HomeTips & TrickRiding5 Cara Naik Motor yang Aman, Lengkapi Riding Gear dari EIGER

5 Cara Naik Motor yang Aman, Lengkapi Riding Gear dari EIGER

Saat naik sepeda motor di jalan raya, kita nggak boleh sembarangan mengendarainya. Cara naik motor yang aman memang wajib diperhatikan demi keamanan dan kenyamanan sendiri maupun pengendara lain selama di perjalanan. Artikel ini tentunya tidak hanya untuk diketahui pemula yang baru belajar naik motor, namun juga buat Eigerian yang sudah jago motoran sekali pun perlu perhatikan panduan berikut. 

Yuk sebelum turun ke jalan raya pastikan kamu menerapkan tips cara naik motor yang aman beserta hal-hal yang harus dihindari selama berkendara di jalan raya.

Begini Cara Naik Motor yang Aman di Jalan Raya

1. Atur Posisi Berkendara (Riding Position) yang Tepat

Pertama, pastikan pandangan luas ke depan kanan kiri untuk melihat situasi jalan dan pengendara lain. Bahu dalam kondisi rileks dan jangan terlalu tegang. Untuk posisi duduk senyamannya sesuaikan dengan tinggi badan, hindari terlalu tegak karena membuat tubuh mudah lelah.

Bagaimana dengan posisi lutut agar aman dan seimbang dalam berkendara motor? Untuk motor sport, posisi lutut menjepit atau mendekap tangki. Sedangkan untuk pengguna motor matic, posisi lutut di dalam area body motor. 

2. Perhatikan Cara Pengereman yang Baik

Sebelum mengerem, pastikan jarak di depan cukup aman untuk menentukan titik mulai pengereman. Gunakan rem depan dan belakang secara smooth dan bersamaan. Usahakan untuk selalu berkonsentrasi di jalan raya dengan menjaga kecepatan motor yang stabil agar tidak perlu mengerem dadakan.

3. Teknik yang Aman Saat Melewati Tikungan atau Jalan Belok

Saat akan melewati tikungan, kurangi kecepatan motor dengan melepas tarikan gas. Pandangan mata tetap melihat ke arah tikungan. Pastikan kecepatan bisa kamu kendalikan selama melewati tikungan. Hindari menurunkan gear atau melakukan pengereman yang keras karena dapat membuat keseimbangan motor goyah. Saat tikungan telah terlewati, mulai tambah kecepatan motor.

4. Jaga Jarak Aman dengan Pengendara Lain

Tidak sedikit dijumpai pengendara motor yang kurang memperhatikan jarak aman dengan pengendara lain di jalan raya. Padahal jarak antar kendaraan yang tidak aman sangat membahayakan keselamatan, terutama saat pengereman mendadak dan jarak depan terlalu dekat, bisa berisiko tabrakan hingga tergelincir. Perlu kamu ketahui, jarak aman antara pengendara satu dan lainnya adalah satu meter.

5. Fokus Selama Berkendara

Banyak kejadian kecelakaan di jalan raya disebabkan pengendara tidak fokus saat naik motor. Padahal fokus menjadi kunci utama agar tetap aman selama di perjalanan. Oleh karena itu, selama mengendarai kendaraan bermotor, jangan sekali-kali melakukan aktivitas yang mengganggu fokus dan konsentrasi. Termasuk mengobrol terlalu asyik dengan teman yang dibonceng dan menggunakan smartphone tanpa menepi terlebih dahulu. 

cara naik motor
Sumber: eigeradventure.com

Hal-Hal yang Harus Dihindari saat Berkendara di Jalan Raya

Selain mengetahui cara naik motor yang aman, Eigerian pastinya sudah memahami ada aturan berlalu lintas baik itu tertulis maupun tidak tertulis. Dalam penerapan aturan berlalu lintas, ada beberapa hal yang harus dihindari saat berkendara di jalan raya, antara lain: 

1. Bermain ponsel saat berkendara. Kenyataannya masih dijumpai orang yang bermain ponsel saat berkendara. Bermain ponsel mengganggu fokus saat naik motor karena tindakan ini sungguh membahayakan keselamatan diri pengendara. Nah, jika kamu ada keperluan mendesak untuk mengoperasikan ponsel saat berkendara, lebih baik menepi di tempat yang aman dan luangkan waktu sebentar untuk membuka ponsel.

2. Merokok di jalan saat berkendara. Tidak hanya larangan bermain ponsel, tindakan merokok saat berkendara beberapa kali masih dijumpai dilakukan oleh oknum pengendara. Merokok saat berkendara harus dihindari karena tindakan tersebut sangat membahayakan orang lain. Abu rokok bahkan bara api yang menyala, dibuang begitu saja bisa menimpa dan mencelakakan orang lain di belakang.

3. Mengobrol dengan orang di kendaraan lain. Tidak jarang kita jumpai dua pengendara yang berpapasan di jalan raya dan saling kenal, mereka mengobrol. Hal ini dapat membahayakan keduanya dan juga mengganggu pengendara lain. Sebaiknya, jika ingin mengobrol, menepi dan berhentilah mengendarai motor. 

4. Melawan arus. Agar lalu lintas menjadi lebih teratur dan nyaman, arus jalan sudah diatur masing-masing. Namun dengan berbagai alasan, ada saja orang yang nekat melawan arus lalu lintas. Biasanya alasan melawan arus lalu lintas adalah untuk memangkas jarak dan mempercepat waktu. Padahal tindakan lawan arus sangat dilarang karena akan membahayakan diri sendiri dan pengendara lain.

Naik Motor Makin Seru dengan Produk EIGER

1. EIGER VAGARE SS TEES

Sumber: eigeradventure.com

Sampai pada rekomendasi kaos lengan pendek pertama dari EIger yang cocok untuk aktivitas riding bareng temen. Eiger Vagare SS Tees yang dibuat dari 100% bahan katun ini akan menemanimu berpetualang dan berkendara ke destinasi favorit. Tampilan kaos makin keren karena memiliki desain klasik dengan sablon grafis di bagian dada dan belakang. Tersedia dua varian warna hitam dan putih dengan berbagai ukuran yang pas sesuai badanmu.

2. EIGER NASHVILLE OVERSHIRT

Sumber: eigeradventure.com

Tidak perlu takut lagi naik motor dan tiba-tiba turun hujan yang ringan. Tubuhmu tetap akan terlindungi dengan kemeja lengan panjang Nashville Overshirt yang stylish ini. Dibuat dari bahan polikatun yang kuat dengan teknologi Tropic Repellent. 

Neshville Overshirt akan jadi partner andalanmu baik saat berkendara di area perkotaan maupun aktivitas sehari-hari. Dibuat dari 65% Polyester dan 35% cotton yang nyaman dipakai untuk segala cuaca, hujan maupun panas. 

3. EIGER BANDIERE POLO SHIRT

Sumber: eigeradventure.com

Kaos Eiger Bandiere Polo bisa mendukung performamu saat berkendara karena terbuat dari material yang cepat kering. Bandiere Polo Shirt dilengkapi teknologi Tropic Odor Shield yang mencegah bau tidak sedap selama riding di jalan raya. Sablon grafis yang melekat di bagian dada mengingatkanmu untuk selalu menikmati perjalanan.

Kamu nggak perlu takut kegerahan mengenakan Bandiere Polo karena terbuat dari 96% Polyester dan 4% Elastane. Jadi tak perlu berpikir panjang untuk melengkapi kaos riding-mu dengan produk ini, ya! 

4. EIGER KROMOA CARGO PANTS – Rp639.000

Sumber: eigeradventure.com

Kromoa cargo pants cocok dipakai untuk touring jarak jauh, camping, maupun untuk kegiatan harian. Celana yang punya banyak saku ini dibuat dengan kenyamanan dan keleluasaan bergerak. Sifat bahannya elastis dan reinforcement pada bagian belakang celana. Celana cargo ini nyaman banget kamu pakai karena dibuat dari 65% Polyester, 33% rayon, dan 2% elastane.

Cargo pants ini juga bisa dirubah style-nya menjadi celana pendek yang lebih santai dengan melepas resleting di atas lutut. 

5. EIGER BEASTIE JACKET WS

Sumber: eigeradventure.com

Saat naik motor, tubuh semakin terlindungi dengan mengenakan Eiger Beastie Jacket Woman Series. Dengan memakai jaket ini, memastikanmu dapat menikmati perjalanan tetap nyaman setiap hari berkat teknologi Tropic Repellent dan Tropic Windblock. 

Jaket ini memiliki penutup kepala yang dilengkapi adjuster untuk melindungi rambut dan kepala tetap nyaman. Di bagian ujung bawah jaket juga ada adjuster-nya yang bisa kamu sesuaikan dengan ukuran tubuhmu.

Pada bagian punggung ada tape reflektif yang tampak dalam kondisi minim cahaya di malam hari. Jadi aman sekali digunakan saat motoran di malam hari.

Tersedia dua pilihan warna Dark Grey dan Olive yang bisa kamu pilih sesuai keinginan.

Setelah memperhatikan beberapa tips cara naik motor yang aman serta hal-hal yang harus dihindari saat berkendara, pastikan Eigerian menyiapkan perlengkapan riding sebelum berkendara. Mulai dari helm, jaket, kaos, sarung tangan, sepatu, dan lainnya Semua perlengkapan riding lainnya bisa Eigerian temukan di website Eiger Adventure Official. Ada banyak produk pilihan terbaru, lho! Cek sekarang juga. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru