HomeTips & TrickRidingRiding Hemat? Simak 5 Caranya Berikut Ini

Riding Hemat? Simak 5 Caranya Berikut Ini

Riding adalah salah satu hobi yang dapat memanjakan pelaku hobi tersebut. Mereka merasakan sejuknya embusan angin yang ditemani dengan menakjubkannya pemandangan alam membuat mereka semakin mencintai hobi ini. Banyak orang menganggap riding hemat tidak bisa dilakukan

Namun, banyak orang yang menganggap bahwa riding memerlukan uang dalam jumlah yang besar untuk bisa benar-benar menikmati hobi yang satu ini. Euforia yang dirasakan oleh orang ketika riding juga berpotensi untuk membuat jumlah anggaran yang dikeluarkan menjadi membengkak.

Penyebab Dompet “Boncos” Ketika Riding

Banyak orang gagal merencanakan kegiatan riding dengan baik, menyebabkan biaya menjadi boncos atau rugi. Kamu harus tahu beberapa kesalahan berikut ini yang dapat menyebabkan kantong jadi boncos saat berkendara motor.

1. Gaya Berkendara yang Terlalu Ugal-ugalan

Kebiasaan mengemudi yang terlalu agresif, seperti melakukan akselerasi tiba-tiba, pengereman yang terlalu kasar, atau kecepatan yang terlalu tinggi, adalah salah satu penyebab utama kantong boncos saat berkendara.

Motor harus bekerja lebih keras untuk mempertahankan kinerjanya, yang berarti mesin membutuhkan lebih banyak bahan bakar untuk menghasilkan daya yang diperlukan.

2. Perencanaan yang Kurang Matang

Melakukan aktivitas apa pun, termasuk riding, tentu memerlukan perencanaan yang sangat cermat dan teliti untuk memastikan semuanya terorganisir. Perencanaan biasanya mencakup destinasi dan biaya.

Jika kamu tidak membuat perencanaan biaya yang matang sebelumnya, maka jelas bahwa keuanganmu akan rentan boncos selama berkegiatan.

Selain itu, kamu tidak akan memiliki perhitungan tentang bagaimana akan menghabiskan uang selama berada di sana, yang berarti Eigerian harus mempertimbangkan secara cermat.

3. Membawa Barang Berlebihan

Tidak membawa barang yang melebihi kapasitas (overload) adalah hal lain yang harus diperhatikan untuk menjaga keiritan bensin dan membuat Eigerina bisa Riding hemat.

Saat melakukan perjalanan, motor biasanya dilengkapi dengan pannier box di sisi kanan, kiri, dan belakang body motor untuk menyimpan barang. Itu pasti dapat berdampak pada kelebihan beban.

Kondisi overload tidak hanya membuat mesin bekerja lebih keras karena boros bensin, tetapi juga membahayakan pengendara karena dapat kehilangan keseimbangan motor, terutama saat bermanuver.

4. Tidak Mengecek Kondisi Motor Sebelumnya

Salah satu faktor yang memengaruhi keiritan berkendara adalah kondisi motor yang baik. Salah satu hal yang harus diperhatikan adalah tekanan ban karena jika kekurangan angin, tarikan motor akan terasa lebih berat, yang mengakibatkan pengeluaran bahan bakar menjadi lebih tinggi.

Oleh karena itu, perawatan seperti penggantian oli dan membersihkan filter udara perlu kamu lakukan secara berkala untuk menjaga tarikan motor yang ideal agar bisa mengurangi konsumsi bahan bakar.

Tips Agar Riding Hemat

Riding hemat

Buat Eigerian yang sangat ingin melakukan riding hemat, lakukanlah beberapa hal berikut.

1. Menerapkan Eco Riding Hemat

Eco Riding adalah gaya berkendara yang mencoba menghemat bahan bakar sebanyak mungkin. Teknik Eco Riding juga mengurangi emisi gas buang (CO2), karena kendaraan bermotor adalah salah satu penyebab emisi karbon terbesar. 

Selain ramah lingkungan, teknik ini juga bisa menghemat pengeluaran kamu saat riding karena mengurangi biaya bahan bakar yang harus dikeluarkan.

2. Menyiapkan Kebutuhan Pokok di Rumah

Cara selanjutnya agar kamu bisa berhemat ketika riding adalah dengan mempersiapkan kebutuhan pokok yang perlu dibawa. 

Hal ini dapat menekan kebutuhan yang perlu kamu beli di jalan ketika riding. Harga barang-barang di perjalanan juga relatif mahal jika dibandingkan dengan harga barang di tempat tinggalmu.

3. Rutin Melakukan Servis Motor

Servis motor adalah aspek yang sangat penting bagi seorang pengendara motor. Kegiatan ini dapat memperpanjang umur motor kamu dan mengurangi pengeluaran dengan berkurangnya spare part yang perlu diganti.

Servis yang dilakukan secara berkala juga bisa mencegah motormu mengalami masalah ketika sedang riding.

4. Tidak Terlalu Berlebihan Dalam Memodifikasi Motor

Tidak tepatnya modifikasi motor juga bisa menambah pengeluaranmu karena malah dapat mengganggu kinerja mesin motormu yang sudah optimal sebelum dimodifikasi. Kamu juga bisa kena tilang jika modifikasi motormu tidak sesuai dengan peraturan yang sudah ada.

5. Pilih Waktu yang Pas untuk Riding Hemat

Waktu yang tepat tidak hanya akan membuat perjalanan lebih mudah, tetapi juga dapat menghemat uang. Misalkan harga bengkel dan warung bisa lebih mahal di malam hari daripada di siang hari.

Selain itu, jika kamu melakukan perjalanan malam dan tidak dalam kondisi fisik yang baik, kamu juga akan membutuhkan tempat untuk beristirahat, bahkan mungkin untuk tidur sejenak. Namun, perjalanan malam juga bisa lebih lancar dari perjalanan siang.

Baca Juga:  8 Rute Road Trip Pulau Jawa Asyik, Dipenuhi Spot Wisata

Jagalah Kondisi Fisikmu Saat Riding Hemat

Riding adalah sebuah aktivitas yang memakan banyak tenaga. Upaya kamu untuk berhemat akan percuma jika kamu sakit ketika akan atau sehabis berkendara.

Salah satu upaya yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatanmu adalah dengan memakai perlengkapan yang mumpuni ketika riding. 

Kamu dapat mengunjungi situs web EIGER Adventure di eigeradventure.com atau mengunjungi toko EIGER Adventure terdekat di kotamu untuk mendapatkan akses ke barang-barang EIGER yang sempurna untuk kegiatan riding kamu! Nikmati produk asli EIGER dan gratis ongkir!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru