HomeTips & TrickMountaineeringManfaat dan 6 Tips Persiapkan Lari Cross Country yang Aman

Manfaat dan 6 Tips Persiapkan Lari Cross Country yang Aman

Di kalangan olahragawan maupun pecinta olahraga, kita mengenal istilah cross country atau aktivitas lari yang dilakukan di alam bebas. Sebagian orang menyukai aktivitas ini karena menjadi salah satu cara terbaik untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan kardiovaskuler. Orang yang rutin berlari cenderung memiliki kemampuan yang baik dalam mempergunakan sistem jantung dan paru-parunya. 

Bagi Eigerian yang tertarik untuk mencoba cross country bareng teman-teman, ketahui dahulu manfaat serta tips aman melakukan lari lintas alam ini. 

Apa itu Lari Cross Country?

Cross country atau lari lintas alam adalah salah satu jenis lari jarak jauh yang dilakukan di alam terbuka secara berkelompok. Biasanya medan lari yang dilalui seperti di bukit-bukit atau area yang menanjak, berliku, menurun, jalan tanah, bebatuan, dan lainnya. 

Jenis latihan daya tahan aerobik ini menggunakan teknik yang sama dengan lari jarak menengah dan jauh. Buat Eigerian yang belum pernah mencoba lari lintas alam ini, mungkin yang ada di bayangan, lari lintas alam cukup melelahkan dan menyiksa. Namun pada akhirnya, manfaatnya bagus untuk kebugaran tubuh dan mempererat persahabatan antara anggota kelompok lari. 

Jadi, lari cross country benar-benar worth to try dengan latihan fisik yang cukup menguras fisik dan tenaga.

Manfaat Melakukan Lari Lintas Alam

Seperti yang telah umum kita ketahui, olahraga lari mendatangkan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh menjadi lebih bugar dan kuat. Latihan lari yang dilakukan secara teratur dan konsisten ini membantu meningkatkan kerja paru-paru menjadi lebih efektif. 

Paru-paru yang bekerja secara efektif ini mendorong meningkatkan jumlah oksigen yang masuk ke tubuh serta membantu jantung dalam mengirim darah ke seluruh tubuh. Meningkatnya kadar oksigen maksimal atau VO2max dalam tubuh ini juga mempengaruhi tinggi rendahnya daya tahan seseorang. 

Nah, untuk meningkatkan kemampuan daya tahan aerobik atau VO2max tersebut, salah satunya dengan melakukan lari cross country. Artinya, lari lintas alam mendatangkan manfaat bagi atlet untuk meningkatkan kapasitas oksigen yang tinggi dalam tubuhnya.

Tips Mempersiapkan Lari Cross Country untuk Pemula

Berlari memang tidak memerlukan banyak perlengkapan khusus seperti olahraga lainnya. Hal penting yang perlu pemula perhatikan untuk mempersiapkan lari cross country saat sesi latihan adalah kerja keras, kerja tim, serta mental yang tangguh. 

cross country
Ilustrasi latihan lari cross country. Sumber: Freepik

Dirangkum dari laman Brilliant Running Tips, ikuti beberapa tips latihan lari lintas alam berikut ini untuk pemula.

1. Pelajari cara bernapas dengan benar, kemudian gunakan tubuh untuk memaksimalkan kecepatan lari dan daya tahan. Cara bernapas yang tepat saat berlari adalah dengan menarik nafas melalui hidung dan membuangnya melalui mulut. Menghembuskan nafas melalui mulut ini memungkinkan paru-paru mengosongkan lebih cepat, sehingga nafas lain dapat diambil melalui hidung.

2. Gunakan seluruh tubuh untuk meningkatkan kecepatan lari. Pertama, tekuk lenganmu dekat dengan badan lalu pastikan lengan, bahu, dan tangan tetap rileks agar otot tidak tegang. Untuk lari, pusatkan gerakan pada kaki dan beban tubuh pada otot betis. Untuk menjaga kecepatan lari tetap stabil, telapak kaki yang boleh sedikit menyentuh tanah. Bisa dibayangkan, bukan?

3. Jangan mulai berlari terlalu cepat. Tahan keinginan untuk menjadi terdepan dalam jarak satu mil pertama. Pertahankan kecepatan lari yang seimbang. Sebaiknya simpan sedikit tenaga untuk melakukan sprint akhir mendekati garis finish. 

4. Latihan lari di bukit agar tubuh terbiasa. Jaga kecepatan lari tetap kuat dan stabil di medan perbukitan yang menanjak dan menurun. Saat mendaki bukit, tingkatkan kecepatan gerakmu. Kemudian saat menuruni bukit, berlarilah dengan aman jangan sampai terjatuh.

5. Bergabung dengan komunitas lari lintas alam di sekitarmu. Dengan bergabung bersama komunitas pelari lintas alam, kamu akan mengetahui banyak hal tentang lari lintas alam. Mulai dari jalur yang biasa dilewati untuk lari lintas alam, kontur perbukitan yang dilalui, berapa lama waktu yang ditempuh, dan lain sebagainya. 

6. Persiapkan mental dan fisik dari jauh-jauh hari. Setidaknya 3-4 bulan sebelum event lari lintas alam ini diadakan, persiapkan mental dan lakukan latihan fisik. Usahakan menjelang hari H, kualitas tidur tetap terjaga dengan baik serta konsumsi karbohidrat kompleks sehari sebelumnya. Persiapkan mental dengan tetap berpikir optimis dan rileks bahwa kamu dapat berlari dengan stabil hingga finish. 

Lari Lintas Alam dengan Produk Sepatu Eiger

1. EIGER X-URBAN RAPTOR SHOES

Eiger X-Urban Raptor
Sumber: eigeradventure.com

Sepatu lari pertama untuk pria adalah EIger X-Urban Raptor yang dirancang untuk aktivitas jogging. Bagian atas sepatu Eiger X-Urban Raptor dibuat dari bahan kulit suede dan poly mesh yang tahan lama. Paduan ini memberikan perlindungan dan sirkulasi udara yang baik untuk memastikan kaki tetap nyaman saat sepatu digunakan.

Insole Ortholite-nya juga memberikan bantalan yang nyaman dan breathable, memungkinkan kaki tetap kering dan nyaman saat dibawa lari. Sepatu X-Urban Raptor memakai bahan Vibram 514 C FUGA pada midsole dan outsole yang memberi cengkraman dan fleksibilitas yang optimal.

2. EIGER CLOUDRUN 2.0 SHOES – Rp599.000

Eiger Cloudrun 2.0 Shoes
Sumber: eigeradventure.com

Sepatu lari berikutnya yang bisa kamu pakai untuk kegiatan trail running adalah EIGER Cloudrun 2.0. Alih-alih berlari di medan yang mulus, trail running melalui jalur tanah dan bebatuan yang curam dan licin. 

Untuk itu, Eigerian perlu memakai sepatu khusus trail running agar nyaman dan aman untuk digunakan di alam bebas. Sepatu Eiger Cloudrun 2.0 mempunyai bobot yang ringan dan fleksibel, sehingga sangat ideal untuk lari. 

Outsole sepatu ini dibuat dari bahan karet yang memberikan daya cengkram yang baik pada berbagai medan.

3. EIGER HARRIER SHOES – Rp1.299.000

Eiger Harrier Shoes
Sumber: eigeradventure.com

Untuk mendukung kegiatan trail running di lintasan tanah dan berbatu, kamu bisa pilih EIGER Harrier Shoes. Sepatu ini memakai konstruksi Flexeton pada bagian atas untuk memberikan penguatan tanpa jahitan yang membuat Harrier Shoes lebih fleksibel.

Bagian upper-nya memakai bahan knitting dengan konstruksi seamless yang memberi kenyamanan dan fleksibilitas ekstra. Pada bagian midsole-nya memakai bahan phylon yang mampu meredam benturan dengan cukup baik, sehingga terhindar dari risiko cedera.

Bagian outsole-nya menggunakan desain grip berbahan Vibram yang mencegah slip saat lari di permukaan licin. 

Baca juga: Ada Banyak Manfaat dari Jelajah Alam Santai, Apa Saja?

Selain pilihan sepatu lari cross country di atas, Eigerian dapat menemukan dan membeli berbagai koleksi sepatu lain serta perlengkapan yang menunjang aktivitas oudoor hanya di situs Eiger Adventure Official.

Belanja online di situs resmi EIGER sangatlah mudah, cepat, dan nyaman. Didukung dengan berbagai metode pembayaran, seperti pay later, bank transfer, hingga COD.

Yuk dapatkan harga terbaik, promo menarik, voucher belanja, hingga gratis ongkir seluruh wilayah di Indonesia untuk semua pilihan barang yang kamu butuhkan di Eiger. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru