HomeTips & TrickMountaineeringSaat Naik Gunung, Membiarkan Baju Basah Bisa Berakibat Apa?

Saat Naik Gunung, Membiarkan Baju Basah Bisa Berakibat Apa?

Jika mendapati baju yang Eigerian kenakan basah saat naik gunung, ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Beberapa penyebab umum baju basah saat naik gunung adalah hujan atau kondisi cuaca basah bisa menyebabkan baju basah. Aktivitas fisik yang intens sehingga menyebabkan keringat juga bisa membuat pakaian menjadi basah. Selain itu, saat Eigerian harus melintasi sungai atau melewati daerah berair juga dapat menyebabkan pakaian basah. Kira-kira, membiarkan baju basah bisa berakibat apa?

Tentunya, membiarkan baju basah saat naik gunung bisa berakibat banyak hal. Jika baju Eigerian sudah basah, pastikan untuk menggantinya secepat mungkin untuk menghindari risiko hipotermia dan kesehatan lainnya. Maka dari itu, selalu siapkan pakaian cadangan dan perlengkapan yang sesuai untuk kondisi cuaca dan medan pendakian.

Untuk lebih jelasnya, simak ulasan di bawah ini sampai akhir supaya Eigerian tidak penasaran lagi tentang akibat membiarkan baju basah saat naik gunung.

Membiarkan Baju Basah Bisa Berakibat Langsung Sakit?

membiarkan baju basah bisa berakibat
Sumber: Freepik

Membiarkan baju basah saat naik gunung bisa berakibat serius pada kesehatan Eigerian. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan:

  • Hipotermia: Baju basah bisa menyebabkan penurunan suhu tubuh dengan cepat, meningkatkan risiko hipotermia. Saat Eigerian basah, maka tubuh akan kehilangan panas lebih cepat daripada ketika kering.
  • Pembekuan (Frostbite): Jika Eigerian berada di lingkungan yang sangat dingin dan terpapar pada suhu rendah untuk waktu yang lama, pakaian basah akan meningkatkan risiko pembekuan pada bagian tubuh tertentu.
  • Meningkatkan Resiko Penyakit Kulit: Kulit yang lembap atau basah akan lebih rentan terhadap iritasi, gesekan, dan infeksi. Jika baju basah dibiarkan terlalu lama, maka bisa terjadi pembengkakan kulit dan risiko infeksi jamur atau bakteri.
  • Berat Badan Tambahan: Pakaian basah juga bisa menambah berat badan, yang dapat membuat Eigerian merasa lelah lebih cepat dan mengurangi efisiensi pergerakan.
  • Tidak Nyaman: Pakaian basah juga bisa menyebabkan ketidaknyamanan dan memberikan rasa dingin yang terus menerus, mengurangi kenikmatan dan performa selama perjalanan.

Lantas, apakah membiarkan baju basah bisa berakibat langsung sakit saat naik gunung? Jawabannya adalah iya. Membiarkan baju basah saat naik gunung bisa meningkatkan risiko terkena berbagai kondisi kesehatan yang akan berakibat sakit, terutama jika Eigerian terpapar kondisi cuaca dingin atau ekstrem. Lalu, apa yang harus dilakukan jika Eigerian mendapati baju basah saat naik gunung?

Baca juga: Rekomendasi Outfit Naik Gunung Ala Abex, Apa Saja?

Tips Mengatasi Baju Basah Saat Naik Gunung

membiarkan baju basah bisa berakibat
Sumber: Eiger Adventure

Perlu diingat bahwa membiarkan baju basah bisa berakibat serius terhadap kesehatan dan keselamatan Eigerian selama naik gunung. Maka dari itu, diperlukan beberapa upaya untuk mengatasinya. Eigerian bisa mengambil beberapa langkah berikut ini:

  1. Pastikan untuk selalu membawa pakaian cadangan yang kering, terutama jika Eigerian menghadapi cuaca yang tidak terduga.
  2. Simpanlah pakaian cadangan dalam dry bag atau tas plastik yang kedap air di dalam daypack atau tas gunung untuk melindunginya dari air.
  3. Jika Eigerian menghadapi hujan atau kondisi basah, pakailah jaket atau mantel hujan yang tahan air untuk melindungi tubuh dari kelembapan.
  4. Pilihlah pakaian yang terbuat dari bahan teknologi pengelolaan kelembaban, seperti dry-fit atau moisture-wicking, yang akan membantu mengeringkan tubuh dengan cepat. Eigerian bisa memilih pakaian yang terbuat dari bahan yang cepat kering, seperti nylon atau polyester
  5. Jika diperlukan, Eigerian juga bisa mengenakan lapisan isolasi seperti jaket hangat untuk menjaga suhu tubuh.
  6. Jangan lupa bawa handuk atau kain microfiber yang dapat menyerap kelembaban dengan cepat untuk mengeringkan pakaian dan tubuh.
  7. Tips berikutnya, pastikan ventilasi yang baik di dalam tenda agar udara dapat beredar, sehingga dapat membantu mengurangi kondensasi dan menjaga pakaian tetap kering.
  8. Jika memungkinkan, Eigerian juga bisa membawa pengering tangan portable yang dapat membantu mengeringkan pakaian dengan udara panas.

Menjaga pakaian tetap kering adalah kunci untuk menghindari masalah kesehatan dan meningkatkan kenyamanan Eigerian selama perjalanan gunung. Dengan merencanakan dan membawa peralatan yang sesuai, maka Eigerian dapat mengatasi pakaian basah dengan efektif. Selalu ingat, jangan membiarkan baju basah karena itu bisa berakibat pada kesehatan dan keselamatan Eigerian.

Baca juga: Inilah Fungsi dan Kelebihan Pakaian Dry Fit Saat Pendakian

Gunakan Outfit Khusus untuk Naik Gunung!

Sekarang Eigerian sudah tahu kan, kalau membiarkan baju basah bisa berakibat hipotermia dan berbagai masalah kesehatan lainnya?

Tingkat kelembapan yang tinggi tentunya akan memperbesar kemungkinan turunnya hujan selama pendakian. Baju basah, udara yang dingin, dan angin kencang bisa memicu hipotermia. Jadi, Eigerian memang harus mengantisipasi hal itu dengan membawa baju ganti serta bekal yang cukup supaya terhindar dari hipotermia. Bawalah pakaian yang memang didesain secara khusus untuk kegiatan mendaki gunung.

Tak perlu bingung mempersiapkan segala macam keperluan untuk naik gunung, karena Eigerian bisa menemukan berbagai macam produk mountaineering termasuk pakaian dry fit di website resmi EIGER Adventure. Menariknya lagi, EIGER memberikan promo berupa harga terbaik, gratis ongkos kirim, produk berkualitas dan original, hingga pilihan pembayaran dengan metode yang beragam. Ayo belanja segala kebutuhan pendakian di website EIGER sekarang!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru