HomeTips & TrickLifestyle7+ Tips Menjaga Berat Badan saat Lebaran Agar Tetap Ideal

7+ Tips Menjaga Berat Badan saat Lebaran Agar Tetap Ideal

Lebaran adalah momen yang paling ditunggu-tunggu umat muslim setelah satu bulan beribadah puasa Ramadan. 

Kita tahu bahwa salah satu bagian dari perayaan Lebaran Idul Fitri adalah berkumpul bersama keluarga atau orang-orang terdekat dan menikmati berbagai makanan lezat khas Lebaran. Nah, jangan jadikan momen Lebaran sebagai ajang balas dendam dengan mengonsumsi banyak makanan secara berlebihan, ya! Lakukan beberapa tips menjaga berat badan saat Lebaran agar tetap ideal. 

Di Indonesia, hari raya setelah Ramadan ini paling identik dengan berbagai jenis hidangan lezat seperti rendang, opor ayam, sambal goreng kentang ati, ketupat, semur, bakso, dan gulai sayur. Makanan-makanan tersebut mengandung kalori, lemak, dan kolesterol yang cukup tinggi, lho! Jadi tidak baik jika dikonsumsi secara berlebihan.

Tak hanya makanan yang bersantan, ada juga aneka ragam minuman manis dan kue kering yang manis banyak tersaji di rumah-rumah. Di tengah sukacita Lebaran dengan aneka sajian lezat ini, Eigerian juga tetap wajib mempertahankan pola makan yang sehat agar berat badan tetap ideal.

Apa Saja Faktor yang Dapat Menaikkan Berat Badan saat Lebaran?

Sebelum mengetahui apa saja tips menjaga berat badan saat Lebaran tetap ideal, Eigerian perlu tahu apa saja faktor yang dapat memicu kenaikan berat badan tersebut.

Sebagian orang menjadikan momen Lebaran sebagai aji mumpung dengan mengonsumsi makanan sebanyak mungkin yang diinginkan, apalagi setelah berpuasa satu bulan lamanya. Namun hal ini tidak dapat dibenarkan dari sisi kesehatan tubuh. Kebiasaan tersebut bisa berdampak buruk pada tubuh, seperti kenaikan berat badan secara drastis, serta meningkatkan gula darah dan kolesterol pada tubuh. 

Bukan tanpa sebab, kebanyakan orang berat badannya naik pasca Lebaran karena sejumlah faktor yang sebenarnya bisa dihindari dengan pola makan sehat.

Pertama, makan hidangan Lebaran secara berlebihan yang biasanya berlemak dan bersantan.

Kedua, banyak mengonsumsi makanan manis. Meskipun ukurannya kecil, kue Lebaran yang manis dan terlihat menggoda, ternyata mengandung kalori yang tinggi karena terbuat dari campuran bahan seperti tepung, mentega, dan gula. Oleh karena itu, jangan makan berlebihan agar berat badanmu tidak melonjak usai Lebaran. 

Ketiga, berat badan cepat naik saat Lebaran juga disebabkan oleh kurangnya olahraga dan aktivitas fisik. Di tengah padatnya agenda berkumpul dan bersilaturahim bersama keluarga, maka tetap luangkan waktu untuk berolahraga agar berat badan tetap stabil. 

Baca juga: 7 Tips Makan Sehat Saat Lebaran Agar Kesehatan Tetap Terjaga

Tips Menjaga Berat Badan Saat Lebaran

1. Batasi Makanan Tinggi Kalori (Bersantan dan Berlemak)

Selama Lebaran, biasanya orang-orang ingin mencicipi semua jenis makanan yang tersaji di meja makan. Mencoba semua makanan yang tersaji memang diperbolehkan, namun tetap ingat untuk membatasi porsinya. Gunakan piring kecil untuk membatasi jumlah makanan yang akan disantap.

Hampir semua jenis makanan khas Lebaran juga identik dengan santan dan kaya lemak. Meskipun rasanya jadi lebih lezat, namun EIgerian juga harus tetap atur porsinya. Jika dikonsumsi berlebihan, bisa menaikkan berat badan, kadar kolesterol, kadar gula darah, bahkan risiko penyakit kardiovaskular. 

2. Perhatikan Ukuran Porsi Makanan yang Disantap

Mengonsumsi aneka makanan atau camilan enak yang mungkin jarang kamu nikmati saat momen Idul Fitri tentu hal yang lumrah. Namun dengan memperhatikan ukuran porsinya, dapat mencegah konsumsi berlebihan dan membantu mengatur kadar gula darah tetap terkendali.

Gunakan piring atau mangkuk dengan ukuran kecil untuk membantu mengatur porsi. Selain itu, cobalah untuk tetap menambahkan sayur-sayuran dan buah yang akan membantumu merasa kenyang lebih lama. Juga ingat, berhentilah makanan sebelum merasa kenyang. 

3. Perbanyak Konsumsi Sayuran dan Buah- buahan

Tips menjaga berat badan saat Lebaran berikutnya adalah dengan berusaha tetap mengonsumsi banyak sayuran dan buah-buahan. Selain memilih makanan kaya protein, jangan lupa untuk memperbanyak sayuran dan buah-buahan untuk mendapatkan kebutuhan mikronutrien sehari-hari.

WHO merekomendasikan konsumsi sayuran dan buah-buahan setidaknya 400 gram per hari. Ini karena sayuran dan buah kaya akan vitamin, mineral, karoten, flavonoids, serat, antioksidan, dan lainnya yang bermanfaat untuk tubuh. 

Selain itu, kandungan sayur dan buah juga mengurangi risiko beberapa penyakit seperti kanker, diabetes mellitus, obesitas, penyakit kardiovaskular, dan sebagainya. 

Gambar Sayuran dan Buah. Sumber: Freepik

4. Penuhi Asupan Serat dalam Makanan

Selain mengontrol porsi daging-dagingan, jangan lupa untuk memenuhi asupan serat harian agar tetap sehat. Kacang-kacangan seperti buncis dan lentil merupakan sumber serat yang baik serta mengandung protein alami yang rendah garam dan lemak jenuh. 

Dalam jangka waktu panjang, mengurangi kadar garam dan lemak jenuh pada makanan dapat membantu menjaga tekanan darah tetap normal dan jantung tetap sehat. Ingatlah, makan terlalu banyak daging merah tidak baik untuk jantung dan juga bisa meningkatkan kadar kolesterol yang berisiko penyakit jantung.

5. Minum Banyak Air Putih

Agar tubuh tetap terhidrasi, cara terbaiknya tentu dengan banyak minum air putih. Kamu tak perlu menunggu rasa haus untuk minum air putih. Terlebih lagi saat Lebaran, konsumsilah banyak air putih dan hindari minuman yang mengandung gula tinggi seperti minum bersoda atau sirup dalam jumlah berlebihan.

6. Tetaplah Aktif Berolahraga

Selama masa perayaan Lebaran, tetap usahakan untuk meluangkan waktu berolahraga. Olahraga teratur bisa membantu menurunkan kadar glukosa darah, tekanan darah, dan lemak darah. 

EIgerian bisa lakukan olahraga ringan hingga sedang seperti jalan kaki di pagi hari, jogging, workout, berenang, atau olahraga lainnya yang disukai. Pastikan saat akan olahraga, perut dalam keadaan kosong dan lakukan pemanasan agar terhindar dari risiko cedera.

7. Terakhir, Jagalah Kualitas Tidur

Tak boleh ketinggalan, bukan soal mengurangi jumlah makanan berlemak saja, tips menjaga berat badan saat Lebaran agar tetap ideal adalah dengan menjaga kualitas tidur. Selama Ramadan, jam tidur biasanya terganggu yang mungkin bisa mengganggu metabolisme tubuh.

Untuk memulihkan kondisi tubuh, jagalah kualitas tidur selama 7-8 jam dalam sehari. Dengan tidur berkualitas, maka tubuh akan tetap fit serta terhindar dari masalah gangguan tidur dan stress yang memicu kenaikan berat badan.

Baca juga: 7 Tips Memilih Outfit Lebaran Pria untuk Tampilan yang Super Keren

#MariKembali Rayakan Kebersamaan dengan Produk EIGER Adventure

Bagaimana, tips makan sehat dan menjaga berat badan tetap ideal saat Lebaran di atas menarik untuk dicoba, bukan? Perubahan perilaku bisa dimulai dengan mengajak seluruh anggota keluarga untuk menjaga pola makan sehat di momen Lebaran. 

Mengingat akan ada banyak manfaat yang bisa kita peroleh, jangan ragu untuk menerapkan tips menjaga berat badan saat Lebaran, ya! Sementara itu, jika perlu belanja segala keperluan untuk Lebaran seperti pakaian, langsung saja cek koleksi lengkapnya di website Eiger atau bisa langsung mengunjungi EIGER Adventure Store (EAS) terdekat di kotamu.

Agar lebih praktis dan mudah, kamu juga bisa belanja lewat mobile apps EIGER Adventure yang sudah bisa kamu unduh di Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iOS. 

Kini, kita bisa belanja online dengan sangat mudah dan praktis dengan jaminan produk original. Dapatkan keuntungan gratis ongkir ke seluruh wilayah Indonesia. Yuk segera borong, sebelum kehabisan! #MariKembali Rayakan Kebersamaan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru