HomeTips & TrickTravelingBerkenalan dengan Flyboarding dan 5 Lokasi Mencobanya

Berkenalan dengan Flyboarding dan 5 Lokasi Mencobanya

Apakah Eigerian adalah golongan orang-orang yang suka tantangan dan memacu adrenalin untuk mendapatkan kesenangan? Jika ya, maka flyboarding bisa jadi satu agenda seru untuk dicoba. Memang tidak tersedia di semua tempat, tapi di lokasi yang tepat, Eigerian bisa mendapatkan pengalaman yang membuat ketagihan untuk melakukannya lagi.

Kegiatan ini sendiri cocok menjadi sarana rekreasi, mencari tantangan baru, dan melayang di udara layaknya Ironman. Hanya saja, tenaga yang digunakan adalah semburan air dari bagian pad yang diinjak, sehingga kamu bisa merasakan benar tenaga yang keluar dari pad tersebut.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Jam Tangan Anti Air dari Eiger untuk Kegiatan Outdoor

Sekilas Mengenal Flyboarding

flyboarding
Sumber: freepik.com

Flyboarding sendiri merupakan salah satu permainan atau olahraga air ekstrim yang muncul pada tahun 2012 lalu. Penciptanya adalah Franky Zapata, atlet jetski profesional asal Perancis yang memiliki ide untuk membuat sebuah aktivitas ekstrim, tapi seru untuk dimainkan.

Alat utamanya adalah flyboard itu sendiri, yang dipasang menyatu dengan sebuah papan yang telah dilengkapi mesin berteknologi canggih. Bagian bawah kemudian dipasangi pipa sepanjang kurang lebih 18 meteri, yang terhubung pada turbin jetski. Pipa atau selang inilah yang akan memompa air keluar dari bagian bawah flyboard dan menimbulkan daya dorong dari bagian bawahnya.

Jika dimainkan dengan benar, daya dorong yang diciptakan bisa mengangkat seseorang dewasa hingga 10 meter di atas permukaan air. Tentu saja ketika sudah cukup berpengalaman Eigerian bisa memainkan banyak manuver menarik dengan papan atraktif ini.

Coba Lihat Cara Bermainnya, Bagaimana Menurutmu?

flyboarding
Sumber: freepik.com

Mungkin jika Eigerian melihat penjelasan di atas, cara bermainnya akan terbayang cukup mudah. Tapi sebenarnya terdapat 10 langkah yang akan dilakukan dalam bermain flyboarding ini. Penjelasan singkatnya adalah sebagai berikut.

  1. Pertama, dengarkan arahan dari instruktur, baik kamu seorang pemula atau sudah memiliki pengalaman
  2. Kamu akan diperbolehkan memasukkan kaki ke dalam sepatu flyboard dengan posisi tangan yang memegang handle yang telah disediakan
  3. Secara umum, fungsi dari handle in adalah untuk menyeimbangkan tenaga dari dorongan air saat kamu mulai melayang, pada posisi tubuh
  4. Saat semua perangkat flyboard sudah aman terpasang, Eigerian dapat mulai melompat ke air dengan kaki yang diarahkan terlebih dahulu
  5. Ketika kamu berada di atas air, usahakan punggung dalam keadaan lurus dengan kaki berada di dalam air dan kepala di atas permukaan air
  6. Semua persiapan selesai, mesin jetski kemudian akan mulai dinyalakan untuk memberikan dorongan di bagian bawah flyboard yang kamu naiki
  7. Perlahan Eigerian bisa mulai menyeimbangkan badan yang terangkat dari dalam air, dan mulai melayang sampai pada ketinggian tertentu
  8. Pada posisi melayang di atas air ini keseimbangan yang kamu punya benar-benar akan diuji. Selalu usahakan tubuh tetap bisa mengendalikan arah gerak flyboard, tapi jangan terlalu kaku
  9. Pastikan tubuh dalam keadaan rileks dan hindari gerakan yang terlalu tergesa-gesa
  10. Seharusnya kamu sudah mulai merasa nyaman ketika sampai di titik ini. Mulai coba gerakan secara perlahan sesuai dengan arahan dari instruktur. Dalam waktu singkat kamu akan mulai menikmati waktumu saat berada di udara dengan bantuan dorongan air dari bagian bawah

Bagaimana menurutmu? Apakah masih penasaran dan ingin segera mencobanya?

Sebenarnya flyboarding sendiri cukup populer di lokasi dan area wisata dengan tema air. Bali menjadi salah satu tujuan utama jika kamu ingin benar-benar mencobanya.

Beberapa Spot untuk Mencoba Flyboarding

flyboarding
Sumber: freepik.com

Cukup banyak lokasi dan tempat wisata yang menyediakan flyboarding di areanya. Namun di artikel ini akan disampaikan setidaknya lima tempat yang direkomendasikan untuk Eigerian coba, untuk mendapatkan pengalaman yang tidak terlupakan.

1. Gili Trawangan, Lombok

Gili Trawangan menjadi salah satu spot terbaik untuk bermain flyboarding. Menurut informasi terakhir, tarif untuk bermainnya berkisar antara Rp1.000.000 per orang, sudah lengkap dengan instruktur dan perlengkapan yang diperlukan.

Tentu, bermain flyboard ini akan jauh lebih seru jika bersama teman-teman bukan?

2. Tanjung Benoa, Bali

Selanjutnya kamu bisa mencoba wahana yang ada di area Tanjung Benoa, Bali. Harga sewanya antara Rp800.000 hingga Rp1.000.000-an per orang untuk 20 menit waktu bermain. Lokasinya sendiri dikenal sebagai kawasan watersport Bali, sehingga mudah ditemukan.

3. Nusa Lembongan, Bali

Masih di kawasan Pulau Dewata, Nusa Lembongan bisa jadi tempat main flyboard yang tidak kalah seru. Tapi biaya sewanya cukup tinggi, sekitar Rp1.800.000-an untuk sekali main. Eigerian yang masih pemula juga bisa datang kesini karena bisa mengikuti sesi pelatihan singkat untuk bisa bermain dengan seru.

4. Pantai Losari, Makassar

Yang keempat ada di Pantai Losari, Makassar. Dengan ombak yang cukup besar sehingga daya dorong flyboard lebih kuat, kamu bisa menikmati atraksi ini dengan biaya setidaknya Rp1.000.000-an per orang.

5. Owabong, Purbalingga

Di Jawa Tengah juga tersedia atraksi flyboarding yang bisa Eigerian kunjungi. Lokasinya ada di Objek Wisata Air Bojongsari atau Owabong, di Kabupaten Purbalingga. Namun demikian wahana ini hanya dibuka secara terbatas pada momen lebaran beberapa saat yang lalu.

Traveling Seru Bersama Eiger Adventure

Untuk mendukung agenda traveling dan pengalaman flyboarding, kamu bisa menggunakan beberapa produk Eiger Adventure berikut ini. Tidak secara langsung berkenaan dengan aktivitas ekstrim di air tersebut, tapi produk seperti tas, jaket, dan sepatu bisa membantu kamu nyaman di perjalanan. 

Eiger Stanley Shoes

flyboarding
Sumber: Eiger Adventure

Dengan harga hanya Rp628.900 saja, kamu bsia mendapatkan dua opsi warna yang menarik. Dibuat dari bahan berkualitas, Eigerian akan mendapatkan kenyamanan selama di perjalanan.

Eiger Quimper Jackshirt

flyboarding
Sumber: Eiger Adventure

Hadir hingga ukuran XXXXL, jaket ini memang diperuntukkan bagi Eigerian dalam segala ukuran tubuh. Dengan hanya Rp448.900 saja, kamu bisa membawa jaket ini traveling dengan nyaman.

Eiger Z – Weekender Ruck 32L 1F Carrier

flyboarding
Sumber: Eiger Adventure

Tas ini cocok untuk dibawa bepergian selama beberapa hari karena punya kapasitas yang besar. Harganya sendiri adalah Rp879.900, dengan kapasitas hingga 32 liter. Semua barang akan muat dimasukkan ke dalam tas ini.

Baca Juga:  Ketahui Perbedaan Snorkeling dan Diving Beserta Manfaatnya Yuk!

Itu tadi sekilas tentang informasi mengenai flyboarding yang bisa dibagikan di artikel singkat ini. Bagaimana menurutmu? Apakah cukup menggoda untuk dicoba? Eigerian bisa segera mendatangi lokasi-lokasi yang disebutkan tadi untuk mencicipi sensasi flyboarding yang seru dan tidak terlupakan. 

Tentu saja, jika kamu perlu perlengkapan yang bisa mendukung agenda liburan dan mendatangi tempat flyboarding, kamu bisa menemukannya di situs resmi Eiger Adventure. Belanja di situs resmi ini lebih menguntungkan karena akan mendapatkan jaminan produk ori, harga terbaik, hingga gratis ongkir ke berbagai lokasi di Indonesia. Dapatkan produk terbaiknya, dan berpetualang bersama Eiger Adventure sekarang juga!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru