondisi cuaca, apakah musim kemarau atau musim hujan. Saat musim kemarau, angin akan lebih kencang berhembus dan bisa membuat bara api mudah terbang. Ditambah lagi, pepohonan dan rumput yang sedang mengering akan sangat mudah terbakar. Kalau sudah begini, sebaiknya Eigerian jangan menyalakan api unggun karena potensi bahayanya lebih tinggi. 
  • Sebelum menyalakan api unggun, carilah area yang keras dan bebas dari pepohonan yang mudah terbakar. Tujuannya adalah supaya api tidak mudah tersebar ke sekeliling. Jika memungkinkan, buat cincin api menggunakan batu atau pasir supaya apinya bertahan di situ saja. 
  • Jangan pernah berpikir, mumpung sedang ada api menyala sekalian membakar sampah. Itu adalah pikiran yang salah dan berbahaya, karena Eigerian dilarang keras membakar bahan-bahan berbahaya seperti plastik, styrofoam, dan sejenisnya. Membakar bahan-bahan berbahaya juga sama saja dengan polusi udara. 

Jangan Lupa Matikan Api!

malam keakraban
Sumber: Eiger Adventure

Poin terakhir yang tak kalah pentingnya adalah pastikan untuk mematikan api unggun dengan sempurna. Saat pagi hari, mungkin api sudah padam dan terlihat sudah tidak ada bara. Eigerian tetap harus mengeceknya, karena bisa jadi di bawahnya masih ada bara yang menyala. Itu bisa berbahaya jika terbawa angin ke pohon atau semak-semak yang sedang kering dan menjadi kebakaran hutan. Selain itu juga bisa berbahaya bagi hewan yang penasaran dan mengais bekas api unggun, sehingga mereka bisa terluka.

Baca juga: Macam-Macam Kegiatan Outdoor untuk Sendiri atau Berkelompok

Perlengkapan yang Dibutuhkan untuk Camping di Gunung

malam keakraban
Sumber: Eiger Adventure

Kira-kira, perlengkapan apa saja yang dibutuhkan untuk camping di gunung? Coba perhatikan daftar barang yang harus Eigerian bawa berikut ini, yuk!

  • Perlengkapan paling utama yang harus ada adalah tenda.
  • Kemudian, tenda saja belum cukup untuk membuat tempat istirahat yang nyaman. Eigerian perlu membawa sleeping bag dan matras tambahan untuk menjadi alas tidur yang empuk.
  • Bawa juga peralatan memasak seperti kompor gas portable, pisau lipat, sendok, kotak makan, dan lainnya yang dirancang khusus untuk camping. 
  • Korek api adalah sumber energi panas yang sangat dibutuhkan setelah matahari terbenam. Akan sulit untuk membuat api dari awal tanpa adanya korek atau pemantik yang sudah digunakan sehari-hari, jadi jangan lupa untuk memasukkannya ke dalam tas, ya!
  • Biasanya lampu penerangan jalan tidak terpasang di alam terbuka, jadi setiap orang harus membawa senter atau headlamp supaya bisa bergerak dengan aman pada malam hari.
  • Baterai cadangan juga tidak kalah penting, apalagi jika Eigerian melakukan camping dalam waktu yang lama.
  • Jangan lupa bawa jaket gunung dan pakaian ganti. 
  • Lalu, sepatu, kaos kaki, hingga sandal juga tak boleh ketinggalan. Eigerian memerlukan sepatu untuk menanjak gunung atau bukit dan kaos kaki sebagai pelindung tambahan. Sementara itu, sandal diperlukan supaya tidak ribet menggunakan sepatu saat di tempat camping.
  • Perlengkapan tambahan seperti P3K, tisu basah dan tisu kering, hingga trash bag juga wajib dibawa.
  • Kemudian, Eigerian juga perlu membawa bahan makanan dan minuman secukupnya.

The last but not least, Eigerian tentu saja memerlukan tas carrier berkualitas berkapasitas besar yang mampu memuat seluruh peralatan camping. Pastikan Eigerian memilih tas dengan bahan material yang kuat supaya tidak mudah robek atau rusak di tengah jalan, ya! Pilih juga tas dengan banyak kompartemen yang cukup mudah diakses, lalu periksa apakah ada fitur untuk kenyamanan seperti padding di bagian strap dan sirkulasi udara di belakangnya.

Nah, Eigerian bisa cek koleksi tas carrier terbaik dari EIGER. Selain tas, ada banyak perlengkapan mountaineering lengkap yang tak perlu diragukan kualitasnya. Cek sekarang di website resmi Eiger Adventure!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru