HomeTips & TrickLifestyleTeknik & 7 Tips Persiapan Lari Marathon, Kuat Sampai Finish!

Teknik & 7 Tips Persiapan Lari Marathon, Kuat Sampai Finish!

Apakah Eigerian tertarik dengan lari marathon? Atau bahkan kamu pernah mengikuti aktivitas lari jarak jauh ini sebelumnya?

Salah satu cabang lari yang paling banyak diminati oleh banyak orang adalah lari marathon. Meski memiliki lintasan lari yang panjang dibandingkan lari biasa, faktanya tidak sedikit orang yang ingin menjajal dan mengikuti perlombaannya. Apakah kamu salah satu peminat dari lari marathon?

Lebih dari sekadar tren olahraga, jenis lari dengan lintasan jauh ini memiliki manfaat kesehatan bagi pelakunya. Marathon sangat baik untuk meningkatkan kebugaran kardiovaskular, menurunkan berat badan, memperbaiki kesehatan mental, dan daya tahan otot semakin kuat. 

Hanya saja, sebelum kamu mengikuti maraton untuk pertama kalinya, alangkah baiknya pahami berbagai teknik serta persiapan yang harus dilakukan. Simak ulasan berikut ini yang perlu kamu ketahui seputar persiapan maraton terlebih lagi untuk pemula.

Apa itu Lari Maraton dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Eigerian tentu sering mendengar istilah lari marathon yang diselenggarakan di berbagai tempat sebagai event tahunan. Arti lari maraton adalah jenis lari jarak jauh yang dilaksanakan di luar ruangan dengan standar jarak tempuh sejauh 42.195 meter (42,1 km). 

Cabang atletik ini sangat populer dan bergengsi, sebab perlombaan lari ini bisa diikuti oleh peserta dalam jumlah banyak, bahkan bisa mencapai ribuan orang. Medan perlombaan maraton yang dilalui biasanya bervariasi dan menantang, bahkan diselenggarakan di daerah populer baik di dalam maupun luar negeri.

Lari marathon jelas mendatangkan manfaat positif bagi kesehatan tubuh dan memperkuat daya tahan tubuh. Adapun manfaat lari maraton bagi kesehatan di antaranya seperti mempercepat pembakaran kalori tubuh, meningkatkan kesehatan jantung, membentuk postur tubuh, memperbaiki suasana hati, membangun kepercayaan diri, dan lainnya.

Teknik-Teknik Penting dalam Lari Maraton

Sebenarnya, teknik untuk melakukan lari maraton tidak jauh berbeda dengan lari jarak jauh lainnya, hanya saja membutuhkan daya tahan tubuh yang luar biasa. Eigerian perlu mengetahui seperti apa teknik lari maraton yang benar agar dapat mencapai garis finish tanpa hambatan apapun.

Mulai dari teknik start berdiri, teknik berlari, teknik pernapasan, hingga teknik finish. Kita kupas satu persatu-satu:

Teknik Start dengan Berdiri

  • Tahap pertama, hitungan 1 untuk posisi bersiap lari, rendahkan lutut dan pandangan mata lurus ke depan.
  • Pada hitungan kedua, tumpukan seluruh beban tubuh pada kaki depan dengan posisi kedua lengan siap berlari.
  • Hitungan ketiga, tubuh mulai berlari dengan posisi kaki depan ditolakkan dan kaki belakang diayunkan.

Teknik Berlari

Pelajari dan latih teknik berlari yang tepat dengan mengatur ritme dan kecepatan stabil agar lebih efisien dan berhasil mencapai finish. Mulai dengan langkah perlahan dan konstan sepanjang berlari. Saat mendekati garis finish, sekitar 1 hingga 2 kilometer sebelumnya, kerahkan seluruh kemampuan dan kekuatan dalam tubuh.

Sumber: Eiger Adventure

Teknik Pernapasan yang Kuat

Terapkan teknik pernapasan yang tepat untuk mempertahankan stamina tubuh selama berlari. DIbandingkan teknik pernapasan hidung yang cenderung membuat otot wajah menegang, pernapasan melalui mulut saat berlari meningkatkan kadar oksigen yang masuk ke tubuh. 

Pernapasan dari mulut juga menjaga tubuh tetap rileks sehingga kamu tetap dapat berlari dengan santai sampai finish. Pengambilan napas yang baik dimulai dari bernapas pendek dan dangkal agar pernapasan bisa diatur lebih mudah. 

Agar pernapasan tetap kuat selama berlari, posisikan kepala tetap tegak dan jangan menunduk. Arahkan pandanganmu ke depan agar saluran tenggorokan terbuka sehingga bisa benapas dengan lancar.  

Teknik Mendekati Garis Finish

Mencapai garis finish adalah “gong-nya” dari lari maraton. Saat mendekati garis finish, pelari harus bisa mengerahkan seluruh kemampuan yang dimiliki dengan tetap fokus dan berlari secepat mungkin. Ketika kaki menyentuh garis finish, busungkan dada, dan jangan sampai tangan meraih pita yang membentangkan karena merupakan pelanggaran.

Baca juga: Lari Lintas Alam Semakin Nyaman dengan Produk Sepatu EIGER

Tips Persiapan Sebelum Lari Maraton

Perlu kamu ingat selalu, maraton sangat berbeda dengan cabang lari lainnya. Agar dapat melakukannya secara optimal, kamu harus mempersiapkan kondisi fisik dan mental sebelum dan saatnya perlombaan. Ingat, seorang pemula tidak dapat serta merta ikut maraton, terlebih jika belum pernah mengikutinya sama sekali. 

Lalu, bagaimana persiapan lari maraton bagi para pemula? Simak ulasan lengkapnya.

1. Butuh Persiapan Jauh-Jauh Hari, Sekitar 12-20 Minggu Sebelumnya

Karena termasuk olahraga ekstrem, pelari harus mempersiapkan fisik dan mental jauh-jauh hari sebelumnya. Untuk pelari maraton pemula, waktu pelatihan maraton memerlukan waktu 12 hingga 20 minggu menjelang hari H perlombaan. 

2. Rutin Latihan Lari Minimal 3-5 Kali dalam Seminggu

Rutin lakukan latihan lari adalah kunci untuk membangun fisik yang bugar untuk maraton. Setidaknya, latihan lari sebanyak 3-5 kali dalam seminggu. Mulai dari lakukan lari santai dengan kecepatan yang stabil. Latihan ini sangat membantumu dalam membangun ritme dan kecepatan lari yang stabil, sehingga bermanfaat saat maraton nantinya.

3. Selain Berlari, Lakukan Latihan Kekuatan

Sumber: Eiger Adventure

Di samping melakukan latihan lari, kamu juga perlu melakukan latihan kekuatan secara optimal menjelang hari H. Contoh latihan kekuatan kardio di antaranya seperti berenang, pilates, hingga angkat beban. Jenis latihan kekuatan ini sangat bermanfaat untuk membangun otot-otot baru serta mempertahankan kekuatan fisik saat lari maraton.

4. Istirahatlah yang Cukup

Saat menjalani latihan lari yang intens, jangan lupakan waktu beristirahat yang cukup untuk menjaga tubuh, yaitu minimal tidur berkualitas selama 7-8 jam per hari. Melakukan latihan intens akan sia-sia jika tidak disertai waktu istirahat yang cukup. Tubuh juga membutuhkan istirahat untuk memulihkan otot yang bekerja selama olahraga yang intens. 

5. Jaga Pola Makan dan Hidrasi yang Baik

Selama menjalankan persiapan maraton, jaga kondisi tubuhmu dengan menerapkan pola makan sehat dan mencukupi asupan cairan tubuh sehari-hari. Konsumsi secara seimbangan makanan yang kaya akan karbohidrat kompleks, termasuk nasi, roti, pasta, buah-buahan, untuk memaksimalkan cadangan glikogen atau energ dalam tubuh. 

6. Cek Kesehatan Tubuh Sebelum Berlari

Tips persiapan yang tak kalah pentingnya harus dilakukan adalah cek kesehatan secara menyeluruh. Eigerian wajib tahu kondisi fisik dan kesehatan secara keseluruhan untuk memastikan bahwa tubuh mampu menyelesaikan maraton dengan baik. Jangan lupa untuk menyampaikan rencana dan persiapan lari maraton kepada dokter atau pelatih larimu.

7. Memilih Sportswear yang Nyaman untuk Lari Maraton

Sumber: Eiger Adventure

Setelah kebugaran fisik dan mental serta asupan makanan dipersiapkan dengan baik, jangan lupa untuk mempersiapkan sportswear yang tepat untuk maraton nanti. Mengenakan pakaian dan juga sepatu lari yang tepat juga menjadi faktor pendukung agar kamu bebas bergerak selama berlari. 

Pilih pakaian dari bahan kain yang mudah menyerap keringat secara maksimal dan cepat kering. Pakaian lari yang nyaman biasanya berasal dari bahan wol, nilon, atau polyester, yang memberi ruang untuk tubuh dapat bernapas selama berlari. Hindari bahan katun karena pakaian lama kering saat berkeringat.

Wajib gunakan sepatu lari yang mempunyai bantal empuk, ringan, tahan air, agar kaki lebih nyaman untuk berlari, lebih fleksibel, serta terhindar dari risiko cedera. 

Baca juga: 5 Rekomendasi Sepatu Lari Pria dan Wanita, Nyaman!

Pilih Produk Pakaian dan Sepatu Lari dari EIGER Adventure

Lari maraton harus dipersiapkan dengan baik jauh-jauh hari, yaitu berfokus pada kebugaran tubuh, kondisi fisik yang kuat, dan mental yang terjaga. tak boleh ketinggalan, kunci berlari jarak jauh tetap nyaman sampai garis finish, adalah dengan mengenakan outfit berlari yang nyaman agar bebas gerak.

1. EIGER HARRIER SHOES – Rp1.299.000

Sumber: Eiger Adventure

EIGER Harrier Shoes dirancang khusus untuk menunjang aktivitas berlari di medan yang tidak rata sekalipun. Sepatu ini memakai konstruksi Flexeton pada bagian atas yang membuat Harrier Shoes lebih fleksibel dan kuat.

Bagian upper-nya memakai bahan knitting dengan konstruksi seamless yang memberi kenyamanan dan fleksibilitas ekstra. Midsole-nya memakai bahan phylon yang mampu meredam benturan dengan cukup baik, sehingga terhindar dari risiko cedera.

Sedangkanagian outsole-nya menggunakan desain grip berbahan Vibram yang mencegah slip saat lari di permukaan licin. 

2. EIGER SHIKRA SHOES WOMAN – Rp979.900

Sumber: Eiger Adventure

Shikra Shoes didesain khusus untuk menunjang performa berlari di luar ruangan dengan permukaan yang tidak rata. Memiliki konstruksi Flexeton pada bagian atas yang membuat sepatu ini jauh lebih fleksibel.

Midsole memakai bahan Phylon sebagai peredam getar untuk mencegah cedera, serta outsole Vibram dengan grip dan traksi yang bisa membuatmu bergerak lebih bebas di berbagai medan. Tersedia dalam dua pilihan warna, yaitu cream dan grey.

2. EIGER LIGHTNING LINE T SHIRT – Rp193.900

Sumber: Eiger Adventure

Pilihan baju untuk lari dengan memakai T-shirt lengan pendek Lightning Line. Terbuat dari bahan cotton combed 24s yang mudah menyerap keringat dan cepat kering, T-shirt ini akan membuatmu tetap nyaman saat berlari dan terasa segar sepanjang hari.

Lengkapi gear lari marathon yang kamu butuhkan mulai dari pakaian, celana, dan sepatu lari, langsung cek sekarang di website EIGER Adventure Official. Semua produk EIGER dijamin original dan terbuat dari bahan yang berkualitas.

Belanja online di situs resmi EIGER sangatlah mudah, cepat, dan nyaman. Didukung dengan berbagai metode pembayaran, seperti pay later, bank transfer, hingga COD.

Yuk dapatkan harga terbaik, promo menarik, voucher belanja, hingga gratis ongkir seluruh wilayah di Indonesia untuk semua pilihan barang yang kamu butuhkan di Eiger Adventure Official.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru