HomeTips & TrickLifestyleInspirasi Casual Style Saat Naik Gunung yang Patut Dicoba

Inspirasi Casual Style Saat Naik Gunung yang Patut Dicoba

Aktivitas mendaki gunung menawarkan berbagai macam manfaat dan melatih banyak otot di seluruh tubuh. Ditambah lagi, karena sifatnya yang intens, aktivitas ini secara efektif akan mengembangkan sistem kardiovaskular dan memperkuat jantung serta paru-paru. Saat naik gunung, semua hal harus benar-benar diperhatikan, termasuk soal outfit. Pakaian yang nyaman, aman dan tetap trendi menjadi salah satu bagian penting dalam perlengkapan pendakian. Kalau kamu bingung cari inspirasi casual style untuk naik gunung, berikut ini sudah kami siapkan daftar fashion items yang wajib kamu gunakan saat mendaki nanti.

Casual Style

Daftar Fashion Items untuk Naik Gunung

Beberapa fashion items di bawah ini wajib kamu siapkan jika ingin tampil casual style saat naik gunung. 

1. Base Layer atau T-shirt

casual style

Fashion item kedua yang menjadi pakaian wajib seorang pendaki gunung adalah baselayer atau kaos yang digunakan sebagai lapisan pertama saat mendaki gunung. Kaos untuk mendaki gunung sendiri memiliki beberapa kriteria yang istimewa supaya nyaman, aman, dan tangguh saat digunakan bertualang di alam bebas. Kaos memang bisa menjadi casual style saat naik gunung yang ideal, dengan catatan bahan dan spesifikasi kaos yang digunakan juga nyaman, dan aman. Pertimbangan yang paling umum digunakan dalam memilih kaos untuk mendaki gunung adalah kemampuan breathable, elastis, atau kemampuannya yang cepat kering saat terkena basah. Meskipun tidak begitu memiliki korelasi dengan ketangguhan dan keamanan, namun desain corak yang menarik juga akan membantu outfit casual style pendakianmu menjadi lebih menarik.

2. Celana Hiking

Memilih celana outdoor itu sebenarnya tidak sulit. Kamu hanya perlu menyesuaikan celana dengan jenis medan yang akan kamu tempuh saat mendaki gunung. Melakukan pendakian memang harus dilengkapi dengan perlengkapan yang memadai, salah satunya adalah celana berbahan waterproof dan windproof. Celana hiking ini akan membuat badan kamu tetap kering dan nyaman, serta tidak akan membatasi ruang gerak. Kamu bisa memakai celana hiking yang panjang, dan memiliki model dengan banyak kantong yang bisa menyimpan barang-barang kecil. Pilihlah celana dengan desain compact size, ringan, mudah kering, dan overtrousers yang tahan air dengan kategori hujan deras namun tetap breathable.

3. Jaket Gunung

casual style

Jangan abaikan fashion item yang satu ini untuk menunjang casual style-mu saat naik gunung. Jaket adalah perlindungan yang sangat krusial terhadap udara dingin pegunungan. Selain itu, jaket juga mampu menjadi proteksi yang baik untuk hujan, angin, maupun ranting belukar yang tajam saat di perjalanan. Seperti halnya pakaian mendaki gunung yang lainnya, jaket juga memiliki banyak pilihan. Namun, prioritas utama yang banyak dijadikan rujukan dalam mempertimbangkan sebuah jaket gunung adalah faktor material dan juga desainnya. Termasuk dalam hal ini misalnya apakah jaket gunung tersebut waterproof, windproof, breathable, atau lainnya.

Jaket gunung akan menjadikan gayamu  stylish, namun tetap nyaman dan menghangatkan badanmu saat mendaki gunung. Pilihlah jaket yang memiliki material yang tebal dan memiliki banyak kantong untuk memudahkan kamu membawa barang-barang kecil yang dibutuhkan selama pendakian.

4. Kemeja Flanel

Baik laki-laki maupun perempuan yang hobi travelling, biasanya memiliki baju berbahan flanel. Nah, saat mendaki gunung kamu juga bisa mengandalkan kemeja flanel tersebut. Kemeja flanel menjadi salah satu busana yang memiliki model tak lekang oleh waktu dan bersifat unisex untuk berbagai acara, termasuk untuk casual style saat naik gunung. Namun pastikan outfit tersebut mampu menyerap keringat dengan baik, yaitu yang berbahan 100% katun. 

5. Sepatu dan Sandal Gunung

casual style

Saat mendaki gunung, sebaiknya kamu lebih bijak dalam memilih alas kaki. Sangat disarankan untuk menggunakan sepatu semata kaki seperti hiking boots yang memiliki desain lebih kokoh dan tebal. Hiking boots memang dirancang khusus yang berfungsi maksimal untuk melindungi kaki dari berbagai medan terjal saat pendakian. Agar casual style-mu lebih trendi, mungkin kamu bisa memilih hiking boots atau sandal gunung yang berwarna cerah. Menggunakan sepatu atau sandal gunung khusus yang tidak licin, memiliki pijakan yang empuk dan mantap, adalah suatu keharusan. 

6. Topi 

casual style

Mendaki gunung menjadi salah satu outdoor activities yang disukai laki-laki maupun perempuan. Selain menawarkan keindahan pemandangan alam dari ketinggian, mendaki gunung juga akan membuat tubuh lebih sehat. Saat naik gunung, jangan lupakan fashion item yang satu ini. Kamu juga bisa menggunakan bucket hat yang terbilang cukup ringan

7. Kacamata

Selain topi, kacamata juga tidak boleh kamu lewatkan. Penggunaan topi dan kacamata tentu bermanfaat untuk membuat kamu tetap nyaman, meskipun cuaca panas maupun dingin menerpa selama pendakian. Pilihlah kacamata yang memiliki desain simple dan memiliki fitur pelindung ultraviolet. Kacamata ini bisa menjadi nilai tambah untuk casual style-mu supaya tetap fashionable saat mendaki gunung.

Perlengkapan Lengkap, Naik Gunung Siap!

Jadi, sekarang kamu sudah tahu kan harus mengenakan apa saja saat mendaki gunung? Dengan melengkapi daftar fashion items yang telah disebutkan di atas, dijamin casualstyle-mu akan semakin keren. Kini saatnya melakukan perjalanan dengan membawa tas berisi perlengkapan pendakian yang komplit. Kalau Eigerian butuh cari sepatu gunung, jaket, atau perlengkapan mountaineering lainnya, langsung saja kunjungi di Eiger Adventure Store terdekat. Atau klik di sini untuk cek stock-nya.

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru