HomeTips & TrickMountaineeringMacam-Macam Kegiatan Outdoor untuk Sendiri atau Berkelompok

Macam-Macam Kegiatan Outdoor untuk Sendiri atau Berkelompok

Aktivitas luar ruang alias outdoor activity adalah kegiatan yang penuh dengan manfaat dan tujuan. Terkadang kegiatan outdoor dilakukan untuk sekadar menikmati pemandangan keindahan alam, sejenak melepas lelah, menemukan kedamaian hati, atau menikmati alam bahkan bisa untuk menjadi saran relaksasi. Bahkan sekarang ini, aktivitas luar ruang juga banyak sekali dipilih untuk keperluan pendidikan dan pembentukan sebuah tim (outbound).

Kegiatan outdoor, berarti sebuah aktivitas yang dilakukan di luar ruang dan bisa berada di daerah yang jauh dari pemukiman seperti mendaki gunung, berjalan kaki, memanjat tebing, dan berbagai macam kegiatan olahraga lainnya. Macam-macam kegiatan outdoor selengkapnya, simak ulasan menarik di bawah ini, yuk!

Macam-Macam Kegiatan Outdoor

kegiatan outdoor
Sumber: Eiger Adventure

Kegiatan yang dilakukan di alam terbuka biasanya dalam bentuk tantangan, petualangan, serta rekreasi. Berikut ini adalah beberapa kegiatan outdoor yang menarik untuk dilakukan:

  1. Arung Jeram. Ini merupakan salah satu jenis olahraga air yang cukup ekstrim dan sangat menantang, sekaligus menyenangkan. Arung jeram bisa dilakukan dengan menggunakan  sebuah perahu karet di sungai terjal dengan aliran air yang deras. 
  2. Mendaki Gunung. Selain baik untuk ketahanan dan kebugaran fisik, kegiatan ini juga memberikan manfaat lain secara psikologis, lho. Biasanya kegiatan pendakian gunung dilakukan bersama sebuah tim ataupun kelompok tertentu. Dan akan lebih baik lagi jika pendakian dilakukan bersama seorang pemandu yang sudah berpengalaman. Sebab, selain rute pendakian yang tidak semua orang mengetahuinya, juga soal kondisi cuaca di gunung bisa berubah dan berbahaya sewaktu-waktu.
  3. Caving. Awalnya, kegiatan caving atau penjelajahan gua dilakukan untuk tujuan penelitian saja. Tapi saat ini caving menjadi semakin populer.
  4. Hiking. Hiking menjadi salah satu kegiatan outdoor yang digemari banyak orang. Eigerian bisa menjelajah alam, menikmati panorama indah daerah pegunungan yang hijau dan menyejukkan.
  5. Trekking. Kalau hiking kurang menantang, Eigerian bisa mencoba aktivitas trekking. Sebetulnya ini hampir sama dengan hiking, di mana trekking juga menuntut kegiatan berjalan kaki. Hanya saja, trekking biasanya dilakukan di tempat yang jarang dijelajahi oleh manusia.
  6. Climbing. Kalau hobi memanjat, Eigerian bisa coba kegiatan climbing. Beberapa daerah di Indonesia sudah mulai menyediakan lokasi yang asyik untuk kegiatan memanjat.
  7. Camping. Bagi Eigerian yang suka kegiatan outdoor dengan aktivitas santai, camping bisa jadi alternatif pilihan. Kamu bisa coba pilih beberapa camping ground di daerah pegunungan yang jauh dari hiruk pikuk perkotaan.

Baca juga: Ini Alasan Mengapa Perlengkapan Outdoor Didominasi Warna Cerah

Rekomendasi Sepatu untuk Kegiatan Outdoor

Di bawah ini ada beberapa rekomendasi sepatu dari EIGER yang cocok untuk menunjang kegiatan outdoor. Yuk, cek satu per satu!

1. EIGER POLLOCK 2.0 SHOES

kegiatan outdoor

Sepatu Pollock 2.0 merupakan sepatu mid-cut yang dirancang secara khusus untuk kegiatan hiking. Gusset construction pada sepatu ini akan berfungsi untuk mencegah langsung masuknya air dari bagian atas sepatu. Kemudian, teknologi heel support system mampu menyangga pergelangan kaki pada saat melakukan pendakian guna menunjang kaki supaya tetap stabil.

Sepatu ini juga didukung dengan outsole Vibram untuk cengkraman yang lebih baik. Kemudian, insole Ortholite akan memberikan bantalan, breathable, serta ringan untuk menjaga kaki tetap nyaman. 

2. EIGER VIPERA SHOES

kegiatan outdoor

Lalu ada sepatu Vipera yang memiliki desain mid-cut, cocok untuk para penggiat hiking di alam terbuka. Konstruksi Flexeleton yang ada di bagian atas sepatu ini adalah konstruksi penguat tanpa jahitan untuk mendukung gerakan dinamis siapa saja yang memakainya. Bagian dalam sepatu didukung insole Ortholite yang memberikan bantalan, breathable, serta ringan untuk menjaga kaki tetap nyaman.

Menariknya lagi, sepatu ini juga dilengkapi fitur Vibram Rollingait yang mampu mengurangi ketegangan otot pergelangan kaki dan juga kelelahan pergelangan kaki saat fase downhill. Vibram Rollingait System akan berfungsi untuk mengoptimalisasi energi, mengurangi kelelahan otot, dan membantumu untuk berjalan lebih lama. Dengan konstruksinya yang unik, sole ini juga akan mendukung pergerakan kakimu langkah demi langkah.

3. EIGER TIGER CLAW 2.0 SHOES

kegiatan outdoor

Tiger Claw 2,0 merupakan sepatu jenis low cut yang dirancang untuk kegiatan hiking ringan dan pemakaian sehari-hari. Teknologi heel support system pada sepatu ini akan menyangga pergelangan kaki untuk menunjang kaki supaya tetap stabil saat berjalan. Sepatu ini juga didukung dengan outsole yang berbahan rubber untuk cengkraman yang lebih baik.

Sementara itu di bagian dalam sepatunya, didukung dengan insole Ortholite yang memberikan bantalan, breathable, dan ringan untuk menjaga kaki tetap nyaman. Sepatu ini dilengkapi juga rubber toe protector yang akan berfungsi untuk perlindungan pada kaki bagian depan dari gesekan dan benturan.

4. EIGER ANACONDA 2.5 SHOES

kegiatan outdoor

Anaconda 2,5 merupakan sepatu approach low-cut yang dirancang secara khusus untuk kegiatan approach alias rock climbing. Sistem konstruksi gusset yang ada pada sepatu ini berfungsi untuk mencegah langsung masuknya elemen seperti kerikil maupun air dari bagian atas sepatu. Sementara di bagian dalam sepatu didukung insole Ortholite yang memberikan bantalan, breathable (punya daya evaporasi tinggi yang mampu menguapkan kelembapan sehingga lebih mudah kering), dan ringan untuk menjaga kaki tetap nyaman.

Selain sepatu, berbagai macam perlengkapan untuk menunjang kegiatan outdoor juga bisa Eigerian dapatkan di website resmi EIGER Adventure. Yuk, cek koleksinya sekarang dan jangan lupa manfaatkan promo yang ada, ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru