HomeTips & TrickGreen & HealthyCara Merawat Hutan Agar Lestari, Mulai dari Hal Sederhana!

Cara Merawat Hutan Agar Lestari, Mulai dari Hal Sederhana!

Cara merawat hutan dalam tindakan sehari-hari menjadi bagian yang sangat berharga untuk keberlanjutan lingkungan. Seperti yang telah kita ketahui, hutan adalah paru-paru dunia di mana pepohonan menyerap karbondioksida dan memproduksi oksigen yang dibutuhkan untuk bernapas. Sebagai paru-paru dunia, hutan juga membantu kurangi emisi karbon di lapisan ozon yang berkontribusi pada global warmin.

Hutan hadir sebagai rumah bagi lebih dari 80% hewan dan tumbuhan di seluruh uia. Untuk itu, kita harus bersama merawat habitat hutan agar berbagai spesies dapat bertahan. Dengan adanya hutan yang terjaga dengan baik, maka bisa mencegah bencana lingkungan seperti tanah longsor dan banjir. 

Mari bersama turut berperan aktif dalam cara merawat hutan agar keberlanjutannya terjaga untuk generasi mendatang.

Cara Sederhana Merawat Hutan yang Bisa Dilakukan oleh Semua Orang

1. Pelajari tentang Hutan secara Lokal maupun Global

DIdiklah diri kita masing-masing tentang hutan, pentingnya hutan, serta ancaman yang dihadapinya. Semakin banyak EIgerian belajar tentang ekosistem alam yang menakjubkan ini, maka semakin dapat menghargai keindahan dan peran penting hutan dalam planet kita.

Dengan menggali pengetahuan tentang cara merawat hutan, kamu juga dapat menginspirasi orang lain untuk turut ambil tindakan. Semua hal tentang hutan bisa didapatkan ilmunya di buku-buku, situs web, dan film dokumenter.

2. Menanam Pohon, Semakin Banyak Semakin Baik!

Salah satu bagian penting dari solusi perubahan iklim dan pemulihan ekosistem adalah dengan reboisasi. Setiap orang bisa bergabung ke komunitas menanam pohon atau bisa berdonasi ke organisasi lingkungan hidup yang menanam pohon. Gerakan bersama ini akan mendorong lebih banyak orang untuk menanam pohon di hutan sekitarnya agar ekosistem terjaga dengan baik. 

Kamu juga dapat menanam pohon di sekitar tempat tinggalmu. Keberadaan pohon sangat penting dalam mengurangi karbondioksida (CO2) dan menghasilkan (O2) yang kita butuhkan. Selain itu pohon dapat menyerap air hujan yang bermanfaat bagi kehidupan manusia dan makhluk hidup di bumi.

3. Mengurangi Penggunaan Kertas

Bahan baku kertas berasal dari pohon yang ditebang. Maka, gunakan kertas secara bijak dan hanya saat benar-benar diperlukan. Untuk membatasi kertas yang terbuang sia-sia, hindari pemborosan dan pertimbangkan untuk menggunakan kertas yang dapat didaur ulang.

4. Memilih Transportasi Ramah Lingkungan

Untuk mobilisasi sehari-hari, jika memungkinkan, gunakan sepeda atau kendaraan umum untuk mengurangi emisi gas buangan. Cara ini dapat membantu mengurangi dampak nehatif pada lingkungan. 

5. Sering-seringlah Mengunjungi Hutan

Menghabiskan waktu di hutan adalah pengalaman yang menakjubkan. Jika kamu merasa memiliki koneksi dengan alam, cobalah luangkan waktu untuk menjelajahi hutan yang ada di dekat lingkungan tempat tinggalmu. Pergilah mendaki, camping, piknik, atau sekadar berjalan-jalan di kawasan hutan yang asri. 

Sumber Foto: EIGER Black Borneo Expedition 2016 (National Geographic Indonesia)

Bagaimana Eigerian dapat Ikut Andil dalam Merawat Hutan?

Sebagai seorang Eigerian, kamu bisa melakukan beberapa cara sebagai wujud kontribusi terhadap pelestarian hutan bersama Eiger Adventure, antara lain:

1. Tingkatkan Pendidikan dan Kesadaran

Pertama, edukasi diri sendiri dan orang lain di sekitarmu tentang pentingnya hutan dan dampak deforestasi. Ada banyak cara untuk mengeduksasi dan mengembangkan kesadaran orang lain tentang pentingnya merawat hutan, seperti melalui media sosial, blog, atau diskusi bersama teman dan keluarga.

2. Ikut Berpartisipasi dalam Penanaman Pohon

Eigerian ikut serta dalam program penanaman pohon dan restorasi hutan. Cara untuk berpartisipasi yaitu bergabung dengan komunitas atau organisasi yang berfokus pada reboisasi dan konservasi.

3. Mendukung Organisasi Konservasi

Eiger Adventure memiliki komitmen terhadap keberlanjutan lingkungan. Kamu bisa mendukung upaya EIger dengan membeli produk-produk yang ramah lingkungan.

Selain itu, EIgerian bisa bersama-sama mendukung organisasi konservasi hutan di Indonesia, salah satunya seperti Yayasan Konservasi Alam Nusantara (NFC).

4. Memilih Produk Berkelanjutan

Saat berbelanja perlengkapan outdoor activity, pilih produk yang berasal dari bahan ramah lingkungan dan diproduksi secara bertanggung jawab, termasuk beberapa produk EIger terbuat dari bahan ramah lingkungan.  

Salah satu produk EIGER yang ramah lingkungan adalah EIGER Sunshiny Waist Bag. Tas repurpose yang dibuat menggunakan kain sisa produksi untuk mengurangi dampak terhadap lingkungan. 

Tas ini memiliki kompartemen utama saku dalam dan saku depan untuk menyimpan perlengkapan esensialmu. 

Baca juga: 5 Contoh Kerusakan Lingkungan Akibat Manusia & Pencegahannya

#MariKembali Menjaga dan Melindungi Kelestarian Hutan 

Hutan adalah sumber kehidupan di bumi. Selain sebagai paru-paru dunia, hutan juga memiliki banyak peran penting untuk menopang kehidupan yang berkelanjutan. Jaga dan lindungi kelestarian hutan bisa dimulai dari hal sederhana, seperti menanam dan merawat pohon di sekitar.

Ingat ya, Eigerian, setiap tindakan kecil yang kita lakukan dapat berkontribusi dalam menjaga kelestarian hutan dan alam. Mari bersama-sama menerapkan cara merawat hutan yang tepat agar bumi kita tetap hijau, sehat, dan terjaga!

Semua produk ramah lingkungan yang Eigerian butuhkan bisa ditemukan di website resmi EIGER Adventure atau bisa langsung mengunjungi EIGER Adventure Store (EAS) terdekat di kotamu.

Agar lebih praktis dan mudah, kamu juga bisa belanja lewat mobile apps EIGER Adventure yang sudah bisa kamu unduh di Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iOS. 

Kini, kita bisa belanja online dengan sangat mudah dan praktis dengan jaminan produk original. Dapatkan keuntungan gratis ongkir ke seluruh wilayah Indonesia. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru