HomeTips & TrickMountaineeringCara Melipat Tenda yang Benar dan Menyimpannya dalam Carrier

Cara Melipat Tenda yang Benar dan Menyimpannya dalam Carrier

Tenda dengan fitur yang cocok untuk segala musim pendakian biasanya dibanderol dengan harga yang lumayan mahal. Barang dengan harga yang lumayan tentu saja sayang kalau cepat rusak dalam jangka waktu yang pendek karena perawatan yang kurang maksimal. Lantas, bagaimana cara melipat tenda yang benar, supaya tenda lebih awet dan siap digunakan saat dibutuhkan?

Tenda yang dirawat dengan baik tentunya akan membuat pendakian terasa nyaman dan sesuai rencana, serta membuat umur tenda menjadi jauh lebih lama. Itulah kenapa, pengetahuan mengenai cara melipat tenda yang benar dan cara menyimpannya dalam tas carrier sangat diperlukan.

Tips Merawat dan Membersihkan Tenda

cara melipat tenda
Sumber: Eiger Adventure

Sebagian orang sering sekali asal lipat dan asal bungkus saat packing tenda ketika akan turun gunung atau selesai camping. Cara seperti ini sangat tidak direkomendasikan, lho! Karena itu artinya kita tidak mengecek apakah ada benda-benda yang tertinggal di dalam tenda, termasuk sampah atau kotoran kecil lainnya. Jika hal tersebut dibiarkan, maka akan membuat aroma di dalam tenda tidak nyaman saat digunakan kembali. Jadi sebelum melipat tenda, pastikan Eigerian membersihkannya dari kotoran atau debu yang menempel. 

Jika tenda dipakai saat hujan dan kotor, maka cara membersihkannya adalah dengan dibuka lalu disiram dengan air. Kalau ada kotoran yang masih melekat, Eigerian bisa mencucinya dengan sabun mandi atau shampoo, bukan detergen. Lalu pada saat menggosok bagian luar tenda, bisa menggunakan kain halus, lap basah, atau spons dengan busa yang lembut, di bagian yang kotor.

Selanjutnya, pada saat menjemur tenda, usahakan tidak menghadapkan tenda secara langsung di bawah sinar matahari. Hal ini dilakukan untuk menghindari rusaknya bahan tenda akibat terkena teriknya sinar matahari. Tenda bisa dijemur di tempat yang teduh, atau sekadar diangin-anginkan saja. Kalau sudah benar-benar kering dan bersih, maka tenda siap untuk dilipat dan disimpan.

Baca juga: Cara Mendirikan Tenda yang Kokoh Ada Tipsnya, Simak!

Cara Melipat Tenda yang Benar

cara melipat tenda
Sumber: Eiger Adventure

Melipat tenda gunung dengan benar adalah suatu keterampilan penting yang harus dikuasai oleh para pendaki. Berikut ini adalah beberapa tips dan cara melipat tenda yang benar dan cara menyimpannya dalam tas carrier.

  1. Ikuti Petunjuk dan Pola Lipatan. Setiap tenda punya petunjuk dan pola lipatan yang berbeda-beda, jadi pastikan untuk membaca dan mengikuti petunjuk penggunaan tenda yang disertakan saat pembelian. Biasanya, tenda dilipat secara simetris dari atas ke bawah atau dari samping ke samping. Eigerian bisa mengikuti pola lipatan dengan hati-hati untuk mendapatkan hasil yang rapi dan mudah dilipat kembali saat digunakan selanjutnya.
  2. Jaga Kebersihan dan Kelembutan Material Tenda. Selama proses melipat tenda, pastikan untuk menjaga kebersihan dan kelembutan material tenda, hindari melipat tenda dengan kasar atau menggunakan tenaga yang berlebihan yang bisa merusak atau merobek material. Lipat dengan lembut dan pastikan tidak ada bagian yang terjepit atau tertekuk secara tidak wajar untuk menjaga kualitas dan umur panjang tenda.
  3. Letakkan Tenda dengan Rapi dalam Carrier. Setelah tenda dilipat dengan benar, selanjutnya tenda siap untuk disimpan dengan rapi di dalam tas carrier. Untuk frame, bisa diletakkan di bagian samping tas carrier.
  4. Simpan Tenda dengan Aman. Jika pendakian telah usai, jangan lupa keluarkan tenda dari dalam tas carrier untuk selanjutnya disimpan dengan aman. Tenda bisa dilipat tanpa tekanan, dibuat lebih longgar dibandingkan saat akan dimasukkan ke dalam tas carrier. Tujuannya adalah supaya tenda tidak lengket dan tidak menempel. Tenda bisa disimpan di tempat yang aman, misalnya di dalam kotak khusus seperti container box.

Baca juga: Ini 6 Perlengkapan Camping yang Wajib Dibawa, Ada Tambahan?

Bagi Eigerian yang berencana untuk membeli tenda, berikut ini ada beberapa rekomendasi tenda dari EIGER yang bisa Eigerian pilih:

1. EIGER SENARU 2P TENTS

cara melipat tenda

Senaru 2P adalah tenda kemah untuk kapasitas dua orang yang sangat cocok digunakan untuk kegiatan berkemah dan hiking. Tenda ini memiliki tiang rangka berbahan duraluminium yang mudah dipasangkan, satu akses pintu masuk, dan mesh sebagai ventilasi. Saat tidak dipakai, Eigerian bisa menyimpannya kembali di carry bag.

2. EIGER SHIRA 1P TENT

cara melipat tenda

Lalu, ada Shira 1P yang merupakan tenda kemah untuk kapasitas satu orang yang cocok digunakan untuk kegiatan berkemah. Tenda ini memiliki tiang rangka berbahan aluminium yang mudah dipasangkan, satu akses pintu masuk, mesh sebagai ventilasi, dan saat tidak dipakai, Eigerian juga bisa menyimpannya kembali di carry bag.

3. EIGER SHIPTON 3P TENT

cara melipat tenda

Shipton 3P adalah tenda kemah untuk kapasitas tiga orang yang cocok digunakan untuk kegiatan berkemah dan hiking, di mana tenda ini memiliki tiang rangka berbahan duraluminium yang mudah dipasangkan, satu akses pintu masuk dan mesh sebagai ventilasi. Tenda ini juga dilengkapi carry bag, sehingga setelah selesai digunakan tenda bisa dilipat dan dimasukkan ke dalamnya supaya lebih mudah dibawa.

4. EIGER X-BERGANOA 1P TENT

cara melipat tenda

Berganoa 1P adalah tenda kemah untuk kapasitas satu orang yang menggabungkan kenyamanan dengan kemudahan sekaligus dalam memasang dan mengemas tenda secara cepat. Jadi, tenda ini sangat cocok untuk para petualang yang ingin memanfaatkan waktu untuk menikmati alam di luar ruangan. Tenda ini dirancang khusus dengan pintu berbentuk D dan dilengkapi dengan resleting dua arah yang bertujuan untuk memudahkanmu saat masuk atau keluar tenda. 

Kemudian, bagian teras tenda dapat digunakan untuk menyimpan perlengkapan ataupun sebagai area tambahan saat bersantai di sekitar base camp. Selain itu, tenda multifungsi ini juga dilengkapi dengan breathable panel mesh yang mampu memberikan ventilasi sekaligus menawarkan akses untuk menikmati pemandangan alam yang menakjubkan. Eigerian bisa menyimpan tenda di carry bag begitu selesai digunakan, tapi pastikan tenda sudah dalam keadaan bersih dan kering, ya!

5. EIGER LONE BIVY 1P TENT

cara melipat tenda

Rekomendasi tenda dari EIGER berikutnya terbuat dari material polyester berdaya tahan kuat dan anti air. Lone bivy ini hadir dengan desain minimalis juga ringkas untuk memastikan perlindungan dan kenyamananmu terjaga dalam kegiatan camping maupun backpacking. Dilengkapi dengan ventilasi mesh dan ruang yang cukup luas, tenda yang satu ini memungkinkan sirkulasi udara dan pergerakan yang lebih baik. Sehingga menjadikan tenda ini menjadi pilihan tepat untuk dibawa kemana pun.

Selain tenda, Eigerian juga bisa menemukan berbagai macam perlengkapan mountaineering di website resmi EIGER Adventure. Di website resmi EIGER Adventure, Eigerian bisa belanja produk original dan berkualitas secara online dengan pilihan metode pembayaran yang beragam. Jangan lupa cek dan manfaatkan promo yang ada, ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru