HomeTips & TrickTraveling5 Destinasi Super Prioritas Indonesia dan Tips Menjelajahinya

5 Destinasi Super Prioritas Indonesia dan Tips Menjelajahinya

Indonesia selalu memiliki permata indah untuk dikunjungi, berkat keindahan alam yang tidak dapat dibantah oleh siapapun. Sebagai seorang warga negara Indonesia, tentu kamu juga harus paham tentang pengembangan yang dilakukan, seperti penggunaan konsep Destinasi Super Prioritas oleh pemerintah sejak beberapa waktu belakangan lalu.

Secara resmi, pemerintah melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif terus menggaungkan potensi pariwisata negeri ini. Destinasi super prioritas yang dimaksud kemudian akan dikembangkan secara optimal dengan acuan nilai utamanya, sehingga menjadi tujuan pelancong favorit baru yang dapat mendatangkan nilai ekonomi untuk warga sekitar.

Baca Juga: Kenali Ciri-Ciri Flashpacker dan Tips Melakukannya

Tapi Apa Sih Definisinya?

destinasi super prioritas
Sumber: freepik.

Pada dasarnya, destinasi super prioritas merupakan konsep yang diangkat oleh pemerintah untuk mengembangkan industri pariwisata yang ada di Indonesia. Beberapa titik yang masuk dalam kategori ini kemudian akan dikembangkan secara optimal dengan bantuan pemerintah pusat untuk menumbuhkan ekosistem ekonomi kreatif yang menarik wisatawan sekaligus menumbuhkan kekuatan ekonomi daerah.

Well, untuk petualang seperti Eigerian, pemahaman tentang konsep ini jelas penting supaya bisa turut mendukung upaya pemerintah dalam memajukan potensi negeri yang indah ini. Nantinya titik yang masuk kategori ini juga tercakup dalam program 10 Bali Baru.

Apa artinya?

Artinya destinasi wisata setingkat Pulau Dewata, baik dari segi keindahan, keunikan, dan kekuatan ekonominya, akan tercipta pada titik yang telah direncanakan.

Akan jadi opsi menarik untuk dimasukkan ke rencana kunjungan atau liburan ya?

5 Destinasi Super Prioritas di Indonesia

Nah ada lima titik wisata yang masuk dalam kategori ini di program pemerintah. Kelimanya menawarkan petualangan, value, dan cerita yang unik, sehingga akan menarik untuk dikunjungi.

1. Candi Borobudur

destinasi super prioritas
Sumber: Indonesia Travel

Menjadi salah satu wisata kebanggaan Jawa Tengah, Candi Borobudur telah mendunia sejak lama. Candi ini juga menyandang predikat sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO, dan pernah masuk ke keajaiban alam.

Selain memiliki struktur yang luar biasa megah, candi ini juga memiliki banyak daya tarik lain. Mulai dari wisata kuliner, pemandangannya, hingga perayaan hari raya Waisak yang selalu ramai dan terasa sangat sakral.

2. Danau Toba

destinasi super prioritas
Sumber: Indonesia Travel

Selanjutnya adalah Danau Toba. Terletak di Sumatera Utara, danau vulkanik terbesar di dunia ini juga masuk dalam daftar destinasi super prioritas. Suasana alam yang benar-benar mengagumkan, serta hawa sejuk yang ada di sana membuat siapapun betah berlama-lama.

Kamu juga bisa menjelajah area Danau Toba hingga menyeberanginya untuk mendapatkan pengalaman tak terlupakan. Soal kuliner? Kamu bisa mencoba sashimi khas Batak, dengan sajian ikan yang dimasak tanpa api. Unik ya?

3. Likupang

destinasi super prioritas
Sumber: Indonesia Travel

Likupang terletak di area Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara. Untuk Eigerian yang gemar traveling dan menikmati keindahan bawah laut, maka destinasi ini cocok disambangi. Banyak pantai yang eksotis dan menawan yang menawarkan keindahan laut yang luar biasa.

Menyelami lautan di sini akan jadi pengalaman unik yang tidak didapatkan di tempat lain, sebab biota laut dan kombinasinya dengan view bawah air benar-benar memukau. Agar semakin lengkap, kamu juga bisa mencoba berbagai kuliner khas yang memanjakan lidah seperti bubur tinutuan, pisang goroho, sampai sambal roa.

4. Labuan Bajo

destinasi super prioritas
Sumber: Indonesia Travel

Tidak asing lagi untuk siapapun yang punya agenda melancong ke bagian lain dari Indonesia, Labuan Bajo juga masuk ke destinasi wisata super prioritas. Sebenarnya soal keindahan dan pesona Labuan Bajo sudah tidak perlu lagi dijelaskan, karena otomatis jadi pengetahuan publik luas.

Petualangan seru bisa dilakukan dengan menjelajah area ini, tinggal di kapal pinisi di tengah laut, hingga menikmati wisata bawah air yang juga menawan. Meski mungkin agak pricey, tapi semua akan terbayar lunas dengan pengalaman yang kamu dapatkan.

5. Mandalika

destinasi super prioritas
Sumber: Indonesia Travel

Cantiknya pantai Mandalika juga jadi salah satu daya tarik tidak terbantahkan. Setelah dikenalkan pada dunia lewat balapan MotoGP dan WSBK, kini Mandalika siap berkompetisi dengan destinasi menarik lain yang ada di Indonesia dan dunia.

Keunikan dari sirkuit yang menjadi pelengkap wisata Mandalika adalah bahwa dari kursi penonton Eigerian bisa langsung menikmati keindahan garis pantai yang indah. Tentu, masih banyak lagi yang bisa dijelajahi dan menjadi arena petualangan yang seru di sana.

Agar Bisa Maksimal, Ini Tips Menikmati Kelima Wisata Super Prioritas di Atas!

destinasi super prioritas
Sumber: freepik.com

Penjelajahan ke destinasi super prioritas jelas memerlukan persiapan yang matang, supaya semua agenda bisa dilaksanakan secara maksimal. Untuk itu, Eiger Adventure juga akan membagikan beberapa tips sederhana tapi jitu untuk membuat petualanganmu semakin seru.

  • Rencanakan dengan baik. Walaupun kamu ingin menjelajah dengan bebas, tapi setidaknya pastikan hal utama seperti tiket berangkat dan pulang, akomodasi, serta rencana kegiatan sudah kamu buat dengan detail
  • Kumpulkan informasi dan hal yang terkait dengan budaya lokal. Berkunjung ke area wisata yang ada di daerah menawarkan spektrum baru dalam menikmati keindahannya. Selain apa yang kamu lihat, pastikan kamu juga tahu tentang budaya yang menjadi pegangan masyarakat
  • Barang bawaan secukupnya. Supaya tidak terlalu berat selama perjalanan dan mobilitas, bawa barang secukupnya saja. Data semua barang yang dibawa, dan selalu cek kembali sebelum berpindah ke lokasi lain
  • Ingat untuk rencanakan pengeluaran. Wisata ke destinasi super prioritas tidak bisa dikatakan ekonomis, tapi juga tidak berarti harus menghamburkan uang. Selama kamu punya perencanaan yang tepat, pengeluaran bisa ditakar dengan baik dan tidak sampai mengarah ke pemborosan. Ingat untuk selalu membawa uang tunai, karena tidak semua tempat bisa menerima transaksi menggunakan pembayaran digital atau elektronik
  • Jaga kondisi tubuh sebelum, selama, dan setelah perjalanan. Liburan akan bisa dirasakan dengan maksimal jika kamu punya tubuh yang sehat. Jadi persiapkan kondisi fisik sebelum berangkat, selamat menikmati liburan, dan pastikan istirahat cukup setelah liburan
  • Bawa bekal air minum setiap keluar dari penginapan. Sederhana tapi bisa membantumu menghemat cukup banyak rupiah

Baca Juga: 10 Hewan Endemik Indonesia yang DIlindungi, Klik di Sini! 

Petualangan ke lima destinasi super prioritas bisa kamu siapkan mulai dari sekarang. Dengan persiapan yang matang, perjalanan akan terasa seru dan menyenangkan, terlebih jika dilakukan bersama orang-orang terdekatmu. Tentu saja untuk perlengkapan perjalanan kamu tidak perlu repot mencari, sebab Eiger Adventure siap menyediakan produk andalannya untukmu. Cari produk berkualitas di situs resmi Eiger Adventure dan nikmati benefit harga terbaik, gratis ongkir, opsi pembayaran beragam, dan jaminan produk ori sekarang juga! 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru