HomeTips & TrickLifestyle9+ Ide Sederhana Recharge Energi Bagi Kamu yang Introvert

9+ Ide Sederhana Recharge Energi Bagi Kamu yang Introvert

Pasti kamu pernah mendengar istilah recharge energi yang sedang banyak diperbincangkan. Istilah “pengisian ulang energi” ini berkaitan dengan kebiasaan orang introvert yang butuh mengisi kembali energinya setelah bersosialisasi. 

Isi ulang energi kerap kali jadi solusi bagi mereka yang mengaku suka kehabisan baterai sosial atau kelelahan usai berkegiatan dengan bertemu banyak orang. Ini berarti melakoni aktivitas sosial sangat berpengaruh pada diri seorang introvert.

Jadinya, recharge energi dengan melakukan kegiatan yang disukai, sangat dibutuhkan bagi mereka agar merasa tenang dan energinya pulih kembali seperti sedia kala. Ini juga penting agar para introvert tidak mudah hilang fokus, emosi tak terkendali, hingga mudah stress.

Kira-kira apa saja ide seru aktivitas yang efektif bagi para introvert untuk mengisi ulang energi mereka yang drained? EIGER akan memberikan tips selengkapnya buat kamu!

Seperti Apa Baterai Sosial Orang Introvert?

Berapa lama baterai sosial bertahan sebenarnya tergantung pada kepribadian individu, jenis interaksi sosial yang dilakukan, stres internal seperti kecemasan, hingga stres eksternal yang terkadang di luar kendali seperti lingkungan yang berisik.

Nah, bagi mereka yang merasa baterai sosialnya cepat habis, mungkin saja menganggap aktivitas sosial menguras tenaga. Berbeda dengan seorang ekstrovert yang bisa mendapatkan energi dari interaksi sosial, sebaliknya introvert menganggap menyendiri memberi energi.

Catatan, orang introvert bukan berarti anti sosial, lho. Mereka masih bisa menikmati bersosialisasi dan menganggap hal tersebut menyenangkan. Hanya saja, mungkin mereka lebih cepat kehabisan energi usai bersosialisasi dengan ditandai rasa lelah, stres, tidak tertarik, dan butuh lebih banyak waktu sendiri atau me time.

Baca juga: Benarkah Duduk Santai di Bawah Pohon Dapat Meredakan Stres?

Tips dan Ide Recharge Energi yang Efektif bagi Introvert

Sebenarnya ada banyak hal sederhana yang bisa dilakukan untuk membantu mengembalikan energi dalam tubuh yang lelah agar bisa beraktivitas sehari-hari dengan nyaman, berikut inspirasinya.

1. Jadwalkan Me Time secara Teratur

Pertama, satu hal terpenting yang perlu dilakukan introvert adalah menjadwalkan waktu menyendiri secara teratur. Misalnya satu jam dalam sehari atau satu hari libur dalam setiap minggu. 

Saat me time, kamu bisa melakukan berbagai aktivitas seru yang menurutmu memberi energi, contohnya jalan-jalan, nonton film, baca buku, atau hanya sekadar berdiam diri di rumah. 

2. Ciptakan Suasana yang Tenang dan Nyaman

Terkadang perasaan lelah dan stres yang dialami bisa dipicu oleh banyak distraksi yang terlalu lama. Mungkin kamu dikelilingi oleh pancaran lampu terang, bisingnya suara lalu lintas di luar ruangan, musik yang diputar tanpa jeda, hingga bau menyengat yang mengganggu.

Situasi tersebut tentunya membuat tak nyaman dan tak ada ruang privat untuk bernapas. Namun, hal tersebut bisa kamu ubah dengan menciptakan suasana yang lebih tenang dan nyaman. Misalnya dengan mematikan lampu, menutup pintu, mematikan musik, membersihkan ruangan, dan lainnya. Ini pastinya akan membantu kamu memulihkan tenaga lebih cepat.

3. Membaca Buku Kesukaan

Membaca sangat bermanfaat, khususnya bagi para introvert, membaca bisa jadi hiburan diri sendiri. Menyelami isi sebuah buku memungkinkan orang-orang introvert untuk sejenak melupakan dunia nyata dengan menikmati alur cerita atau ilmu-ilmu baru di dalam buku.

Orang dengan kepribadian introvert ini cenderung menjadi tipe orang yang lebih suka mengamati dan mendengarkan. Jadi, aktivitas membaca buku sangat cocok untuk relaksasi. Agar tidak bosan di rumah terus, kamu bisa membaca buku di luar ruangan.

4. Lakukan Kegiatan Seni yang Menyenangkan

Berikutnya, cara terbaik untuk recharge energi yang bisa kamu coba adalah dengan melakukan aktivitas menyenangkan dan kreatif yang membantumu merilis emosi negatif. Aktivitas dalam hal membuat karya seni atau kerajinan tangan bisa jadi opsi ideal bagi kamu yang butuh waktu untuk memulihkan energi.

Balik lagi ke minat masing-masing, kamu bisa melukis, menggambar, merajut, menganyam, menjahit, membuat lilin, dan lainnya. Kamu bisa meluangkan waktu sejenak dalam satu hari secara rutin untuk menghasilkan karya seni yang disukai. 

5. Bersih-Bersih dan Menata Rumah

Cara efektif untuk mengembalikan energi seorang introvert adalah dengan bersih-bersih atau menata ruangan di dalam rumah. Dengan kondisi rumah yang bersih, tak hanya terbukti menurunkan stress, namun juga meningkatkan suasana hati yang positif. 

Intinya, keluar dari pikiran suntuk dan fokus pada aktivitas tubuh saat bersih-bersih, sangat bagus untuk me-recharge energimu. 

6. Memasak Makanan Favorit di Dapur

Cara memulihkan kembali tenagamu yang terkuras bisa dengan sesederhana memasak sendiri makanan favorit di dapur loh. Kegiatan yang santai dan menyenangkan ini bisa kamu manfaatkan untuk keluar dari pikiran dan emosi negatif.

Temukan dan cobalah berbagai resep makanan favoritmu dari buku resep atau video tutorial resep chef andalanmu. Tentunya dengan berbelanja bahan masakan dan effort meraciknya sendiri di dapurmu, akan sepadan dengan hasil makanan lezat yang kamu buat dengan tangan sendiri. 

7. Jangan Lupa Berolahraga

Menggerakkan anggota tubuh dengan rajin berolahraga ternyata bisa lho untuk mengembalikan tenaga agar full lagi. Pelepasan hormon endorfin dapat membuat mood meningkatkan dan rasa lelah akan berkurang. 

Eigerian bisa memulai dengan latihan sederhana seperti berjalan-jalan atau jogging ringan di sekitar tempat tinggal. Bagaimana pun rutinitas harianmu, luangkan waktu untuk berolahraga ya, agar tubuh kembali segar dan berenergi.

8. Traveling ke Tempat-Tempat yang Belum Pernah Dikunjungi

Traveling itu ternyata tidak harus mahal, lho! Kamu bisa berjalan-jalan dan eksplor banyak tempat di sekitarmu yang bahkan belum pernah dikunjungi sebelumnya. Misalnya berkunjung ke museum, perpustakaan, cafe, atau hidden gem yang ada di kotamu. 

Kegiatan menyenangkan ini tanpa kamu sadari akan membuat tubuhmu terus bergerak, mendapat pengalaman baru, dan bertemu dengan teman-teman baru. Tak perlu menunggu libur panjang atau cuti, traveling di kota sendiri sangat mudah, gratis, dan bisa dilakukan kapan pun kamu mau. 

9. Lebih Sering Keluar ke Alam Terbuka

Introvert juga akan merasa betah berlama-lama di alam. Semua orang tentunya sangat menikmati udara segar dan sinar matahari hangat di pagi hari. Saat di alam, jiwa kita bisa merasa terhubung dengan makhluk hidup lain, yaitu tumbuhan dan hewan.

Menghabiskan waktu di alam terbuka dapat memberikan pandangan yang lebih luas dan terbuka bagi orang introvert juga, lho. Kapan pun kamu merasa stres dan gelisah, cobalah keluar mencari ruang hijau di sekitarmu. Misalnya di taman kota, camping di hutan, main di danau atau pantai untuk sekadar berjalan-jalan atau duduk diam. 

Kebiasaan beraktivitas outdoor ini lakukan sesering mungkin karena bisa menenangkan jiwa serta membuatmu lebih segar, bertenaga, dan siap dalam menghadapi apapun!

Baca juga: 12 Cara Self Healing di Rumah, Hemat dan Bebas Stress

Aktivitas Outdoor Lebih Seru dengan Produk EIGER 

Traveling, riding atau, hiking lagi yuk! Setelah beristirahat penuh di rumah, mari kita kembali jelajahi alam dan dapatkan banyak pengalaman baru. Apapun hobimu untuk memulihkan kembali tenaga, selalu lengkapi dengan apparel dari EIGER Adventure. Cek berbagai kebutuhan lifestyle-mu mulai dari aksesoris, apparel, sampai peralatan outdoor lainya. 

Belanja EIGER resmi hanya di website resmi Eiger Adventure Official, dapatkan harga terbaiknya. Siap kirim barang kemanapun, tanpa ongkos kirim tambahan! 

Dengan customer service yang responsif 24 jam, kamu bisa bebas tanyakan info produk, diskon atau hal lainya. Makin tambah mudah juga dengan berbagai metode pembayaran yang bisa kamu pilih loh! Checkout sekarang yuk dan jangan sampai kehabisan stok barang!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru