HomeTips & TrickLifestyleMudah, Begini Cara Memperbaiki Resleting Tas Secara Mandiri

Mudah, Begini Cara Memperbaiki Resleting Tas Secara Mandiri

Saat mendapati resleting tas rusak, jangan langsung dibuang, ya! Eigerian bisa mencoba cara memperbaiki resleting tas yang rusak secara mandiri di rumah.

Perlu diketahui, resleting tas bisa rusak karena berbagai alasan. Penggunaan secara berlebihan bisa menyebabkan gesekan yang berlebihan pada resleting, sehingga menyebabkan keausan dan akhirnya rusak. Kadang-kadang benda atau kain juga bisa terjepit di dalam resleting, sehingga menyebabkan gigi-gigi resleting tertekan atau bahkan patah.

Selain itu, menarik resleting dengan kekerasan atau kekasaran saat membuka atau menutupnya juga bisa menyebabkan ketegangan yang berlebihan pada resleting, yang pada akhirnya dapat merusaknya.

Lantas, bagaimana cara memperbaiki resleting tas yang rusak?

Cara Memperbaiki Resleting Tas yang Rusak

cara memperbaiki resleting tas
Sumber: Eiger Adventure

Memperbaiki resleting tas yang rusak bisa menjadi pekerjaan yang cukup mudah jika Eigerian memiliki alat yang tepat dan sedikit keterampilan. Berikut ini adalah langkah-langkah umum untuk memperbaiki resleting tas:

1. Evaluasi Kerusakan Tas

Langkah pertama, periksalah secara seksama apa yang menyebabkan resleting rusak. Mungkin ada bagian yang terjepit, patah, ataupun rusak di tempat lain.

2. Persiapkan Alat dan Bahan untuk Memperbaiki Resleting Tas

Untuk memperbaiki resleting tas yang rusak, Eigerian mungkin akan memerlukan jarum jahit, benang yang sesuai dengan warna resleting, gunting, dan penjepit atau pemegang sementara.

3. Kelupas Bagian yang Terjepit

Jika resleting terjepit karena kain tertekan di dalamnya, maka cobalah untuk perlahan-lahan mengeluarkannya. Eigerian perlu menggunakan penjepit atau pemegang sementara untuk menahan kain saat Eigerian mencoba membuka resleting.

4. Perbaiki Gigi-gigi yang Patah

Jika gigi-gigi resleting patah, maka Eigerian mungkin perlu mengganti resleting sepenuhnya. Eigerian bisa membeli resleting baru yang sesuai dengan ukuran dan jenis yang sama dengan resleting lama, kemudian menggantinya sendiri.

5. Perbaiki Benang yang Terlepas

Jika benang di salah satu sisi resleting telah terlepas dari kainnya, maka Eigerian bisa menggunakan jarum jahit dan benang yang sesuai untuk menjahitnya kembali. Pastikan untuk menjahit dengan kuat agar benang tidak mudah lepas lagi, ya!

6. Gunakan Pelumas

Jika resleting masih sulit digerakkan meskipun sudah terbebas dari hambatan, langkah selanjutnya adalah menggunakan pelumas khusus untuk resleting. Oleskan sedikit pelumas di sepanjang gigi-gigi resleting dan coba gerakkan resleting lagi.

7. Jangan Memaksakan

Hindari memaksa resleting terbuka atau tertutup jika sudah sangat sulit, karena ini bisa memperburuk kerusakan. Tapi sebaliknya, cobalah cari tahu penyebabnya dan perbaiki secara hati-hati.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Eigerian seharusnya bisa memperbaiki resleting tas yang rusak dengan cukup mudah. Tapi perlu diingat bahwa tidak semua kerusakan resleting bisa diperbaiki dengan cara ini, tergantung pada tingkat kerusakan dan jenis resleting yang Eigerian miliki.

Baca juga: 10 Rekomendasi Tas Ransel Pria Terbaik

Tips Merawat Tas Agar Tidak Mudah Rusak

cara memperbaiki resleting tas
Sumber: Eiger Adventure

Merawat tas dengan baik tentunya bisa membantu memperpanjang umur resleting dan mencegah agar tidak mudah rusak. Berikut ini ada beberapa tips untuk merawat tas agar resletingnya tetap awet. Cek satu per satu, dan praktikkan yuk!

  1. Sebaiknya hindari menarik resleting terlalu keras atau dengan cara yang kasar. Sebab, hal ini bisa menyebabkan gigi-gigi resleting patah atau terjepit.
  2. Jagalah tas tetap dalam kondisi bersih. Membersihkan tas secara teratur akan mencegah kotoran dan debu menempel pada resleting, yang bisa mengganggu pergerakan resleting dan menyebabkannya rusak. Eigerian bisa menggunakan sikat lembut atau kain lembut untuk membersihkan resleting.
  3. Tips berikutnya, jangan terlalu memuat tas dengan barang-barang yang terlalu berat. Sebab, terlalu banyak muatan bisa menyebabkan tekanan yang berlebihan pada resleting dan membuatnya lebih rentan terhadap kerusakan.
  4. Jika Eigerian menemukan masalah dengan resleting, seperti terjepit atau terlepas, segera perbaiki dengan hati-hati. Jangan biarkan masalah itu terus berlanjut karena bisa membuat kerusakan lebih parah.
  5. Secara berkala, Eigerian juga bisa menggunakan pelumas khusus untuk resleting demi menjaga kelancaran gerakan resleting. Pastikan juga untuk membersihkan sisa pelumas yang berlebihan setelah penggunaan.
  6. Lalu, jangan memasukkan benda-benda tajam atau keras ke dalam tas, karena hal ini bisa merusak gigi-gigi resleting.
  7. Simpan tas di tempat yang kering dan terlindung dari kelembaban serta sinar matahari langsung. Sebab, kelembaban dapat menyebabkan korosi pada resleting, sedangkan sinar matahari langsung bisa memudarkan warna dan merusak material tas.
  8. Hindari menggantungkan tas pada resleting atau menggunakannya sebagai pegangan pada saat memindahkan tas. Ini akan menyebabkan tekanan yang berlebihan pada resleting dan membuatnya lebih rentan terhadap kerusakan.

Baca juga: 10 Rekomendasi Tas Selempang EIGER Terbaik 2022

Bagaimana, sekarang Eigerian sudah tahu kan cara memperbaiki resleting tas yang rusak hingga tips merawatnya? Selain menerapkan tips merawat tas agar resletingnya tidak mudah rusak seperti yang dijelaskan di atas, Eigerian juga perlu memilih tas dengan kualitas yang baik. Seperti produk-produk tas dari EIGER yang original dan menggunakan material terbaik. 

Ada banyak sekali pilihan, mulai dari backpack, tote bag, dan berbagai jenis tas lainnya bisa Eigerian temukan di website resmi EIGER Adventure. Selain belanja online di website resminya, Eigerian juga bisa langsung mengunjungi EIGER Adventure Store (EAS) terdekat di kotamu.

Supaya lebih praktis dan mudah, Eigerian juga bisa belanja lewat mobile apps EIGER Adventure yang sudah bisa diunduh di Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iOS. Produk-produk yang tersedia dijamin lengkap dan original. Cek sekarang dan jangan lewatkan promo dan gratis ongkir ke seluruh wilayah Indonesia!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru