HomeTips & TrickTraveling4 Langkah Sederhana Sikapi Paspor Hilang di Luar Negeri

4 Langkah Sederhana Sikapi Paspor Hilang di Luar Negeri

Memiliki paspor menjadi salah satu syarat agar Eigerian bisa pergi ke luar negeri untuk berbagai agenda. Mulai dari tujuan belajar, bekerja, atau bahkan menjelajah keindahan alam dan keseruan yang ada di area hutan dan pegunungan. Tapi apa jadinya jika paspor hilang di luar negeri?

Selain merusak agenda yang kamu punya, tentu kejadian ini akan memicu kebingungan. Pasalnya tanpa paspor, Eigerian tidak akan punya bukti valid legalitas bepergian ke luar negeri. Tapi tidak perlu cemas, karena apa yang ada di artikel ini bisa membantu Eigerian dalam menghadapi kejadian ini.

Baca Juga: Rekomendasi Pakaian Olahraga Perempuan, Catat Eigerian!

4 Hal Simpel Menghadapi Paspor Hilang di Luar Negeri

Paspor hilang di luar negeri
Sumber: freepik.com

Ada beberapa hal sederhana yang sebenarnya bisa jadi langkah efektif menghadapi kondisi paspor hilang di luar negeri. Selengkapnya, Eigerian bisa cermati penjelasan di bawah ini.

1. Jangan Panik

Mungkin reflek pertama kali adalah panik dan pikiran yang kalut. Tapi usahakan untuk tetap tenang dan jernihkan pikiran kamu. Segelas cokelat panas atau teh akan membantu menenangkan pikiran. Ambil nafas panjang, dan coba urutkan perjalanan yang kamu lakukan sebelum sadar paspor sudah hilang.

Coba ulangi runtutan ini, dan pastikan meneliti setiap sudut. Setelah mencobanya secara cepat, kamu bisa lakukan langkah kedua.

2. Lapor ke Polisi

Langkah kedua adalah datang ke kantor polisi atau petugas terdekat, dan laporkan kehilangan paspor ini. Polisi akan memberikan formulir yang harus diisi secara lengkap berdasarkan data diri, dan meminta keterangan tentang kronologi hilangnya paspor.

Jangan takut jika kamu diminta ke kantor polisi terdekat untuk meminta keterangan, karena hal ini merupakan prosedur standar. Jika memungkinkan, rekam semua percakapan sebagai tindakan pencegahan pada hal yang tidak diinginkan.

3. Datangi KBRI atau Konsulat Jenderal

Setelah melakukan pelaporan ke kantor polisi terdekat, Eigerian bisa meminta petunjuk untuk diantarkan atau lokasi KBRI terdekat. Bahkan kamu juga bisa menghubungi KBRI lewat kantor polisi jika dirasa lebih aman.

Lakukan konfirmasi, kemudian datangi KBRI terdekat ini. Pihak KBRI akan memberikan Surat Perjalanan Laksana Paspor yang fungsinya menyerupai paspor sementara untuk orang-orang yang kehilangan paspor.

Syarat yang akan diminta antara lain adalah KTP, akta kelahiran, akta perkawinan, dan kartu keluarga. Serahkan surat keterangan kehilangan yang didapat dari kantor polisi tempat Eigerian melapor sebelumnya, dan sertakan juga salinan atau fotokopi paspor jika ada.

Setelah itu isi formulir permohonan berkas Surat Perjalanan Laksana Paspor, dan sertakan dua buah pas foto ukuran paspor dengan latar belakang berwarna terang. Biaya pembuatan berkas sementara ini sekitar US$5 atau kurang lebih Rp60.000 hingga Rp70.000.

4. Urus Paspor Baru

Setelah Eigerian mendapatkan SPLP dari KBRI, agenda yang dimiliki bisa tetap dijalankan. Tapi ingat, setelah pulang ke Indonesia, segera urus paspor yang hilang dengan melaporkannya ke kantor imigrasi terdekat.

Pelaporan ini bisa dilakukan bersamaan dengan pengurusan paspor baru, jadi kamu tidak perlu waktu lama untuk memperoleh berkas ini setelah kehilangannya di negara yang kamu kunjungi.

Langkah Pencegahan untuk Hal yang Tidak Diinginkan

Paspor hilang di luar negeri
Sumber: freepik.com

Paspor hilang di luar negeri memang sebuah kesialan yang tidak ada dalam agenda siapapun. Maka dari itu, ada beberapa cara sederhana yang bisa Eigerian lakukan sebagai langkah pencegahan supaya hal ini tidak sampai terjadi.

  • Pertama, pastikan semua berkas selalu lengkap saat kamu akan berangkat dari satu titik atau meninggalkan suatu tempat
  • Kedua, tempatkan semua berkas di satu lokasi yang sama, yang aman dan mudah diakses kapan saja
  • Ketiga, segera kembalikan paspor atau berkas penting lain sesaat setelah digunakan ke tempat penyimpanannya semula
  • Keempat, sediakan tempat atau tas khusus untuk menyimpan berkas-berkas ini, dan pastikan selalu menyimpan atau membawanya dengan aman selama perjalanan atau melakukan agenda
  • Kelima, ambil gambar paspor dan simpan di smartphone Eigerian pada setiap bagian yang penting. Hal ini bisa jadi salah satu bukti valid bahwa Eigerian masuk ke negara tersebut dengan izin yang jelas, bilamana paspor benar-benar hilang dan tidak bisa ditemukan

Selalu Pilih Produk Pouch yang Berkualitas untuk Berkas Kamu!

Nah untuk membantu menemani perjalanan dan mengamankan setiap berkas yang kamu punya selama perjalanan, kamu bisa menggunakan beberapa rekomendasi pouch berikut ini. Tentu saja, kualitas produk yang ditawarkan Eiger Adventure tidak lagi perlu diragukan, karena sudah teruji daya tahannya.

1. Eiger Wayfarer 2.0 Pouch

Paspor hilang di luar negeri
Sumber: Eiger Adventure

Produk ini bisa Eigerian bawa saat bepergian dan menyimpan banyak barang penting termasuk paspor. Dengan teknologi water repellent finishing, perlindungan ganda bisa didapatkan dari percikan air atau hujan ringan. Harganya adalah Ro249.000 saja.

2. Eiger Roadtrip Travel Pouch 3L

Paspor hilang di luar negeri
Sumber: Eiger Adventure

Dengan harga Rp239.000 saja, kamu bisa mendapatkan varian pouch dengan volume yang besar. Cocok digunakan untuk membawa smartphone dan berbagai berkas identitas penting, kompartemen utama dilengkapi dengan saku berritsleting sehingga terjamin keamanannya.

3.  Eiger X Roadtrip Pouch 1A

Paspor hilang di luar negeri
Sumber: Eiger Adventure

Ringkas, modis, dan fungsional, tiga kata yang tepat untuk produk dengan harga Rp109.000 ini. Cocok digunakan untuk membawa barang kecil selama bepergian ringan, produk ini juga bisa kamu pakai untuk mendapatkan easy access ke paspor atau berkas lain selama di perjalanan.

Baca Juga:  Suka Hunting Foto Outdoor? Ketahui 6 Tips Jitu Melakukannya

Tidak sulit bukan cara menghadapi paspor hilang di luar negeri? Selama kamu bisa menjaga pikiran tetap tenang dan jernih, semua masalah pasti memiliki solusi. Serupa dengan Eiger Adventure yang selalu punya produk terbaik untuk menemanimu menjalankan setiap agenda perjalanan, selalu percayakan perlengkapan dan peralatan berpetualang pada ahlinya, Eiger Adventure!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru